Pages

Monday 1 August 2011

escape to malang #1

Kadang keinginan terpendam orang lain bisa jadi keinginan kita buat diwujudin. Terutama kalo orang itu pernah kamu taksir. Gini... Aku pernah suka sama seorang cewek. Ceweknya suka alpaka. Terus, si cewek kawin lari sama alpaka dan mencampakkanku... Bukan. Karena penasaran sama alpaka dan Batu Secret Zoo yang sering dia ungkapkan di jejaring sosial, aku juga ikutan pengen lihat. Dimulailah another konyol chapter of my life: Escape to Malang.

Kereta ekonomi Matarmaja berangkat jam 21.30 dari stasiun Poncol. Aku titipin Kabuto di stasiun buat 2 hari. Nitip motor disini bayar Rp5.000,- per hari. Abis itu beli tiket seharga Rp37.000,- dan nunggu keretanya deh...

Sebenernya kata deh dalam kalimat dan nunggu keretanya deh... nggak seringan kedengarannya sih. Nunggu keretanya deh berarti nunggu kereta ekonomi yang sering telat dan udah penuh sumpek berbagai macam manusia dengan berkardus kardus barang bawaannya selama 1,5 jam. Jangan salah sangka pula kalo 1,5 jam bakal secepat browsing di warnet. Tidak... 1,5 jam di stasiun itu kayak dipaksa nonton Cinta Fitri 7 jam tanpa iklan, bosen banget. Tidak disarankan buat main hape pas nunggu kereta biar baterainya hemat. Perjalanan bakal 9 jam lebih lamanya. Jangan sampe yang pake smartphone keabisan baterai di tengah jalan karena hape sangat penting di keadaan emergency. Yang diperlukan disini hanyalah pintar ngajak ngobrol orang. Selain ngusir ngantuk, juga biar tahu kereta mana aja yang dateng plus sukur sukur dapet kenalan di kota tujuan. Kayak pas aku kenalan sama Pak Sugiyono. Asal nimbrung aja, tanya basa basi. Aku jadi tahu kalo dia itu orang Malang selatan yang mau pulang kampung. Dia abis garap bangunan di daerah Boja. Orangnya baik, kumisnya tebel, pakaian dan barang bawaan khas orang rantau: pake kardus. Kalo kita nggak pede, pasti ciut dulu lihat perawakannya. Tapi nggak semua orang itu seseram penampakannya kok. Jangan gengsi pula buat mulai pembicaraan. Dari Pak Sugiyono, aku dapet nomer hapenya. Dia nawarin buat nganterin ke Pantai Balekambang. Aku sih nggak mau ngrepotin orang, lagian nggak bebas aja. Tapi nomernya tetep aku simpen buat keadaan emergency, aku kan nggak punya kenalan di Malang.

Jam 23.00 keretanya baru nyampe. Kampret! Ngaret banget... Udah penuh pula, soalnya keretanya mulai berangkat dari Jakarta. Yah, tahu sendiri lah kereta ekonomi kayak gimana: dapet tempat buat duduk di lantai aja udah syukur alhamdulillah. Sampe toilet gerbong aja buat tidur. Ini bukan kereta ekonomi... Ini kereta hewan.

Aku berdiri di deket pintu gerbong. Di sampingku ada cewek yang juga ikutan berdiri gara gara nggak kebagian tempat juga. Kasihan, padahal cewek. Beberapa jam kereta berjalan, dia kelihatan capek. Bener bener mukanya kayak mau pingsan. Nah, aku kan disebelahnya... Saking capeknya, dia senderin tuh kepalanya ke bahuku. Nyendernya juga nggak sungkan sungkan sampe nempel banget, haha... Aku sih terima terima aja, mumpung masih normal. Tapi nggak cuman sampe itu. Makin malem, udara gerbong makin dingin. Apalagi anginnya deres masuk lewat pintu. Si cewek itu, yang kali ini dapet tempat buat jongkok, pegang tanganku. Ini sungguh bener bener absurd banget: ada cewek nggak kenal namanya siapa tiduran jongkok pegang tanganku kayak pacaran aja di kereta ekonomi. Aku yang jongkok di depannya juga nggak tega lepasin. Mungkin dia cuman kedinginan... Baru abis dia bangun, aku ajak ngobrol bentar. Dia ternyata masih sekolah di SMK Kartini di deket Imam Bonjol, kalo nggak salah. Dia mau pulang ke Madiun, sendirian, senderin tubuhnya dan pegang tanganku.

