Pages

Thursday 31 March 2011

#2 jogja, march 6th: my confidence

Selalu seru kalo naik angkutan jenis apapun dengan kasta paling bawah. I mean angkot, ferry Jepara-Karimun Jawa atau Banyubiru Semarang-Jogja. Aku bisa mencium bau petualangan.


Banyubiru gak punya banyak gerbong. Tiap gerbong cuman ada tempat duduk memanjang dari besi yang sumpah-kerasnya-amit-amit. Ada juga gantungan tangan buat yang berdiri. Pas aku masuk sih, kereta masih lengan dan semua kebagian tempat duduk. Tapi mulai turun di beberapa stasiun kecil, mulai nambah nambah deh penumpangnya. Satu per satu orang orang ajaib masuk. Sampingku sendiri ada seorang nenek sama keluarganya. Di depan kiriku ada keluarga kecil yang si bapaknya suka mondar mandir dalem gerbong. Di depan kiriku ada cowok-cewek yang seumuran sama aku. Si cewek pake kacamata, rambut panjang dan kayaknya aku pernah lihat dia dimana gitu.


Tiap berhenti di stasiun kecil, keadaan bakal berubah jadi rada chaos. Selain penumpang yang mau turun atau naik ada juga pedagang yang masuk. Ada yang jual minuman, ada yang jual pecel bungkus, ada yang jual pecel gak pake bungkus. Jadi, tuh pecel dibuat di dalem gerbong. Si ibu ibu tukang pecel langsung gelar semua peralatan bikin pecelnya di lantai dan meracik pecel dengan kecepatan mengagumkan. Ingat! Mereka cuman ada pas kereta berhenti doang. Tuh tukang pecel kudu turun pas kereta mau berangkat. Kebayang kan gimana cepetnya mereka ngulek sambel kacang, nyampur sayur, bikin wadah dari daun pisang dan ngasih kembalian? Haha... Itu juga gak cuman satu dua pedagangnya, biasanya yang masuk sekitar lima orang buat gerbongku doang. Itu juga yang masuk gak cuman jual pecel doang. Ditambah anak anak yang jerit jerit minta jajan, ditambah ibu ibu yang pada teriak manggil manggil tukang pecel, ditambah sampah yang mulai berserakan... It's a total mess! Tapi waktu itu kayaknya cuman aku yang nikmatin banget suasananya.


Sepanjang perjalanan itu aku gak berhenti buat senyam senyum sendiri. Lihat keluar pintu kereta, ngerasain hembusan angin yang kenceng banget dan senyam senyum sendiri. Nggak, aku bukan lagi ngegaringin gigi kok. Just overexcited, akhirnya bisa pergi jauh dari Semarang. Perhatiin tiap jembatan yang dilewati Si Banyu, Sawah luas kanan kiri, Sungai yang masih jernih jernih dan kadang sampai menggumam 'Waw...' saking herannya. Anak anak yang main di pinggir rel, kambing dan sapi yang makan rumput, rumah rumah kecil yang aku lihat sekilas dari pintu itu ngingetin banget masa kecilku. Aku dulu suka main di kali dekat bandara Ahmad Yani. Cari ikan di kalinya yang masih jernih, lewatin sawah sawah sampai tembus Puri Maerokoco, mandi di sungai di bawah rel. It's a quick flashback.


Satu hal lagi yang aku suka dari angkutan kasta bawah: aku bisa ketemu orang orang unik dan ngobrol. Dulu aku pernah naik kapal cepat Karimun Jawa-Semarang yang harganya mahal dan itu suntuk banget. Orang orangnya pada cuek, bule bulenya juga udah tua. Tapi di Banyubiru, aku bisa tahu kalo nenek nenek di sebelahku ini ternyata rumahnya gak jauh dari rumahku. Dia tinggal di deket Sam Poo Kong. Dia sama suaminya, sama anaknya, sama cucunya mau kondangan di deket Solo. Terus, aku bisa puas pandangin cewek kaca mata tadi. Yang setelah mengolah ingatan sekian lama, aku baru inget kalo dia ternyata mirip Kinaryosih. Iya, yang main di Mendadak Dangdut itu. Ini sangat random banget.


Di tengah jalan, aku sempet beberapa kali gak dapet sinyal. Kayaknya BTS cuma dibangun sepanjang jalan raya deh, bukan rel. Baru pas nyampe stasiun yang rada gede kayak Solo Balapan bisa buka hape buat ngetweet. Ada juga sms masuk dari Shasha yang nyuruh aku turun di Lempuyangan. Dia adek kelasku di smansa dulu. Dia yang ntar nemenin aku muter muter Jogja. Aku udah sms dia malem kemaren, confirm kalo aku mau maen ke kotanya. I told you, aku nggak terlalu goblok buat gak ngerencanain semuanya. Aku cuma gak mau mikir panjang aja hari ini.


