Pages

Sunday, 19 September 2010

keegoisan masa muda yang indah

Halo... Nama saya Arif Iman Sentosa. Lahir di Semarang pada 17 Desember 1989. Sedang menempuh kelulusan dari Fakultas Tanpa Kepastian. Dan saya single.


Dan ketika ada teman yang mengatakan 'Kamu gak punya pacar? Cupuuu...', saya hanya bisa: mengerutkan muka untuk memandang jijik sejenak, kemudian tertawa terbahak bahak...


Mending sih kalo tu temen cowok mukanya ganteng. Nah ini? Muka random kayak aspal jalanan aja ngebanggain punya pacar yang gak segitu cakep. Emang kalo udah punya pacar, seberapa ancurnya mukamu, kelihatan laku berkualitas gitu? Dangkal...


Aku tinggalin aja dia sambil masih ketawa. Mungkin dia bakal anggep aku cupu idiot yang aneh. Tapi yang pasti aku anggep dia bodoh.


So, here I will tell you the truth... Why am I stay single...


Aku pacaran udah 6 kali dan itu terjadi jauh sebelum Facebook booming. Jadi, temenku yang alay baru punya akun Facebook tahun 2010 itu mungkin belum pernah lihat statusku 'in relationship'. Sejak putus dari pacar ke 4, aku sebenernya udah males pacaran. For me, to have a girlfriend is not something special anymore.


Perpisahan sama sang mantan itu ngajarin kalo pacaran, at least for me, gak terlalu penting lagi. Gimana cinta udah diberikan dan kemudian dimentahkan lagi dan lagi. Lalu buat apa susah susah ngasih semuanya? Ini nggak beda sama HTSan doang sih. Bedanya kalo pacaran tuh putusnya kebanyakan pake marahan, kalo HTS tuh putusnya tinggal jauhin aja.


Banyak hal yang bisa aku atau kamu dapetin tanpa harus pacaran, bahkan lebih. Misal kalo mau curhat ampe nangis nangis, aku bisa tulis di note. Note yang gak bakal ngeluh atau bosen dengerin semua curhatanku. Ada juga sahabat dan temen temen yang bisa diajak nongkrong, hang out atau ngobrol buat ngelupain penat. Kalo cuman pengen pamer jalan sama cewek di mall, aku mah bisa juga. Tinggal ajak aja kenalan yang cantik, simpel. Dan bagi yang cuman pengen dapetin rasanya ciuman (ada!) atau sex doang, yakin deh tanpa pacaran aja kamu bisa dapet kalo sedikit lebih ganteng (ini khusus buat temenku tadi) dan nilai public speakingnya bagus. Atau... Atau... Atau... Kalo kamu punya duit berlebih hasil kerja keras ortu, bisa tuh nyari jablay sama waria pinggir jalan atau gunakan imajinasimu di depan layar komputer sambil buka jpsex69.com. Jangan korbankan perasaan cewek yang udah ngasih kepercayaan kamu buat jadi pacarnya.


Lagi, saat single, aku bisa memikirkan detail detail. Aku bisa lebih peka. Dan kepekaan itu berlanjut tercurah di note. Selanjutnya nambah satu lagi deh bakatku: menulis. Mungkin kamu bisa salurin ke hal lain juga misal fotografi dan lukis sketsa.


Yang paling penting, dari semua alasan buat stay single adalah hemat. Aku gak harus ngerasa gak enak hati kalo gak bayarin apa apa waktu jalan sama pacar. Yah, mungkin gak semua pasangan membebankan anggaran jalan jalan kepada si cowok. Tapi ya cowok mana yang harga dirinya gak terusik kalo dibayarin cewek mulu? Saat single, aku bisa memusatkan konsentrasi keuanganku pada hal yang lagi aku mau: hape baru, laptop baru, kaos baru, dkk. Bukannya pelit, tapi ini yang aku sebut ego. Lumrah kok punya ego, kan masih muda. Belom jadi istri aja ngapain dibayarin semuanya? Emang aku bapaknya? Hahaha...


Oya, satu hal lagi. Buatku, lagi lagi, pacaran membatasi pergaulan. Bakal susah nyari kenalan beda jenis cuman buat seneng seneng aja tanpa embel embel tujuan yang jelas kayak 'temen BEM', 'temen OSIS', dan blablabla... Contohnya nih kalo kamu (cowok) nemu temen cewek yang rada bening dikit aja (cewek) di Facebook dan iseng ngasih comment fotonya, lihat aja reaksi pacarmu selanjutnya. Atau mungkin kamu tipe cowok yang setia, kamu bakal pikir pikir dulu kalo mau sekedar iseng lucu lucuan ngasih comment foto cewek laen yang pacarmu itu gak kenal. Males aja dibatas batasi sama pacar, aku kan masih muda. Masih banyak waktu buat menggapai cita cita dan hal penting lainnya. Lagian udah ada ortu yang nunjukin mana yang baik dan mana yang buruk deh kayaknya.Betewe, pernah gak nonton bareng cewek temen Facebook yang baru pertama kali ketemu di dunia nyata? Aku pernah... Koneksi kita gak terbatas. Tiap hari bisa nambah deket sama temen tanpa ragu dan sesuatu yang membatasi. Semuanya gak harus pake pacar.


Mungkin semua ini kedengeran bullshit dan sombong. But this is what it is. Kesombongan di masa muda yang indah. Lepaskan ego buat meraih yang maksimal di diri.


Aku juga bukan yang gak suka pacaran. Aku gak pernah bilang kan tadi? Tapi sekali aku dapet suatu saat nanti, itu pasti setelah ngelewati proses yang sangat hati hati. Atau mungkin aku nikah aja langsung esok hari...


Dan buat temenku si muka aspal tadi: nikmatilah masa pubermu yang indah namun terlambat itu tanpa melecehkan yang lainnya. Kita hidup di negara merdeka, kawan!

1 comment:

thanks for the comment...