Tiba tiba terngiang ngiang lagunya 7icons 'blablabla... Nggak level sama cowok gampangan, syalalala...'. Semurahan itukah akyu?

Pertanyaannya adalah kenapa dia nggak senderin tubuhnya ke cowok sebelahnya a.k.a Pak Sugiyono? Apakah aku lebih menarik daripada bapak bapak beristri 2? Ya... Benar, saudara saudara... Pak Sugiyono punya 2 istri dan 3 anak. Ini adalah kerandoman dunia tingkat tinggi...

Paginya, pas nyampe Kediri, aku baru dapet tempat duduk yang lebih manusiawi. Sebenernya banyak orang yang aku temuin, nggak cuman Pak Sugiyono dan si cewek Madiun. Kayak si Meky ini... Iya, namanya rada mesum tapi emang gitu namanya. Dia mahasiswa dari Ende yang kuliah di Malang. Kita banyak ngobrol tentang keindahan alam Indonesia. Satu yang nggak lupa waktu aku bilang 'Ende jangan sampe kayak Jakarta lah... Nggak semua daerah harus ada gedung bertingkatnya, ntar malah nggak bisa nikmatin pantai...'.

10.00 lebih dikit aku nyampe di stasiun Kota Baru, Malang. Setelah perjalanan yang berdarah, kayak biasa, aku satu satunya yang keluar stasiun sendirian sambil senyum senyum excited. AKHIRNYA NYAMPE MALANG, WOY!!!...


Aku jalan ke arah balai kota yang nggak seberapa jauh di depan stasiun. Tetep sambil senyum senyum kecil kayak anak kecil nemu kamar rahasia di rumahnya. Di depan balai kota ada taman yang penuh teratai. Disitu ada beberapa turis yang kayaknya dari Belanda kalo aku nggak salah dengerin percakapannya. Tahu nggak bedanya turis pribumi dan turis Eropa dari cara fotonya? Turis pribumi: Gimana pun caranya harus ada foto narsis sendiri atau sama temen temen dengan background tempat wisatanya. Turis Eropa: Foto fokus pada objek wisata.




Dari balai kota, aku lanjutin jalan bentar ke Toko Oen. Kalo aku bilang jalan bentar itu bukan berarti semenit nyampe ya, catet. Nggak disarankan berjalan dari balai kota ke Toko Oen bagi wanita Indonesia yang sok nggak pengen nambah berat badannya, sok nggak pengen besar pahanya, sok nggak pengen melar perutnya tapi jalan kaki aja nggak pernah... Seriously.

Toko Oen itu tinggal lurus aja dari jalan antara balai kota dan sebuah hotel blablabla yang aku lupa namanya. Tapi sebelum ke Toko Oen, aku sempetin pipis dulu di KFC. Aku nggak nyangka di Malang juga ada KFC. Aku juga nggak nyangka kenapa aku harus pipis dulu disini.

Toko Oen itu tempat makan klasik di Malang. Menunya ada berbagai steak dan es krim. Kalo nyampe Malang, makannya tetep aja di KFC ya percuman. Makanya aku kesini nikmatin suasana tempo dulu, sambil charge hape yang udah koma. Banyak turis yang kesini. Sekilas aku denger pramusajinya ngomong pake bahasa Belanda, mungkin biar lebih akrab sama turisnya yang kebanyakan dari Belanda. Aku cuman pesen es krim durian seharga Rp15.000,- dan numpang sikat gigi. Rada aneh mungkin ada pribumi cari tempat duduk deket colokan listrik, tarus tas gede, ngcharge hape, keluarin tas plastik Indomaret, ke toilet, sikat gigi di wastafel... Semoga aku tidak menjadi kutukan bagi toko itu.




