Pages

Sunday 19 September 2010

jempol blue gas

Tahu apa itu bullying?

Bullying is a form of abuse. It comprises repeated acts over time that involves a real or perceived imbalance of power with the more powerful individual or group abusing those who are less powerful. Utamanya adalah antar murid dan murid, tapi tak jarang pula ada guru yang melakukannya terhadap anak didiknya. Jelas?

Jadi bullying apa anak anak?: 'KEKERASAN PAKK...'

Bagus! Bullying emang bukan kayak kamu muter muter kompleks bawa boneka Son Goku sambil treak treak 'KAA MEE HAA MEE HAAAAAAAA...'. Bukan...

Terakhir kali menikmati bullying dan suasana mencekam tak kondusif itu adalah ketika aku SD. Ya! di SD pinggiran belakang Museum Ronggowarsito itu. Tempat dimana hanya ada sebuah lapangan yang dikelilingi beberapa kelas. Tempat dimana jajan diluar sekolah pas jam pelajaran adalah dilarang (yaeyalah, bego!), tempat dimana 6 tahun akan terasa seperti 2160 hari (kenapa? itung ndiri...).

Disitu aku pernah dikerjain habis habisan tanpa peduli perikedurenan oleh temen temenku. Kayak pas maen kejar kejaran: aku disuruh ngejar mereka kesana kemari padahal mereka tahu kalo kecepatan lariku bahkan tak lebih baik dari balita lagi koprol. Mereka lari kesetanan kayak waria gak pake celdam dikejar satpol PP, sungguh biadab. Ntar pas giliran udah berhasil rada deket dikit sama salah satu yang lari tadi, mereka malah ngeludahin aku! Aku cuman bisa pontang panting balik lari menyelamatkan diri dari serangan cairan jigong mereka. Ludah anak anak pinggiran tak beradab itu pasti mengandung senyawa asam berbau jamban yang dapat membuat cacat bagian tubuhku.

Malem itu, aku hampir diingatkan kisah tragis semasa SD tersebut oleh 3 muridku yang sinting abis. Selama ngajar, biasanya kan kami sambil ngobrol ngobrol gitu. Trus sampe obrolan dimana kami ngebangga banggain SMAnya masing masing. Mereka dari SMA tiiittttt (sensor). Sedangkan aku dari smansa. Nama nama mereka telah disamarkan dengan begitu samarnya untuk melindungi masa depannya.

Tarsiman: 'Heh, Mas. Di sekolahku punya bandit loh! Sekolahmu gak ada kan? Wakakaka...'

Aku: 'Bandit gimana?...' (sambil mikir, orang udik mana lagi nih yang ngebanggain sekolahnya lewat bandit banditan)

Tarsiman: 'He'eh loh, Mas! Namanya Jempol. Orangnya sangar, aku aja ampe dibawain palu mo dipukul!'

Aku: 'Buset!!! Lha kok namanya Jempol?...'

Tarsiman: ‘Jempolnya diputusin sendiri buat ilmu kebal gitu...’ (buset! pemuja setan nih)

Aku: ‘HAA???...’

Tarkotek: 'Aku malah pernah ditarik ke tembok, Mas! Aku jotos ajah! Tapi gak mempan yoo...'

Aku: 'Lha! ngapa kamu ampe digituin?' (gak percaya)

Tarkotek: 'Lha dulu kan aku pernah ada masalah ama dia. Aku bales pukul gak mempan. Dia pernah ditusuk juga gak mempan...'

Tarsiman: 'Tu Lacur juga pernah mo dibacok ma Jempol...'

Aku: 'Masa, ndes??...' (mungkin cuma aku di dunia ini yang manggil muridnya 'ndes')

Tarlacur (buset! nama apalagi neh??): 'Iya... Dulu pernah tak jenggungke. Aku kira orangnya pah poh. Ternyata taruhannya nyawa...'

Aku: 'Tek'ke... Masa ada anak SMA kayak gitu??'

Tarsiman: 'Wah, gak percaya ik!!! Dia tu sebenernya anaknya dosen loh. Tapi dia ngekos disini...'

Aku: 'MASAK AHH???...'

Tarlacur: 'Libur semester kemaren aja dia SP!!!'

Aku: 'SP? Semester pendek? Emang anak SMA ada semester pendek?'

Tarlacur: 'Semester pendek tu apa? Bukan yo! Sex Party!!!'

Aku: 'WATDEFAK??? SEX PARTY??? MASA AHH???...' (anjrit! nih orang brutal banget)

Tarkotek 'Iya yoo! Pernah tuh dia bilang: kamu kok belagu sih? sama preman Banyumanik. Padahal tu preman yang pegang daerah situ' (gak keren banget preman banyumanik, preman Pasar Johar baru joss!!)

Aku: 'MASA AHH??? Lha kok gak dikeluarin ama sekolah aja kalo ada masalah?...'

Tarsiman: ‘Waahhh, lha wong ibunya aja orang dinas pendidikan owk! Gampang aja dia diurusin kasusnya...’

Aku: ‘MASA AHH???...’

