Pages

Thursday 31 March 2011

amanat cinta sang penjual tempe

Love can be any reason to do something unusual. Like what I've done, like what I'm doing...


Dulu ngajar di Antologi gara gara cewek, bikin Janji Dakocan juga gara gara cewek. Sekarang, cewek juga yang bikin semangat nerusin usaha toko bahan bangunan dan ngajar kayak dulu. Entah ini karena aku orangnya moody atau gak bisa lihat gebetan lebih sukses. Kayak 'Hey, dia cewek dan karirnya lebih lancar dari aku! Kenapa aku nggak bisa?'...


Beberapa hari ini aku niatin buat nerusin usaha punya bapak. Yah, jadi pedagang toko bangunan. Jenis usaha yang dulu aku hindari banget karena sebab sebab masa kecil. Tapi setelah sekian lama tumbuh besar bersama usaha itu, jadi tahu kalo berdagang itu cara paling gampang buat dapetin banyak duit yang halal. Dan tentu aja, sebab khususnya, gak mau nantinya penghasilanku kalah dari cewek yang aku incer.


Aku ditaruh di cabang toko yang di depan SPBU Untung Suropati. Toko yang ini khusus buat peralatan listrik, air dan mur. Belum ada papan nama 'Rejeki Agung', nama tokonya bapak. Biasanya juga cuman buka dari jam 1 siang sampe malem karena tenaga kerjanya pada sibuk di toko yang lebih besar. Mungkin ntar kalo udah banyak laku jualannya, mau aku pasang WiFi biar makin betah tinggal disitu sekalian. Aku tidak bercanda, saudara saudara...


Yang kedua adalah rencana aktif ngajar lagi. Tapi aku gak mau balik lagi ke Antologi atau ngelamar ke bimbel baru. Percuma dong 2 tahun belajar manajemen sama Mas Heru dan Mas Panji, yang punya Antologi, kalo gak bisa kerja sendiri. Jadi, aku pake nama 'Alpha Students'. Yang dimana artinya alpha=lupa, students=murid murid. Saya akan membuat tempat les privat dimana semua muridnya akan lupa dimana tempat tinggalnya pas mau pulang: 'Dimana aku? Dimana rumahku? Kok tentorku cakep syekaleee?'. Tidak... Tidak... Alpha itu artinya utama, yang pertama. Kalo diandaikan sama kelompok gorila afrika, muridku itu akan menjadi pejantan pemimpinnya. Nggak... Mereka nggak akan aku ajari buat mengaum dan memukul mukul dada. Yang cewek juga nggak akan aku rubah kelaminnya jadi jantan.


Untuk urusan Alpha Students ini, aku juga gak maen maen. Dengan darah muda membara dicampur insting turunan pedagang dari orang tua dan dorongan cinta dari *no mention*, aku bikin juga selebarannya. Tadi aku skip jaga toko sebentar buat ngeprint selebaran dan fotokopi. Terus muter ke sekolah sekolah buat nyebarin. Kadang aneh mikirin ini, dulu aku ngeremehin dan cuekin orang yang suka nyebarin brosur di depan sekolahku tapi sekarang kebalik.


Karena gerimis, aku gak sempet turun ke semua sekolah yang aku datengin. Plus, kayaknya aku salah perhatiin jam pulang anak sekolah. Apa jam pulangnya udah ganti ya? Apa aku sudah terlalu lama meninggalkan bangku SMA? Apakah aku setua itu?... (minum segelas gede air tajin, banting gelasnya, tatapan kosong kayak di sinetron)


Tapi orang yang punya insting bisnis gak akan menyerah sampe segitu aja! Sorenya, barusan aja, aku nyegat penjual tempe keliling yang biasanya lewat depan rumah. Diam, aku tidak sedang bercanda. Tuh tukang tempe berhenti tepat depan gerbang rumah pas aku panggil.


Aku: 'Mas... Mas... Sini, Mas... Aku bilangin.'

Penjual tempe: 'Iya, Mas?'

Aku: 'Mas kalo jualan sampe sana gak? Sampe Candi Mutiara?'

Penjual tempe: 'Ya iya...'

Aku: 'Mau aku kasih kerjaan gak, Mas? Sebarin brosur...'

Penjual: 'Oh, ya udah... Mana, Mas?'

Aku: 'Bentar ya. Aku ambil dulu...'


Apakah memang semudah ini membujuk seorang penjual tempe buat nyebarin brosur? Aku rada khawatir, ini lebih terlihat seperti transaksi narkoba dengan modus baru via penjual tempe. Tinggal menunggu hingga datang aparat berbaju preman muncul tiba tiba dari tong sampah deket rumah dan dengan sigap menangkap kami berdua. Anyway, aku serahin deh tuh setumpuk brosur warna merah ke si mas.


Penjual tempe: 'Itu brosur apa sih, Mas? (tuh kan, dia curiga)

Aku: 'Eeemmmmmm... Les privat.'


Iya, ini sangatlah janggal menitipkan brosur les privat ke seorang penjual tempe. Tapi kalian harus tahu esensinya! Bahwa seorang penjual tempe itu selalu dekat dengan ibu ibu dan ibu ibu itu selalu cerewet tentang les anak anaknya. Ah, lagian dia kan juga bisa nyebarin brosurnya pas nggak lagi kerja. Si mas penjual tempe pun pergi abis aku kasih duit yang sempet dia tolak dengan halus. Mengagumkan bukan cara berpikir seorang pemuda yang kelebihan hormon cinta?


Mungkin jika aku menjadi orang sukses suatu hari nanti, itu juga pasti gara gara istriku..


No comments:

Post a Comment

thanks for the comment...