Pages

Wednesday 10 August 2011

escape to malang #2

Masalah utama kalo lagi traveling adalah bahwa aku jarang peduli mau tidur dimana. Iya, aku udah search penginapan dan biayanya. Tapi harga buat sekedar tidur itu selalu kelihatan mahal buatku. Makanya tiap pergi ke suatu kota, aku pastiin ada warnet 24 jam disana. Selain jaga jaga buat komunikasi, juga buat numpang tidur.

Abis dari Jatim Park 2, aku jalan kaki keluar sampai perempatan Dewi Sartika atau apalah itu. Udah janji sama Sopy dan Riko yang masih di Jatim Park 1 buat ketemuan disana jam 4 sebelum gelap. Sambil nunggu, aku tanya tanya ke orang tempat nginep yang murah deket Batu Night Carnival. Yang dimana harganya jatuh di kisaran Rp300,000,-/malem. Aku sih ogah pake banget. Sampai akhirnya tanya ke seorang cowok yang kenal penjaga salah satu villa disitu.

Cowok lokal: Ya ntar Masnya ke arah sana aja, ke villa panblublublub.. Di samping museum satwa. Itu bisa Rp100.000,- ke bawah...
Aku: Oh... Iya, Mas... Apa? Pandermang?
Cowok lokal: Panblublublub..
Aku: Oh, Pandermang...

Ya, disini lah dimulai cerita miskomunikasi backpacker paling konyol yang pernah aku alami. Pertama: kata sana itu maksudnya sana yang mana ya?. Kedua: Pandermang? Bentar... Aku lagi bukan di Jawa Barat kan? Namanya kok sunda banget gitu ya? Ah, paling cuman salah denger dikit aja. Pokoknya nama villanya depannya Pande. Aku juga pas lagi nggak bisa mastiin villanya pake internet, soalnya hapeku udah sekarat baterainya.

Aku ikutin insting aja, pasti villanya ke arah tanjakan naik di perempatan itu. Namanya juga villa, pasti tempatnya di dataran tinggi bukan? Jadi di perempatan itu ada arah turun ke Malang, ke Jatim Park 1, ke Jatim Park 2 dan terakhir nanjak ke arah gunung. Sebelumnya aku minta nomer hapenya tuh cowok buat jaga jaga aja soalnya dia kayaknya udah mau pergi.

Dan pas banget akhirnya si Sopy dan Riko dateng dengan kondisi udah kecapekan dari arah tanjakan. Dengan senyum bangga penuh kesotoyan karena ngerasa udah nemuin tempat nginep murah, aku suruh mereka balik kanan lagi ke tanjakan buat cari villa Pandermang. Jenius kamu, Rif! Kamu berhasil menemukan tempat berlindung untuk kawananmu. Kamu adalah... Pejantan alfa!

Udah nanjak kira kira ratusan meter, akhirnya nemu hotel Padeleraman. Tuh, bener kan! Cuman salah pengejaan dikit doang. Tapi kenapa hotel? Bukannya si Mas bilangnya villa. Ah, paling orang lokal nggak bisa bedain hotel sama villa kayak orang Madura nggak bisa bedain taksi sama angkot. Aku hampiri resepsionis dengan penuh kemenangan dan tanya harga dengan bangga...

Aku: Mas, masih ada kamar?
Resepsionis: Ada... (udah seneng duluan)
Aku: Semalem berapa?
Resepsionis: tiga ratus ribu...
Aku: .... (rahang copot)

KOK BISA?? KAN KATANYA MASNYA TADI HARGANYA DI BAWAH SERATUS RIBU... Aku telpon tuh cowok yang tadi langsung!

Aku: Mas, ini kok harganya 300 ribu gimana?
Cowok lokal: Tadi Masnya naik ke arah tanjakan kenapa?

Hening. Kayaknya ada yang salah deh...

Aku: Ya cari villanya. Ini aku udah nemu hotel Padeleraman...
Cowok Lokal: Villanya ada di sebelah Museum Satwa. Bukan disitu...
Aku: Oh... Lho tapi kan ini namanya Padeleraman...

Telpon segera aku tutup. Malu abis. Nggak tega juga bilang ke Sopy dan Riko buat jalan lagi karena salah arah. Pesan: Sok tahu tanpa koneksi Google dan arahan penduduk lokal adalah musibah. Akhirnya kita jalan turun tanjakan ke kanan, ke arah Jatim Park 2. Museum Satwa itu bagian dari Jatim Park 2 selain Batu Secret Zoo dan Pohon Inn Hotel.

