Pages

Sunday 19 September 2010

ride to the south #2

Akhirnya aku sampai! Akhirnya, inilah titik terjauhku sendirian dari rumah: lebih dari 86 km. Sendirian! Ini batas kemampuan fisik dan mentalku untuk menggapai tujuan yang aku tetapkan sendiri. Gimana kemandirian serta daya tahan menghadapi masalah diuji sehingga tetap pada jalur. Ok, rada lebay ya?

Di depan, aku bisa lihat bis bis berkerumun sepanjang jalan. Dan dibaliknya, aku bisa lihat gapura besi berwarna biru (kalo mataku gak lagi error) itu. Pintu masuk Candi Borobudur yang penuh manusia. Ramai banget di sana: bis, wisatawan domestik, kernet, pedagang asongan, tukang karcis, tukang parkir dan berbagai bentuk manusia lainnya tumplek blek di sekitar pintu masuk. Aku langsung cari parkir terdekat di sebelah kanan setelah melewati pintu masuk tadi. Tempat parkirnya kecil, sumpek, gersang, alasnya tanah & cuma beratapkan genteng genteng sederhana. Susah banget buat nyari tempat yang nyaman buat Kabuto biar enggak kena gores sepeda motor lain.

Abis beres masalah perparkiran... Hawanya pengen langsung menumpahkan segala emosi, capek, bangga dan segala macam perasaan di dada. Tapi yakin deh, gak akan ada yang seneng lihat anak muda cakep cakep tapi teriak teriak sambil mukul mukul dada kayak gorilla. Grawrr!...

Aku tanya sama si tukang parkir dimana letak candinya. Katanya sih tinggal ngelewatin deretan kios kios cinderamata di depan gitu. Ya, abis masuk gerbang kalian gak akan langsung bisa lihat Candi Borobudur. Meski candinya setinggi gedung 8 lantai & dibangun di atas bukit. What will you only problably see is gift shop, many gift shops.

Dari dulu aku bukan orang yang suka beliin oleh oleh, apalagi kalo yang minta doang gak pake nitip duitnya. Buatku, wisata atau liburan atau piknik atau apalah namanya itu untuk dinikmati dan bukan dibuat repot. Jadi, aku acuhin toko souvenirnya dan melenggang dengan anggun sambil melupakan fakta bahwa duitku emang cuman tinggal dikit doang abis ditilang tadi. Iya, silahkan kalo ada yang panggil aku orang-pelit-sok-idealis.

Di depan ada ticket box yang ramai antrian. Di sampingnya ada bangunan kantor yang tulisannya kurang lebih 'FOR FOREIGN TOURIST AND VIP'. Iya, diskriminasi. Banget. Tapi dalem hati berteriak senang ‘Hore! Tiketnya lebih murah padahal yang pake dollar juga sama sama lihat Borobudur...’.

Sebelumnya, aku mampir dulu ke WC samping mushola buat pipis & update status Facebook. Teteup! Muehehehe..

Di ticketing, aku harus bayar penuh 15 ribu Rupiah karena termasuk golongan wisatawan perorangan. Yah, yang penting semoga aku gak masuk golongan sesat yang makan Beng Beng tanpa menjilatnya dahulu (itu harus! kalian gak akan dapet feel-nya tanpa njilatin coklatnya). Di pintu masuk Candi, tasku diperiksa. Gak boleh ada yang keluar masuk dengan membawa benda benda purbakala & barang barang mencurigakan lainnya. Untung enggak bawa spidol, kursi atau barang barang lainnya dari kampus. Aku boleh masuk. Anyway, jempol deh buat keamanannya!

Sendirian menyusuri jalan menuju candi membuatku merasakan sesuatu yang lama hilang. Aku ngerasa kayak anak kecil lagi. Jalan jalan ke tempat yang belum pernah ditemui. Melihat benda benda & orang orang asing: jalanan batako, kereta wisata, bunga bunga besar dalam pot sepanjang jalan & taman yang luas. Seperti menemukan hal hal baru yang belum pernah dilihat sebelumnya, atau... Menemukan kembali hal hal seru seperti dulu. Perasaan itu, curiousity layaknya anak kecil, bikin aku semangat buat ke puncak Borobudur yang udah kelihatan di depan mata. Tak banyak yang ngelihat aku dengan pandangan aneh gara gara berjalan sendirian, kayak yang aku takutin sebelumnya. Aku bisa enjoy & take more picts.

