Pages

Thursday 31 March 2011

brada di sore hari

Gimana cara ngelunturin individualisme yang mendarah daging? Maksudku kalo kamu seorang mahasiswa aktif, doyan organisasi, part time ngajar dengan jadwal bejibun, gak punya sahabat spesifik yang terlalu dekat, geng atau semacamnya, makan siang sendirian dimana aja, nongkrong sendirian di perpus pas jeda kuliah dan curhatnya lewat laptop. Yang terakhir mungkin yang paling miris, mungkin aku ajak kawin aja nih Acer.


Aku: 'Maukah kau kawin denganku?'

Laptop: 'Tapi dengan satu syarat... Mas kawinnya adalah RAM 4 GB.'

Aku: 'Buat apa RAM segitu? Paling pol kan kamu cuman buat muter Winamp sama Google Chrome doang...'

Laptop: 'Ka... Mu... Mau kawin apa nggak?'


Ok, it's getting weirder. Tapi itu hal sama yang aku terapin sama gadis yang aku suka. Just say, ini adalah katakan cinta. Bukan, ini adalah katakan suka. Di Brada, sore sore, pas mendung. Dua capuccino tea dan dua lekker di atas semangkuk piring kotak. Ngobrolin apa aja dari murid, temen temen SMA, belajar naik mobil sampe hal hal unik menjelang masuk universitas dulu. . Dimana daun daun dari pohon di atas kita berdua jatuh slow motion pas aku akhirnya putusin buat ngomong...


Aku: 'Emm... Eemmm... Kalo aku mikir aku suka kamu, kamu suka aku... Itu ke-ge'er-an gak sih?'

Gadis: 'Emm... Nggak.'

Aku: 'Kalo misal kita in relationship gitu...'


Rada geli sih kalo itu dikategorikan nembak. Nembak? Kayak mau berburu babi hutan aja. Yang pasti aku udah berusaha buangin ego jauh jauh, nahan gengsi, beraniin bicara. Secara 2,5 tahun ini cuek banget kalo masalah cewek. Aku cuman takut terkurung sama egosime dan individualismeku ini selamanya. Aku mikir... Kalo mulai berkompromi sama pasangan aja susah, apalagi di masyarakat ntar?


Dan seperti yang sudah diduga, aku ditolak. Yah, nasib... Gak apa deh. Yang penting udah bilang, itu aja pake grogi abis plus bibir gemeteran. Lagian aku juga belum sampe tahap suka yang sumpe-gue-cinta-mati. Hidup jalan terus kan...


Abis itu juga kita masih haha hihi bareng, pulang dari Brada naik Kabuto kejatuhan gerimis bareng. Malah, malemnya telepon teleponan. Nah, disini baru dibahas deh kejadian yang tadi sore. Diobrolin gitu aja tanpa beban. Gak ada rasa jengkel, sedih atau kecewa abis ditolak. Ini aku yang lapang dada apa bego ya?


Gadis: 'Eh, aku mau bahas yang tadi...'

Aku: 'Ah, jangan dibahas... Jangan dibahas... Lupain aja, hehe...'


Beberapa detik kemudian.


Aku: 'Eh, tadi mau bahas yang tadi sore ya?'

Gadis: 'Ah, katanya gak mau dibahas?'

Aku: 'Halah, dibahas aja deng... Aku mau denger, hehe...'

Gadis: 'Ogah ah, katanya gak mau dibahas...'

Aku: 'Dibahas aja... Dibahas aja... Aku mau denger...'


Iya, percakapan di atas itu sangat nggak penting.


Gadis: 'Ya tadi aku belum bisa aja... Masih trauma sama yang dulu. Aku takutnya kamu jadi pelampiasan blublublub... Prioritasku sekarang keluarga blublublub...'

Aku: 'Hooo...'


Ini yang aku nggak ngerti dari cewek: sering bilang 'aku takutnya kamu jadi pelampiasan'. Bukannya setiap hubungan yang baru, entah udah lama dimulai sejak hubungan yang lama atau nggak, adalah sebuah pelampiasan? Melampiaskan semua kenangan masa lalu untuk memulai yang baru. Aku sih nggak apa kalo dijadiin pelampiasan. Asal nggak dijadiin tempat buat pelampiasan boker aja. Tapi yah masa mau mulai suatu hubungan pake dipaksa? Biarin deh...


Tapi terus dia bilang kalo aku beda. Gak tahu deh beda apa. Mungkin pas aku ngobrol tadi sore kelihatan crop circle di ubun ubunku. Dia bilang lagi kalo cowok cowok yang nembak dia sebelumnya langsung bilang 'Aku sayang kamu... Mau nggak jadi cewekku?'. Dia nggak suka cowok yang tiba tiba bilang sayang padahal pedekate aja cuma lewat sms, telepon, dkk. Dia nggak suka cowok yang salah ngartiin sifat easy-goingnya jadi 'Hey, aku sayang kamu... Pacaran yuks!'. Biasanya cowok cowok yang dia tolak langsung pergi gitu aja, cuman baik kalo ada maunya. Ada lagi cowok lain yang bilang sayang ke dia pas nembak langsung ditanya balik 'Sayang itu butuh proses. Kamu tahu gak bedanya suka sama sayang?' dan si cowok cuman bisa tanya balik pula 'Oh, jadi itu tadi suka ya?'. Itu tipe cowok yang mungkin bakal bengong aja kayak patrick pas ditanya tujuan hidupnya. Kita ketawa bareng aja, haha... Sumpah, semalem gak kepikiran 'Sebenernya aku kan sama kayak mereka, ditolak'. Baru pas nulis ini kepikirannya. Ini aku yang lapang dada apa bego ya?


Anyway, sampe disini kita sama pendapat tentang sayang: butuh proses. Tapi tadi sore aku bilang 'aku suka kamu, kamu suka aku' bukan karena aku udah baca pikirannya. Tapi, aku bilang sama dia 'Sayangku itu mahal. Gak gampang. Gak semua cewek dapet...'. Haha... Iya, masih kelihatan egoisnya. Tapi ya udahlah... Kayaknya emang harus ditakdirkan nyari duit sebanyak banyaknya dulu.


Sebenernya gak cuman itu aja sih yang kita obrolin. Hampir 3 jam kita juga ngomongin tentang mantan, kelaperan tengah malem, kerjaan, bayar kuliah. Sampe percakapan telepon pagi tadi ditutup jam 1.11 dengan smsnya 'Seneng bisa ngobrol dewasa sama kamu... Sampai saat ini aku juga suka sama kamu'


No comments:

Post a Comment

thanks for the comment...