Pages

Thursday 12 April 2012

kuliah di bank

Paling suka kalo ada nasabah yang mau setor tunai buat kuliah anaknya di luar kota. Entah itu yang bayar SNMPTN, kasih duit bulanan atau bayar SPP... Pasti mereka nadanya kalo nggak heboh ya khawatir. Kayak nasabahnya temenku teller tadi...

Nasabah: MBAK, SAYA MAU TRANSFER... HAHAHA...
Teller: Iya, Pak... Dari Pak blublub ke Pak blublub ya?
Nasabah: IYA, INI PENGIRIMNYA SAYA... INI PENERIMANYA ANAK SAYA, KULIAH BLUBLUBLUB... HAHAHAHA...

Ketawa girang mulu bapaknya... Saking kerasnya mungkin sampe kedenger sama bank pesaing di ruko sebelah.

Nasabah: INI SAMPENYA KAPAN YA, MBAK? 2 HARI? 3 HARI?
Teller: Oh, langsung sampe, Pak...
Nasabah: MAKASIH YA, MBAK... HAHAHAHA...

Orang tua yang transfer duit ke anaknya adalah salah satu tipe nasabah yang bilang makasih balik ke teller selain petani. Tapi yang ini rada lebih unik: pas mau keluar bank, dia masih sempet bilang 'MAKASIH YA, PAK... HAHAHAHA...' ke pak Hastu... Satpam kantorku. Aku yang lagi ngitung cuman senyum senyum... Lucu, bikin terharu. Itu bapaknya antara gaptek jarang ke bank, yang harus ngomong ketawa keras keras buat lampiasin grogi takut salah, dan bangga sama anaknya. Orang kalo grogi kan kalo nggak diem nggak bergerak ya salting sendiri...

Kemaren kemaren pas aku dapet giliran jadi teller juga ada nasabah yang setor tunai buat anaknya. Ada ibu ibu yang mastiin berkali kali duitnya udah masuk ke rekening anaknya apa belom. Ada bapak bapak yang ceritain anaknya dan kuliahnya. Kata kata kayak 'Udah masuk ya, Mas?' atau 'Uangnya kapan sampai ya, Mas?' jadi so sweet. Satu darah, beda kota, sesuatu yang tersampaikan lewat bank...

Dulu aku mikirnya bank itu institusi yang kaku banget. Tapi ada aja hal hal emosional yang muncul, atau ini cuman aku aja?

Mungkin suatu hari nanti aku udah lama nggak kerja di bank dan gantian harus kesana buat bayar kuliah anakku. Tapi banknya udah nggak pake teller manusia lagi, semuanya diganti mesin. Trus aku teriak ke mesin abis susah payah bingung bingung gila transfer duitnya 'ANAKKU KULIAH DI HARVARD LHO... INI TRANSFERNYA UDAH SAMPE BELOM YA? HAHAHAHAHA... HARVARD RADA JAUH LHO! HAHAHAHAHA...'. Antara grogi, sinting... Atau bangga.

4 comments:

  1. jangan sampe teller2 digantiin mesin semua ahh.. nanti lapangan kerja buat manusia berkurang dong. hhoho

    ReplyDelete
  2. @syifa sekarang aja penarikan di bawah 5 juta langsung diarahin ke ATM, haha..

    ReplyDelete
  3. HAHAHA.. Jadi pengen kerja di Bank! HAHAHA...

    ReplyDelete

thanks for the comment...