Sebelum berada di puncak, kurang afdol rasanya kalau enggak muterin candi 3 kali sambil misuh misuh melampiaskan emosi perjalanan tadi. Sepanjang aku jalan, yang ada kebanyakan anak anak sekolahan yang lagi study tour. Jadi inget dulu waktu SD juga study tournya kesini. Kelihatan cemennya deh akyuuu...

Semuanya pada foto foto dengan pose pose narsis di sudut sudut jalan. Beberapa dari mereka masih menggunakan kamera analog jaman dahulu. Gak tahu kamera analog? Itu tuh, kamera yang kalau dipencet bunyinya ‘cekrek!.. ckiitttt...’ kayak ada tikus kecepit di dalamnya (selanjutnya disebut kamera tikus) dan masih pakai roll film. Gak nyangka, ada yang masih gunain kamera kayak gitu selain buat hobi fotografi. Aksi aksi mereka tersebut di atas yang hip hip hurray merangsangku buat ikutan narsis juga. Hasilnya adalah foto foto relief. Ya, cuma 1 foto yang ada mukaku nongol. Masalahnya aku sendirian dan gak tahu kudu sama siapa minta difotoin. Masa aku kudu cegat orang lewat terus bilang 'Mbak, maap.. Bisa minta tolong fotoin saya pake kamera saya ini gak?..' dengan polos? Bisa dikira banci foto asal Semarang deh.

Selesai muter muter & foto foto gak jelas, aku sampai di puncak. YEAAHHHH! PUNCAK BOROBUDUR.. Rasanya pengen teriak sekeras kerasnya. Tapi aku tahan, aku gak pengen sampai lepas kendali memahat tulisan 'ARIF WAS HERE' gede gede di salah satu stupa pake gigi. Itu sangat alay. Meski tujuan semula adalah Jogja, meski panas & banyak orang, meski belum minum air setetes pun sejak Ambarawa. Aku tetep terharu bisa sampai di sini. Aku anggap semua ini adalah refleksi perjalanan hidup. Dimana aku harus teguh menggapai tujuan dan yakin bahwa enggak ada yang gak bisa dicapai.

Seperti candi ini sendiri. Bayangin deh, bangunan raksasa ini dibuat jauh pada abad ke 8 dengan peralatan seadanya waktu itu. Gimana mungkin bawa batu batu sebesar dan seberat itu sampai di atas bukit? Gimana mungkin memahat relief relief sebanyak itu tanpa alat pertukangan yang lengkap? Gimana mungkin menjadikan antar batu tetap rekat dengan yang lain tanpa perhitungan yang jitu? Gimana mungkin menciptakan susunan arsitektur maha megah seperti itu tanpa ahli ahli yang kuliah di universitas? Bahkan gimana mungkin orang orang purba 12 abad yang lalu bisa punya ide membuat bangunan seindah ini? Sedangkan kita, Indonesia, di masa sekarang ini aja masih berkutat dengan korupsi & kemiskinan. Gimana mungkin aku bisa berbicara senecis ini? Keren...

Anyway, meski senang gak karuan tapi aku cuma bisa muterin puncaknya doang. Sekali lagi, gak ada orang yang kayaknya bisa dimintain tolong motret aku. Di sana udah crowded banget sama turis lokal (terutama anak anak sekolah berkedok karya wisata dengan kaosnya yang sama) & beberapa rombongan turis asing. Semuanya pada asik foto foto dengan kameranya, becanda becandaan, dorong dorongan, koprol koprolan sampai bawah, main voli pakai patahan kepala patung & latihan ngelempar kepala bule dengan batu candi. Ada satu rombongan keluarga Asia yang aku perhatiin, pertama aku kira turis Korea atau Cina. Si ibu mau ngambil foto 2 anaknya yang lagi bawa payung. Si anak cewek yang kelihatannya lebih tua bertengkar rebutan payung sama si cowok yang lebih muda, mereka ngomong pake bahasa Inggris. Aku pikir, nih anak anak kecil kecil keren juga udah bisa bahasa Inggris lancar padahal biasanya orang Asia Timur payah abis cengkoknya. Tapi kemudian si ibu melerai anak anaknya pakai bahasa Indonesia, nah lho!

