Pages

Thursday 31 March 2011

sang pengagum

Bayangin kamu lagi suka sama seseorang. Bukan, bukan cinta atau sayang. Cuman suka atau kagum. Dan saking kagumnya, rasa itu berubah jadi sebuah penasaran. Kamu mulai ngintip tweet tweetnya, status status Facebooknya, foto fotonya, siapa aja yang dia ajak wall-to-wall, hasil ngobrol 4 jam di telepon malem malem, apapun...


Aku lagi nggak ngomongin pengagum rahasia. Bayangin aja kalo kamu kenal dia, dia kenal kamu. Plus, dia tahu kalo kamu suka dia karena kamu pernah berusaha jujur. Just, dia nggak tahu kalo rasa sukamu melebihi apa yang dia pikirin. Kita sebut aja diri kita sang pengagum, gak pake rahasia. Kalo pun ada yang rahasia disini mungkin kayak barusan tadi ini. Aku di depan rumahnya, tengah malem, malem minggu pula. 13 kilometer dari rumah cuman bisa sekedar mampir lihat rumahnya doang. Aku sempetin turun di Alfamart deket rumahnya biar bisa lebih lama mandangin, gak cuman lewat doang. Awalnya pengen beli Heineken biar perut anget di udara sedingin ini. Tapi kayaknya campuran antara cowok, jaket kulit hitam plus bir di jam 11.36 bisa menimbulkan sentimen buruk dari orang yang ngelihat. Aku gak pengen diteriakin maling sama tukang mie depan rumahnya. Jadilah aku beli susu Bear Brand. Iya, cemen banget. Dan lanjutin lihatin rumahnya dari seberang jalan.


Anyway, kadang keromantisan itu datang waktu lagi sendiri bayangin apa apa yang bisa kamu lakukan bareng dia. Memandang gerbang rumahnya sambil berharap dia keluar buat sekedar nyapa abis kamu sms. Sekedar tanya kabar dan lempar senyum. Tapi kamu tahu kalo itu nggak bakal terjadi karena ini udah tengah malem. Lagian juga dia abis kerja tadi dan kamu gak mau ganggu dengan sms sms dan misscall nggak mutu. Atau berharap mungkin di kesempatan selanjutnya kamu bener bener dibolehin masuk buat sekedar main sebentar. Sekedar bisa kenalan sama ibu bapaknya. Tapi kamu tahu kalo itu nggak bakal terjadi karena dia cuman mau ngenalin pacar yang bener bener mantep ke keluarganya. Kamu (masih) bukan siapa siapanya dan kamu sangat menghormati itu. Pada akhirnya, aku cuman bisa memandang rumahnya sampai susu kalengnya habis. Gak apa, sekedar bayangin semua di depan rumahnya aja udah cukup.


Kita, sebagai sang pengagum, juga tahu jadwal jadwalnya yang super sibuk. Gimana kamu mau sms dia sekedar pengen tahu apa yang dia lakukan meski kamu udah tahu dari Twitter, Facebook atau obrolan kalian sebelumnya. Tapi kemudian gak jadi karena takut gak dibales, takut malah ganggu, takut dianya bosen kamu sms mulu. Atau gimana kamu mau telepon pas dia sakit. Tapi lagi lagi takut malah dia gak bisa istirahat gara gara keganggu. Tapi akhirnya kamu tetep sms atau telepon dia karena itu, bagimu, sangat melegakan. Gak peduli lagi tanggepannya, kamu mulai main untung untungan sama takdir.


Kamu tahu periode bulanannya, kamu tahu ukuran branya, kamu tahu siapa aja yang lagi ngedeketin dia, kamu tahu nilai kuliahnya, kamu tahu mau apa dia abis lulus ntar, kamu tahu tipe pasangan kayak gimana yang dia mau. Kamu tahu semua tentang dia dan dia tahu itu. Karena kamu bukan pengagum rahasia, kamu pengagum apa adanya. Cuman dia gak tahu aja kalo ketertarikanmu ke dia sebesar ini. Semua hal kecil yang dia lakukan, kamu tahu. Semua pencapaiannya adalah inspirasimu. Senyumnya di foto yang ada di hapemu adalah semangat pagimu. Dan dia gak tahu semua itu.


Karena itu, tiap sang pengagum juga pasti ngerasa takut kalo ternyata dia sebenernya adalah sang pemimpi. Yang ternyata selama ini cuman mengagumi dalam hati sementara orang yang dia suka bahkan gak punya perasaan apa apa...


3 comments:

  1. sedang menuju menjadi pengagum...
    suka duka banget dah

    ReplyDelete
  2. Suatu saat, temenku bertutur setengah pasrah, "Lalu aku menuju ke selokan di depan rumahnya. Memandang sisa air mandinya yang mengalir di selokan itu. Dan kangenku terobati..."

    Dan cinta selalu bertutur dengan segala keanehannya :) LOL

    *simply nice writing Rif. Keep up the good work*

    ReplyDelete

thanks for the comment...