Kelar ngisi baterai, aku lanjutin ke arah perempatan monumen KNPI. Disitu ada gereja gede yang klasik arsitekturnya, seksi buat difoto. Ada juga bangunan kecil yang banyak dipajang komik di jendelanya di sekitar perempatan. Entah deh, mungkin itu sejenis persewaan komik... Tapi kok nggak ada orang di dalemnya? Mau tanya walikota Malang tapi bapaknya pas nggak ada di perempatan... Ya udah deh, aku lanjutin jalan aja.



Dari arah Toko Oen ke perempatan, pilih jalan ke kanan. Jalan aja terus sampe nemu persimpangan lagi. Kalo lihat angkot warna biru tulisannya LDG gede gede, naik aja. Cuman bayar Rp3.000,- kok, ntar turun di terminal Landungsari. Nyampe terminal, cari tukang ojek. Biasanya cuman bayar Rp4.000,-. Yooaaa... IT'S JATIM PARK 2!! WOOHOO...










And here it is the alpaka! Akhirnyaaa...





Foto yang ini rada aneh. Mari berandai andai, apakah...


A. Alpaka A sedang mencoba minum susu alpaka B?
B. Alpaka A sedang mencoba berbuat yang tidak tidak terhadap alpaka B?
C. Alpaka B sedang mencoba minum susu alpaka A?

Kalo mau lihat lebih banyak foto, klik disini. Sebenernya masih banyak lagi yang nggak aku upload.

Jatim Park sendiri isinya sumpah bagus banget. Aku kira ya kayak kebun binatang biasa. Tapi ternyata semuanya dikelola lebih profesional, tempatnya bersih dan yang pentingnya binatangnya terawat. Binatangnya pun bukan binatang biasa, ini binatang binatang unik dari seluruh dunia. Unik bukan dalam arti sapi berkepala 2 atau kambing berkaki 3 yang rada absurd menjijikkan itu. Tapi binatang kayak alpaka, burung taco, antellope, macan putih, dkk yang nggak berhabitat di Indonesia. Koleksinya banyak banget dari binatang air, savana, sampe burung komplet dah daripada kebun binatang yang pernah aku masukin. Belom kalo ke Museum Satwanya, wuuiihhh.. Banyak banget diorama dan koleksi serangganya. Rada serem sih pas bagian diorama serangga. Alasannya? Aku nggak suka kecoa. Cukup tahu aja...

Tapi nggak cuman isinya yang bikin Jatim Park 2 ini istimewa. Letaknya ada di kaki gunung persis. Kalo lihat ke belakang, ada gunung Panderman jelas banget sampe puncaknya. Kalo lihat ke depan, ada pemandangan landscape kota Malang plus gunung Arjuno yang gede banget. Keren mampus!

Pokoknya nggak nyesel jauh jauh ke Malang dan bayar tiketnya yang Rp50.000,- pas weekend ini. Lagian dikasih voucher creepes gratis pula, haha...

Aku baru keluar dari Jatim Park jam 16.00 abis hampir 4 jam disitu. Rasanya masih pengen lihat lihat lagi tapi harus ketemu sama Sopy dan Riko. Petualangan belom berakhir. Yang dimaksud petualangan disini terutama adalah bagaimana nyari penginapan buat tidur malemnya. Benar sekali, jauh jauh dari Semarang dan aku belom punya rencana mau tidur dimana ntar malemnya...

2 comments:

  1. you are the most spontaneous person i've ever know rif.. hwakakakakakak...
    :thumbup

    ReplyDelete
  2. kak arif kalo mau backpakeran lagi ajak2 aku donk! #ngarep.com

    ReplyDelete

thanks for the comment...