Pages

Thursday 31 March 2011

sekilas 2007

Ada yang lebih malesin daripada kuliah jam 7 pagi di kampus UNDIP Tembalang padahal rumahmu di Ngaliyan nggak? Ada: kuliah jam 7 pagi di kampus UNDIP Tembalang padahal rumahku di Ngaliyan sambil menyadari kalo udah kelamaan jadi mahasiswa.


Aku berangkat dari rumah sekitar jam setengah 7. Aku pikir gampang lewatin Ngaliyan-Tembalang secara udah biasa, tinggal ngebut aja. Tapi ternyata oh ternyata... Aku baru sadar populasi Indonesia membengkak drastis cuma pas pagi doang. Jadi, malemnya mereka buat anak dan si anak udah langsung bisa naik kendaraan paginya. Jalanan isinya sepeda motor, mobil dan sepeda motor dan pengendara sepeda motor kurang ajar yang gak pernah sekolah. Banyak spot kemacetan sepanjang perjalanan. Mulai dari karyawan yang pada masuk kerja di Simongan, penyempitan jalur di Jatingaleh, sampai pertigaan Tirto Agung yang aspalnya ngelupas. Jumlah orang yang ngelanggar lampu lalu lintas juga nggak kurang banyaknya dari rumput yang bergoyang. Hawanya udah pengen teriak emosi 'Ngapa kamu?? Ngapa kamu?? Ngajak berantem??' kalo ada motor yang mepet mepet. Aku kayak orang imbisil. Sebenernya Kabuto kalo masuk gigi 4 langsung terbang! Jadi, lebih cepet. Tapi sayangnya tuh Kabuto motor matic, gak punya gigi.


Sampai kampus pun masih ada masalah lagi: ruangannya sebelah mana?? Yah, secara hari pertama di kampus baru Tembalang. Dosennya juga pagi ini dapet yang disiplin banget, bisa bisa aku gak boleh masuk. Kan percuma, udah perjuangan 13 km.


Aku keluarin hape, lihat jadwal ruangan di A.1.6, langsung cari tempatnya kayak orang tolol. Iya... Aku kalo pagi tolol, kalo siang bego. Puas kamu? Pertama lari lari ke sayap kanan lantai 1. Aku lihat A.1.7, A.1.8. Salah sayap. Ruangannya pasti ada di sayap kiri. Aku urutin satu satu A.1.1, A.1.2, A.1.3, A.1.4. Nyampe deh di depan kelas. Tapi udah ditutup. Mampus... Aku buka dan bener: kelas udah dimulai. Tapi ketakutan mahasiswa senior bukanlah pada terlambat, dosen killer atau sapi sapi deket kampus yang memamah biak. Cuman sebiji pertanyaan krusial: Ini bener kelasnya gak ya? Yah, tapi daripada nanggung udah buka pintu, aku nyeletuk aja 'Bu, boleh masuk?'. Si Ibu tumben ngijinin, tapi tetep sambil pasang tampang jutek. Padahal aku lihat jam tangan masih pukul 06.55. Sekali lagi masih pukul 06.15. Gimana perasaanmu?


Aku duduk paling belakang. Kelasnya dikit banget. Dan hingga beberapa detik kemudian aku baru sadar kalo cuman aku anak 2007 disitu. Yang lain angkatan 2010 semua. Berasa mau bilang salam ke seluruh kelas 'Halo, saya makhluk bumi datang dengan damai. Jangan sakiti saya... Saya masih perawan'. Si ibu dosen yang terhormat tiba tiba nanya...


Dosen: 'I think I know you... Did you take my class before?'


Aku: 'Yeaahhh... Speaking.'

Dosen: 'Your face is familiar... Why are you here?

Aku: 'Perbaikan...'


Batinku, 'Keren nih dosen... Tahu mukaku. Dosen care nih...'. Hingga dia melanjutkan kalimatnya...


Dosen: 'Oh, mahasiswa tuuaaa?'


Kampreettt... Sakit ati aku. Mana seisi kelas pada ketawa lagi. Runtuhlah image yang selama ini aku bangun di hadapan junior junior: senior-cuek-keren-sering-telat menjadi senior-cuek-keren-sering-telat-tapi-tua. Aku biarin mereka puas ketawa aja. Lihat aja kalo kotak tertawanya pada rusak, gak bisa ngakak tuh.


Beberapa menit berlalu, mereka asik dengan obrolan peraturan kelas. Klasik banget. Sementara aku gatel pengen nanya salah satu alien itu 'Emm... Ini bener kelas Advanced Listening gak ya?' tapi seolah mereka udah ngasih jawaban 'Eh... Tua diem aja!'. Ciut kemaluanku... Nyaliku. Sampe aku denger si dosen nyeletuk 'Advanced Listening' gitu, aku tahu aku berada di kelas yang benar namun tetap bukan dengan sesama Homo Sapiens. Tiba tiba si dosen nanya aku lagi. Aku mulai bosen, kayak gak ada orang lain aja buat dijadiin bulan bulanan...


Dosen: 'So, why didn't you choose another class?'

Aku: 'Because I like you.' (gak pake mikir)Dosen: 'Ah! You're pretending.. Haha..'


Ya iya! Mukaku kayak yang seneng ada disini pagi pagi ya? Meski bukan itu yang menjadikanku gundah, saudara saudara. Tapi gimana tiba tiba aku kangen banget masa masa semester awal dulu. Banyak alien di kelas ini yang aku lihat dari belakang sekilas kayak temen temen kelasku dulu. Itu sangat sweet sekaligus momen yang miris. Aku bener bener kangen suasana pertama aku masuk universitas. Ketemu temen temen seangkatan, belajar bareng, puas pandangin cewek yang aku suka. Tapi dulu aku kebanyakan sibuk kerja dan organisasi. Kalo maen pun sama temen temen smansa atau temen temen luar kampus. 3 Tahun aku habisin tanpa ada peduli sama anak anak kelas. Dulu kalo kuliah ya kuliah doang, gak ada nongkrong di kampus sampe sore atau gimana. Kalo ada urusan BEM dan HMJ, langsung diselesein terus pulang. Aku aja tahu baru baru ini kalo dulu ada temen cewek sekelasku yang pernah di-smoothing rambutnya tahun 2009 pas gak sengaja lihat di Facebook. Parah. Sekarang, udah gak ada kesempatan kuliah bareng lagi. Gak ada kelas lagi di semester tua ini...


Ini aneh, padahal dulu aku nggak bakal mau mikirin kampus dan orang orangnya. Temen temen tahu seberapa bencinya aku sama tempat itu. Tapi, sekarang... Bego banget dulu gak sempet ngabisin waktu lebih sama temen temen seangkatan. Gak sempet kenal lebih jauh sama... Waktu aku lihat salah satu alien yang pake cardigan ungu dan rambut sebahu itu... Aku hampir aja lurusin punggung mau manggil dia yang aku kira temen cewekku sekelas dulu. Sekilas, buat beberapa waktu yang nggak sampai sedetik, aku berada di 2007...


No comments:

Post a Comment

thanks for the comment...