Gak mau ketinggalan, aku juga (sok) foto foto. Objek foto foto (gak jelas) tersebut adalah stupa puncak yang bentuknya kayak stupa itu. Ya, itu cuma stupa lonjong & cuman aku mungkin yang sangat berhasrat ingin mengambil fotonya utuh tanpa ada model (teman atau diri sendiri). Nah, pas aku lagi ngambil foto stupa puncak, di sampingku ternyata juga ada bule cowok tua lagi melakukan hal yang sama. Gak nyangka ada orang yang nasibnya tragis juga kayak aku. Tuh bule pasti juga kabur dari rumah pakai motor matic gara gara stress & gak jelas mau ngapain di sini selain motret stupa puncak. Thanks God, You send me a soulmate. Dia mundur mundur gitu gara gara badannya terlalu tinggi cuman buat dapet angle foto yang pas. Mundurnya juga sampe batas pinggiran antara lantai puncak & lantai di tingkat bawahnya. Kal jatuh, lumayan sakit tuh (patah tulang, iya..). Yah, nasib ras yang punya tinggi badan rata rata di atas 180 cm. Lagian kenapa tuh bule enggak ngebungkuk aja sih biar dapet seluruh gambar stupa? Siapa ya yang bego?

Karena toleransi yang tinggi sebagai bangsa Indonesia & keyakinan akan dunia yang lebih baik dengan saling menolong antar sesama manusia (lagian aku juga gak mau langsung kehilangan teman sesama orang stress), maka aku bilang ama tuh bule 'Be careful, ehh...'. Sang bule cuma nengok ke belakang sambil menyadari bahwa dia udah di batas pinggir. Gue kembali foto stupa lagi. Si bule ngomong sama istrinya dengan bahasa blublublub. Bukan turis Amerika atau Inggris ternyata. Kemudian dia nengok ke aku.

Bule blublublub: 'Err.. Can you take a photo?' (sambil nyodorin kamera digitalnya ke arahku)

Aku: 'Take a photo? Yeahh...' (udah girang diajak foto)

Bule blublublub: 'Take a photo...' (tetep sambil nyodorin)

Pemudasukastupa: ‘Take a photo with me?..’ (aku juga heran. Nih bule kok langsung sok akrab ngajak foto bareng. Apa segitu besarnya warning tadi buatnya biar dia gak jatuh ke bawah? Sampai sampai langsung minta foto bareng. Mungkin di negerinya ntar, dia langsung pajang foto kita di atas perapian dengan tulisan ‘MY HERO’. Mantabh!)

Bule blublublub: ‘No!.. With her, my wife..’ (sambil nunjuk seorang bule cewek yang sama tuanya kayak dia)

Krik.. Krik.. Krik..

Ada pohon semangka gak ya di sekitar sini? Enak tuh buat tempat gantung diri...

Anyway, aku tolong dia foto foto ria sama istrinya sambil nahan perasaan gondok mampus. Aku langsung ngacir abis itu. Masih di sekitar stupa puncak yang diameternya gak lebih dari 15 meter. Ya, selama hampir 1 jam aku Cuma muterin wilayah itu itu aja. Hingga aku ngerasa capek kehausan dan mencoba duduk duduk di salah satu stupa kecil sambil nyempetin update status Facebook. Ada bule lewat depanku sambil berkata ‘Hey.. Seems you’re getting lost..’. Aku kira tuh bule bicara sama istri di depannya. Setelah beberapa langkah jauh di depan, dia nengok ke aku bilang ‘I said on you..’ sambil ketawa nyengir. Wuaasseemmm!! Seneng lihat orang capek, haus, sendirian kayak gini, hah??.. Hening.. Hening..