Nyampe di Lempuyangan, keluar kereta langsung lari lari kecil kegirangan. Ini udah Jogja kan? Ini udah Jogja kan? Haha... Sambil nungguin Shasha, aku sempetin nggembel di emperan stasiun. Kalo ada cewek lewat, hawanya pengen bilang 'Mbak, minta, Mbak... Minta cintanya...'. Ok, aku adalah gelandangan salah gaul. Untung gak lama si Shasha dateng atau aku bisa jadi pengemis cinta profesional stasiun Lempuyangan.


Aku yang gantiin dia nyetir Mionya. Kita sepakat cari makan dulu.


Shasha: 'Mau makan dimana, Mas?'

Aku: 'Di UGM aja... Yang ada bambu bambunya itu lho...'

Shasha: 'Dimana sih?'

Aku: 'Yang di tengah UGM ada bambunya tu lho...'


Hening.


Aku: 'Ok, ini arah ke UGM kemana?'

Shasha: 'Sana.. Balik arah dulu.'


Kita muter muter UGM jadinya. Nyari tempat makan di ingatanku itu. Dulu aku pernah makan disana tapi lupa namanya. Kita lewatin sunmor yang panjang banget. Tuh pasar tiban masih rame aja jam 11 siang. Masih banyak anak anak mudanya juga. Jogja emang keren. Kalo di Semarang mah yang jual dan yang beli kebanyakan emak emak. Sampai deket Kopma UGM baru kelihatan deh letaknya tempat makannya. Pokoknya abis Kopma lurus aja, di kanan jalan. Dan itu adalah Pondok Cabe. Aku sih cuman inget bentuk tempatnya yang kayak rumah bambu gede, muehe...


Disitu baru bisa cerita deh kenapa aku bisa sampe nyasar di Jogja sendirian. Gak semua aku ungkapin sih, cuman intinya. Untungnya aku juga ketemu sama Shasha yang bisa diajak tuker pikiran. Dia sempet tanya sih kenapa aku nggak cerita sama temen temen di Semarang. Yah, kebanyakan yang di Semarang cuman mau didenger tapi gak mau denger balik. Lagian juga jauhnya jarak Semrang ke Jogja juga bisa memutuskan hubungan emosional masalahku, haha...


Hal hal detail kayak lulus ntar mau apa, nikah umur berapa, ntar kerja apa itu semuanya kayak luntur. Terutama masalah klasik percintaan: 'Apa dia juga suka aku?'. Satu pertanyaan dari Shasha yang masih aku inget abis curhat masalah itu adalah: 'abis itu kamu mau apa?'. Ya, emangnya abis itu aku mau apa kalo udah dapetin dia? Udah dapet kerja kamu, Rif? Udah siap mental jadi panutannya? Kamu bukan di umur yang masih bisa main main tentang memiliki wanita, Rif...


Lagian kalo ternyata dia biasa aja sama aku kan berarti buang buang tenaga mikirin dia. Aku tahu aku kudu turunin tensi. Deketin sih tetep tapi yang wajar wajar aja. Talik ulur gitu deh... Yang penting hal hal yang bisa bikin aku berubah karena dia: udah 2 hari ini full shalat dan gak ngebir.


Anyway, kita terusin shalat di masjid kampus UGM. Disitu sempet dimarahin tukang parkirnya gara gara gak ngambil nomer parkir dulu. Yah, maklum deh... Anak nyasar dari Semarang nih, Pak. Abis itu ke stasiun Tugu buat beli tiket balik. Aneh rasanya, cuman 5 jam di maen di Jogja dan rasanya selega ini. Kalo aja ada angkutan yang aman berangkat malem dari Jogja, aku pulang malem deh. Masalahnya kalo pake bis tu sore aja udah jarang dan jalur Magelang-Jogja sempet ditutup lagi gara gara lahar dingin.


Sembari nunggu pulang jam 14.55, kita masih bisa sempetin tawaf muterin Malioboro dan ke benteng Vrederburg. Itu hal wajib yang harus dilakukan orang luar kota. Di depan Circle K, beberapa menit menjelang kereta berangkat, tiba tiba pengen pesen gambar karikatur. Udah deh, dengan keburu keburu aku bilang sama masnya buat bikinin gambar terus dipos ke Semarang. Aku kirim gambar lewat bluetooth, kasih duit, tinggal aja gitu. Gak mikir tuh 100 ribu bakal digimanain sama masnya. Tapi gak lupa kita tuker tukeran nomer hape dong. Udah deh, gak usah mikir yang macem macem. Aku gak doyan sama masnya kok...


Finally, aku balik ke stasiun Tugu. Pisah sama Jogja, pisah sama Shasha. Ini yang bikin aku suka temen temen smansaku. Kebanyakan mereka tahu caranya seneng seneng tapi juga bisa diajak ngobrol serius tentang hidup. I've got my confidence back. Life is an adventure. Gak boleh stuck nyerah sama satu masalah doang, progressnya gak boleh mundur. Kadang kita cuman butuh pergi jauh sendirian buat refresh semuanya dan kembali pulang turun stasiun sambil lari lari kecil kegirangan, sambil senyam senyum sendiri kayak aku... Hahahaha...


No comments:

Post a Comment

thanks for the comment...