Kalo buat ukuran Semarang, mungkin kita udah kayak jalan di Pandanaran dari ujung ke ujung. Ditambah hari makin gelap. Ditambah Sopy yang barusan patah kaki. Ditambah sms dari si cowok tadi kalo villanya ternyata udah penuh. Keadaan makin nggak enak. Tapi kami tetaplah orang Indonesia sejati yang mencintai kebudayaannya: foto foto narsis. Ya, di tengah keputusasaan itu, kita sempetin buat foto foto di depan tulisan Jatim Park. Baru kita lanjutin jalan tak tentu arah penuh kesuraman sampe kepikiran buat bener bener tidur di masjid.

Agak jauhan abis Jatim Park, kita berhenti tanya warga situ yang jualan kelontong. Aku lihat Si Sopy matanya udah merah nahan nangis. Aduh, jadi ngerasa bersalah juga sih. Ketahanan ngebolang tiap orang kan beda beda.

Aku ajak basa basi bentar bapaknya si penjual kelontong buat tanya bisa numpang tidur dimana. Si bapak manggil temennya yang dimana seorang bapak yang lain juga naik motor buat nganterin kita ke rumah penduduk yang sewain rumahnya buat tidur. Nggak jadi kedinginan di masjid...

By the way, pas lagi ngobrol sama bapaknya penjual kelontong tadi sekilas baca papan petunjuk gede gede 'VILLA PANDERMAN' di depan tokonya si bapak. Kampret! Emang bukan jodohnya kali ya nginep di villa...

Sampe lah kita dianter ke rumah Bu Sumiyati. Aku kira bakal dikasih harga emergency buat mahasiswa kesasar dari Semarang yang kemaleman, tahunya tetep mahal juga. Nggak mau kecewain kawananku yang udah kayak rusa afrika kekurangan air, aku tawar harga kamarnya nggak pake malu: Rp75.000,- yang dari rata rata bisa ratusan ribu. Akhirnya Bu Sumiyati minta Rp200.000,- buat 2 kamar dan Rp50.000,- buat bapak yang nganterin kita tadi. Aku iyain aja...

Kita bersih bersih badan, charge hape, siapin semuanya buat Batu Night Carnival. Tempatnya nggak terlalu jauh dari rumah Bu Sumiyati, jalan kaki aja bisa.





Isi BNS itu orang pacaran, rombongan muda mudi, permainan, orang pacaran dan orang pacaran. Harga tiketnya Rp12.000,- pas weekend. Kalo mau masuk wahana permainan harus bayar lagi. Contohnya adalah wahana pertama yang kita masukin yang dimana hasil dari pemikiran cemerlang Sopy: Lampion Garden. Cemerlang jidatmu mules! Bukan masalah tiketnya yang seharga Rp10.000,- tapi isinya yang berbagai macam lampion lope lope dan pasangan pasangan yang lagi unyu unyuan. Mendadak galau deh...

Kalo mau sedikit adrenalin, bisa coba sepeda udara. Nggak, sepedanya nggak bakal bisa terbang. Ini semacam naik sepeda di rel yang berada di atas BNS. Jadi, letak relnya kira kira 10 meter lebih dari tanah. Itu sih mending, masalahnya sepedanya bisa muter muter tak terkendali kalo nggak bisa seimbangin setirnya dan berbunyi 'kret.. kret.. kret..' kayak mau copot. Rasanya kayak mau jatoh aja. Apalagi pas lewatin arena gokart yang letaknya jauh lebih rendah. Plus! Ngebayangin berita di Semarang dimana ada anak kecil meninggal gara gara wahana permainan Dugderan, parno abis jadinya. Tapi bener sih kayak sepeda terbang aja karena bisa langsung lihat lampu lampu kota Malang di bawah. Masalahnya karena terlalu cemen dan konsen seimbangin setir, cuman sebentar doang nikmatin Malangnya. Oh ya, tiketnya Rp10.000,- yang bisa dibeli di loketnya Lampion Garden. Entah, jangan tanya aku hubungannya sepeda sama lampion...

