Pages

Wednesday 6 April 2011

hari hari bego

Beberapa hari ini aku jadi bego banget kalo urusan kampus. Iya, dulu dulu juga bego tapi akhir akhir ini nambah aja. Biasanya kalo sengaja telat kuliah cuman 10-20 menit. Nah, sekarang bisa sampe 1 jam. Dan tetep aja nyoba masuk kelas yang udah terang terang telatnya gak kira kira itu. Kalo dosennya gak nyadar ya syukur alhamdulillah, kalo nggak ya kayak kemaren Senin. Waktu itu kelas mulai 10.20 dan aku masih koloran mau ganti baju abis mandi jam 10.05. Ini bukanlah suatu masalah kalo kamu tinggal di salah satu ruang kampusmu. Malam harinya makan, tidur, buang hajat disitu dan paginya dibuat kelas. Tapi nggak ada kan yang kayak gitu? Rumahku di Ngaliyan nun jauh di mato. Nggak ada angkutan jenis apapun yang bisa nganterin aku tepat waktu sampe kampus. Tidak juga garuda animasi milik Indosiar. Tapi aku juga nggak nganggep itu sebuah masalah. Bukan, ini bukan males. Kalo mahasiswa males kan pasti udah bolos sekalian tahu udah telat sejam plus harus naik motor kayak mau keluar kota. Aku? Aku tetep aja berangkat dan buka pintu kelas dengan pede. Adegan selanjutnya sudah pasti bisa diduga: para penghuni kelas dan aku saling bertatapan mata sepersekian detik kayak slow motion. Semuanya kecuali dosen kayak mengikuti gerakan kepalaku dan saling berpandangan. Mungkin kalo aku lemparin tongkat, mereka bakal kegirangan lari nangkep sambil goyangin ekor. Sedangkan si dosen sendiri dengan dinginnya, tanpa mengalihkan mata, cuman bilang 'Kelasnya mau selese...'. Aku ditolak mentah mentah. Pulang. Aku pergi ke kampus sejauh 13 km hanya untuk diusir dosen...


Oh ya, hari itu juga gak tahu kenapa tba tiba jamku mengembun dan mati sendiri. Udah aku bawa ke tempat servis jam tapi si tukang jam bilang kalo gak bisa dibenerin lagi. Tamat sudah riwayat jam gratisan dari temen. Tapi tetep aja aku pake kalo ngampus soalnya belom sempet beli lagi... Emm, maksudnya masih nunggu dikasih lagi. Untungnya selama 3 hari ini gak ada yang tanya jam berapa sama aku. Mungkin kalo ada, percakapannya bakal kayaka gini...


Temen: 'Eh, Ndes... Jam berapa?'

Aku: 'Jam 10, menit 24, detik 10...' (pandangan kosong)

Temen: '...'

Aku: 'Apa?'

Temen: 'Kamu nggak lihat jammu...'


Hening...


Aku: 'Embun...' (lihatin jam)

Temen: 'Apa??'

Aku: 'Embun... Embun...' (pandangan kosong)

Temen: 'Monyet... Sarap nih anak.' (kabur)


Ini kayak kehilangan setengah jiwamu! Nggak ada jam tangan itu kayak nggak ada yang ngegandeng tanganmu, menuntun jadwalmu seharian. Bukan! Aku tidak berbicara tentang mencari pacar! Bedebah kalian!


Ma... Maap, rada sensitif kalo masalah pasangan. Lanjut. Dulu aku nganggep aneh temen yang bilang kalo nggak pake jam tangan rasanya aneh. Sekarang, malah aku yang kayak gitu. Si jam tangan kesayangan masih nempel di lengan meski udah mati. Nyari yang baru? Pasti! Tapi, kayak yang aku bilang, ntar aja kalo ada yang ngasih atau udah ngerasa kayak orang sinting pake jam tangan mati kemana mana.


Balik lagi soal kampus. Tadi aku berusaha nggak telat masuk kelas si dosen kemaren Senin itu. Aku udah persiapin jadwal apa apa aja yang harus dilakukan dari bangun tidur sampe jam 10.20 biar nggak telat. Yaitu: bangun tidur jam 05.00, ngulet ngulet di selimut sampe jam 07.00, nonton berita pagi dan Spongebob sampe jam 08.00, main game sampe jam 09.00, nyuci motor sampe jam 09.30, mandi sampe jam 10.00. Mengagumkan bukan? Dan hasilnya aku nggak telat, beybeh! Si dosen barusan duduk pas aku masuk kelas. Aku bisa tarus tas dengan tenang... Tenang... Eh, tapi aku lihatin temen temen kok pada bawa kertas printeran? Itu bukan tugas kan ya?... Bukan tugas kan ya?...


Aku: 'Lho, tugasnya dikumpulin sekarang?'

Dini: 'Iya...'

Aku: 'Lho!'

Evi: 'Kan urut absen... Kamu absennya awal awal nggak? Minggu ini yang pertama pertama absennya...' (si dosen udah mulai manggil Dini yang absen paling atas)

Aku: '.................................!'


Pertama: aku belom buat tugasnya soalnya aku kira masih lama ngumpulinnya. Kedua: absenku nomer 3 dari atas. Ketiga: Aku langsung buru buru ambil tas, mendelik memandang Evi sambil ngos ngos-an berat dan berkata 'Vi... Ntar bilangin aku nggak masuk ya'. Si Evi mengiyakan dan aku langsung lari keluar kelas pake tas kecantol di pintu segala. Pake ditanyain adek angkatan segala di depan pintu 'Lho, nggak ada kelas?'. Aku cuman bisa jawab sambil gelagapan 'Aaa... Emm... Libur dulu! Aku... Libur!'. Dan aku pun pulang. Aku pergi ke kampus sejauh 13 km hanya untuk mengetahui bahwa tugas harus dikumpulkan hari ini.


Sekarang, aku lagi ngerjain tugasnya: review 75 halaman paper full English jadi cuman 2 lembar doang aja. 75 halaman pake bahasa Inggris jadi 2 halaman aja?? Monyeettt... Pernah nggak nulis tugas essay tapi kamu nggak ngerti apa yang sebenernya kamu tulis? Itulah aku sekarang. Nggak tahu deh gimana ntar cara ngumpulin tugasnya telat gini. Oh God, aku masih pengen IPK minimal 3,2 pas lulus ntar...


No comments:

Post a Comment

thanks for the comment...