Tiba tiba aku nyadar sesuatu..

Itu kan bule yang tadi minta aku foto! Edan tenan, udah ditolongin malah ngenyek. Aku gondok 2 kali, mampus! Pengen aku jedutin kepalanya ke stupa biar pingsan amnesia gak tahu mau pulang kemana, aarrgghhh..

Setelah itu, aku turun pulang sambil tetep (mencoba) menikmati pemandangan. Di perjalanan, aku iseng coba mampir ke museum barang barang aneh. Isinya catatan rekor rekor dunia & MURI, serta benda benda aneh lainnya. Ada juga orang melukis pakai obat nyamuk bakar, hasilnya keren banget. Ok, aku bakal coba mengembangkan kemampuan terpendam melukis juga. Tapi pakai Beng Beng. Kalau hasil lukisannya jelek atau pas lagi bete bisa dimakan. Kriuks!..

Keluar dari museum, aku lihat ada 2 SPG cewek bahenol di-siut siut-in sama rombongan cowok cowok tanggung. SPG SPG cewek itu kelihatan bingung gak tahu sumber suara siulan jijay itu, tapi tetap cuek. Aduh buyung, bukan gitu caranya nyari perhatian cewek! Udah gak jaman kaleee..

Sebelum benar benar ke pintu keluar, pengunjung harus melewati deretan kios cinderamata lagi. Entah kenapa, gak ada pedagang yang terlalu niat nawarin aku barang dagangannya. Mungkin mereka udah males lihat muka lecek dan capekku, apalagi aku sendirian. Mereka pasti udah sadar yang kayak begini paling banter bawa duit pecahan seribuan & pulang numpang di atas bis. Atau mungkin mereka lihat tulisan di jidatku ‘Halo! Saya adalah pemuda yang habis kena tilang 70 ribu. Saya bokek. Jadi jangan tawari saya barang dagangan. Jangan! Percuma..’.

Sampai di parkiran, aku lihat jam udah nunjukin sekitar pukul 2. Daripada sampai Semarang kemaleman, mending aku langsung cabut kecepatan penuh. aku pacu mio yang mampu mengeluarkan torsi tenaga 250jutamiliar tenaga babi ini sambil menerka nerka jalan mana yang tadi aku lewatin pas berangkat biar gak kesasar.

Di suatu pertigaan, aku hampir saja salah jalan. Untung ada abang penjual makanan baik hati suka menolong yang mau kasih tahu jalan pulang terbaik. Aku pilih pulang ke Semarang lewat Magelang pinggir kota. Jalanannya sungguh lurus mulus gak kayak di Semarang. Di kiri ada sawah sawah sama bukit & awan awan sunset berwarna merah oranye. Di kanan, rumah rumah penduduk berjejer. Aku gak bisa benar benar menikmatinya, aku harus cepat cepat pulang.

Perjalanannya benar benar lama, tapi enggak selama pas berangkat. Capek, haus, lega, bangga campur aduk jadi satu menemaniku berkendara. Aku baru sadar, sejak Ambarawa & apalagi di Borobudur tadi, aku belum minum setetes pun.

Dan di antara Magelang Semarang

Aku temukan alasan mengapa aku harus kembali

Rumah

Aalasan sama yang membawaku pergi

Keegoisan belum memakanku sepenuhnya

Aku tahu, aku harus pulang

Sekitar pukul 4 sore, aku udah masuk Semarang. Tapi karena lapar, pengen sedikit buang buang uang (udah banyak kalee, bego! Yang 70 ribu kena tilang gak di hitung??) dan update status, aku mampir ke Si Boy beli penyetan. Karena sendirian, aku dilhatin sama pasangan pasangan norak di situ. Haloo, ada yang salah kalau aku lagi pengen menikmati kesendirian? Single atau pacaran, itu semua pilihan! Wahai orang orang berpikiran sempit..

Anyway, thanks God I came back..

Thanks for the memories..

No comments:

Post a Comment

thanks for the comment...