Ada lagi namanya Cinema 4D. Tiketnya sih cuman Rp12.000,- tapi harus nunggu minimal 10 orang biar bisa masuk. Suaraku abis disitu gara gara teriak teriak seru. Gambarnya bener bener kayak nyata, kayak dibanting banting beneran. Jadi, disitu diputerin video 3D tentang terjun di gunung bersalju. Tapi nggak cuman itu, tempat duduknya juga bisa gerak gerak sesuai videonya. Cuman ada beberapa seat yang rusak. Nah, si Sopy lagi nggak beruntung. Dia dapet seat yang tali pengamannya nggak bisa dipasang padahal filmnya mau dimulai. Jadilah dia teriak teriak parno beneran kebanting banting kursinya. Kasihan... Mungkin seat beltnya nggak rusak, cuman nggak pas aja sama perutnya.

Anyway, harusnya kita nonton air mancur menari tapi telat. Padahal itu yang paling ditunggu! Yaahhhh..

Pulangnya kita juga jalan kaki. Meski dingin, tapi langit Batu itu clear banget. Bintang bintang banyak banget bertebaran di atas, sesuatu yang jarang ada di Semarang. Membuat kami bertiga merasa galau senang.

Paginya, kita cabut dari rumah bu Sumiyati menuju alun alun. Kita dicariin ojek pula sama si Ibu. Beruntung kita ketemu bu Sumiyati yang baik dan blak blakan itu. Ojeknya dari kira kira BNS sampe alun alun cuman Rp5.000,- kok.

Aku kira alun alunnya cuman bunderan biasa kayak alun alun kebanyakan di kota lainnya. Tapi nggak, disitu ada bianglalal dan macem macem permainan anak kecil lainnya. Bener bener kota ramah anak anak. Ada air kran yang bisa langsung diminum pula. Kalo mau naik bianglala, tiketnya cuman Rp3.000,-. Murah banget kan? Naik bianglalal, kita bisa lihat Gunung Panderman di atas kota Batu. Iya, Panderman itu nama gunung, Villa Panderman ngambil nama dari itu. Di sisi yang lain ada Gunung Arjuno yang gede banget. Ada lanskap Malang juga yang kelihatan






Batu nggak punya makanan khas. Berkali kali aku tanya orang orang Batu, nggak ada yang bisa kasih jawaban pasti kayak si tukang ojek tadi...

Aku: Pak, makanan khas di Batu apaan?
Tukang Ojek: Yang khas? Emm... Itu, Mas!
Aku: Ya? (udah excite banget)
Tukang Ojek: Soto Lamongan! (gubrak!)

Mikir bentar...

Aku: Soto Batu nggak ada, Pak?
Tukang ojek: Soto ya soto Lamongan, Mas.. Atau nggak rawon.

Hening. Nggak aku lanjutin pertanyaannya...

Lepas dari alun alun Batu, kita bertiga pisah lagi. Sopy dan Riko balik ke Kediri buat belajar Bahasa Inggris di Pare. Aku? Aku jalan dulu 3 km nyari angkot ke terminal Landungsari buat selanjutnya oper ke terminal Arjosari. Perlu diingat bahwa angkot disini cuman Rp3.000,- jauh dekat, gunakan selalu rumus itu: Rp3.000,- jauh-dekat.

Di terminal Arjosari, aku langsung cari bis ke Surabaya. Mau mampir ngebolang di kota Pahlawan dulu. Lagian ogah pulang pake kereta ekonomi lagi, nggak sempet sahur di rumah ntar jadinya.

Di Surabaya, aku cuman ke Tunjungan Plaza. Mallnya gede dan rame banget. Tapi toiletnya kayak toilet terminal: kotor dan berbayar. Disitu aku ketemuan sama Crenata yang berarti total baru ketemu 2 kali sama yang ini. Inilah kekuatan pertemanan di internet. Baru 2 kali ketemu langsung rasanya udah kayak temen biasa aja. Balik lagi ke terminal Bungurasih naik Damri seharga Rp4.000,-, langsung nyari bis PATAS ke Semarang. Yang terkenal sih Jaya Utama, bisnya bagus dan dapet makan pula. Perjalanan Surabaya-Semarang cuman 5 jam naik ini, entah kalo naik sepeda udara. Harga tiketnya Rp65.000,-, ya nggak apa lah daripada pulangnya juga capek kayak kereta ekonomi.

Sampe terminal Terboyo Semarang jam 1 pagi langsung naik taksi ke Stasiun Poncol ambil motor. Dapet juga sahur pertama di rumah...

1 comment:

thanks for the comment...