Pages

Monday 20 September 2010

anak magang berpistol

Hari hari ini penuh dengan tekanan membabi tunanetra. Perintah disain dateng darimana mana, termasuk dari luar divisiku. Magang kali ini, meskipun bakal tamat akhir September ntar, bakalan masih kerasa panjang deh...

Sejak awal September ini, aku jadi satu satunya disainer di tempat magangku. Secara teman magang yang juga disainer udah abis masa magangnya, plus mentorku yang disainer utama disitu pindah kerja ke Solo. Dan karena itu sehingga aku mendadak disain!

Dalam waktu yang sesingkat singkatnya aku harus mahir Corel. Padahal basic disainku Photoshop dan pertama masuk magang dulu have no idea banget tentang Corel. Paling pol cuman bikin garis awut awutan pake free-blublublub-tool. Iya, bahkan aku nggak inget nama toolnya...

Tapi sekarang, THANKS BANGET UNTUK SEMUA PENGALAMAN INI (nulisnya gak nyante), aku bisa ngutak atik layout media promosi pake aplikasi yang satu ini. Mulai dari flyer, banner, poster sampe billboard. Semua aku pelajari dari awal lagi. Gimana aku ngutak atik sendiri tiap tool atau tanya sama temen magang yang udah canggih skillnya.

Rada gengsi sih tanya sama temen magang. Dikira aku nggak bisa dan nggak punya skill. Ntar malah nggak dikasih job disain sama mentor, terus nganggur doang deh. Tapi yah... kalo nggak tanya, ya nggak bakal tambah pinter. Nggak ada orang yang pinter dengan makan gengsi kan. Adanya orang yang pinter karena makan hinaan... Beruntung aku gak pake hinaan tapi , hehe... Temen temenku magang baek baek semua. Ngajarin ngatur shape ini itu dengan sabar. Padahal dalem hatiku udah teriak 'Assyyuuuu... Kok aku nggak bisa ya?', haha...

Anyway, sekarang lagi sibuk ngedisain buat acara pensi salah satu SMA negeri di bilangan jalan Pemuda nih. Sumpah ya, ribet banget! Susah nyatuin selera anak SMA sama standarisasi perusahaaan. Dari kemaren cuman kirim kiriman email. Disain jadi sedikit gak nyambung sama tema acaranya. Baru tadi siang ketua sama wakil panitianya dateng konsultasi dan berhasil dengan waktu 2 jam ngerjain disain utamanya. Padahal disain yang lama aku kerjain berhari hari! Fiuuhhhh... Jadi, tadi tu mereka di sebelah kananku sementara mentor baruku di sebelah kiri nagih nagih desainnya. Umpamain kayak kamu lagi boker dan di depan pintu ada toilet ada Ibu, adek cowok dan adek cewek lagi ngedor ngedor pintu pengen masuk juga. Ekstrim! Tapi mengagumkan melihat apa yang bisa dikerjakan oleh seorang mahasiswa tanggung dalam tekanan...

Sempet stress dikit sih. Udah cuman anak magang, jadi satu satunya disainer, eehhh... sekarang dikasih kerjaan gede bikin promosi pensi yang bintang tamunya artisnya Republik Cinta pula. Kemaren kemaren, berangkat kantor selalu dengan muka kusut. Tapi setelah ada jalannya, dengan kedatangan si ketua dan wakilnya itu, pikiranku tercerahkan. Mereka adalah sang pencerah. Dan aku adalah sang pengunyah. Besok aku akan berangkat kantor dengan hati gembira dan mengunyah Beng Beng...

Mumpung ada kesempatan buat buktiin kemampuan, buktiin kalo aku bukan anak gak berguna, aku stay. Stay magang, stay proffesional buat tugas ini... Padahal, you know what?, magangku ini aja kecepeten dan belum tentu diterima fakultas...

Aku bisa aja ngilang, bolos atau ngasal aja bikin disainnya dan gak ada yang bakal nuntut aku. Aku satu satunya disainer disitu, gak ada keterikatan dinas sama perusahaan itu dan fakultas belum terima magangku. But I stay... Because I always imagining this to myself: Selalu ada pistol yang siap meletus di keningku jika aku gagal melakukan sesuatu... Tapi pelatuknya tidak ditarik orang lain, melainkan jariku sendiri...

2 comments:

thanks for the comment...