Tarkotek: ‘Orang tuanya aja diancem kalo gak mau ngurusin dia di sekolahan...’

Aku: ‘MASSAAA AHH???...’

Sebenernya percakapan percakapan selanjutnya hanya diisi oleh pertanyaan 'MASA AHH???...' berulang kali, tapi karena demi untuk agar singkat dan perdamaian dunia yang abadi maka dipercepat aja.

Aku: '.......' (diem bengong)

Tarkotek: 'Kamu takut yaa, mas?'

Aku: 'Heh?...'

Tarlacur: 'Takut ama Jempol yaa, mas?'

TENTORTANGGUNG: '..........................................!' (jahanam! tahu juga nih anak)

Tarsiman: 'Wah wah... Besok bilang ke Jempol yuk, ndes. Mas Arif nantang Jempol,hoho...' (mampus! aku kudu cari bungkus Anak Mas buat ngebekep mulut nih anak sebelum fitnah aku di depan si Jempol)

Aku: 'Yawdah, kerjain dulu tuh nomer 42...' (ngeles)

Tarkotek: 'Ya yaa... Bilang aja Mas Arif ngatain dia tai kuda gitu. Pasti langsung dicegat Jempol abis ngajar...' (2 bungkus Anak mas)

Tarlacur: 'Oke oke... Besok senen aja pas les lagi. Jempol pasti dateng! Tadi dia gak masuk owk kayaknya...' (salah, 3 bungkus Anak Mas disumpelin ke hidung mereka aja sekalian biar mampus!!!)

Pelajaran gak aku lanjutin, mereka aku suruh pulang aja. Sambil gemeteran membayangkan seperti apa muka Jempol, aku pulang ke rumah. Dengan tingkah lakunya yang brutal tersebut, dia pasti orang misterius yang selama ini ditakuti di dunia: DAJJAL. Mukanya pasti kayak manusia, matanya satu, lubang hidungnya 3: yang satu di atas kepala kayak paus, telinganya 4, putingnya ada di pipi dan berjalan dengan tangan sambil ngunyah Lotte rasa duren. Tak bisa kubayangkan betapa mengerikannya jika bertemu dia!

Jempol: 'HEH!.. KOWE ORANG YANG NGATAIN AKU TAI YAA???...'

Aku: 'Gak... Gak boss. Yang mulia, bukan saya yang ngatain tai. Saya adalah hamba yang baik yang siap melayani Yang Mulia...' (sambil gemeter gak tahu yang diomongin apa)

Jempol: 'HUUUWWWWWWAAAAAAAAAAAA............' (rauman kemarahan seorang preman)

Aku: 'KYAAAAAAAAAA.............' (cicitan seorang pengecut)

I don't want to die jomblo. Setidaknya aku harus bisa dapetin cewek sebelum Senin besok. Seseorang yang akan menemaniku di rumah sakit tiap malem kalo aku babak belur. Seseorang yang akan menyuapkan bubur padaku di ranjang sambil bilang 'Aakk... Buka mulutnya tayaangg, keretanya mau lewat. Aakkkkkk...'. Seseorang yang masih bilang mukaku cakep meski udah gak berbentuk lagi nantinya.

Tapi gambaran seperti itu runtuh. Seminggu setelahnya baru aku tahu kalo yang panggilannya Jempol cuma anak tengil pendiem yang gak bersalah, yang sering dijadiin bahan ejekan sama tu murid murid sinting. Dan baru tahu juga aku kalo mereka pinter banget ngebohongin orang tanpa skenario terlebih dahulu. Contohnya, pas mereka bilang kalo Tarboyo punya mobil blue gas.

Aku: 'MOBIL BLUE GAS??? MASA AHH???...'

Tarlacur: 'Muahahahahaha...'

Tarsiman: 'Gak percaya? Lha di Jakarta kan juga ada bus pake bahan bakar gas kan?...'

TARKOTEK: 'MUAHAHAHAHAHAHA...' (hum hum hariba haribaaa, voodoo biar rahangnya keram!)

Aku: 'Iyaa sih. Tapi masa ada yang kayak gitu di Semarang?...'

Tarsiman: 'Woh! Blue gas ada dong!!! Jalannya pake kentongan, muatannya ada nasi goreng ada mie juga. Muahahahahaha...'

Tarkotek: ‘MUAHAHAHA.....’

Tarlacur: ‘MUAHAHAHAHAHA......’

Tarboyo: ‘MUAHAHAHAHAHAHAHAHAHA......’

Aku: '..............................?'

Baru setelah tawa mereka berhenti, aku ngeh kalo yang mereka maksud mobil blue gas adalahGEROBAK JUALAN NASI GORENG YANG PAKE KOMPOR GAS. Yang pasti, bapaknya atau siapalah itu di keluarganya Tarboyo ada yang jualan pake gerobak. Kali ini bullying terjadi antara murid terhadap gurunya. Bener bener biadab.

Jangan jadi orang yang mudah diperdayai! Kejahatan terjadi bukan hanya karena niat, tapi juga karena gampang diperdayai.

No comments:

Post a Comment

thanks for the comment...