Pages

Sunday 19 September 2010

kancil juga manusia

3 bulan ini bener bener masa yang seru. Semuanya berubah drastis sejak aku kenal (lagi) sama si kancil satu ini. Dia kancil, tapi manusia... Manusia cewek, manis, pinter, punya kumis halus di atas bibirnya yang fleksibel. Dan semua kisahku sama dia kayaknya diawali dari kejadian ini. Ketika si kancil nyolong timun, teros digebukin massa, teros tobat masuk penangkaran, nulis buku judulnya 'aura kancil'.. Ok, ngaco! Lets make things clear..

Ceritanya berawal pas hari Kamis, pas aku lagi ngajar si Eryn sama Anggit. Ngajar bahasa Inggris ya, inget! Bukan pelajaran beternak singgat... Nah, pas ngajar itu aku dapet sms dari si Kancil. Dia bilang kalo baru aja kecelakaan di depan Don Bosco. Aneh, padahal baru aja sebelom aku ngajar dia masih sms dari smansa. Aku biarin dulu, siapa tahu dia cuman boong kayak pas kemaren ngerjain aku pake nomer asing. Lama aku diemin sambil tetep ngajar. Tapi hati nurani yang paling haram ini berkata lain, apalagi sore itu hujan.

Eryn: ‘Mas, capek nih.. Udahan dulu ya...’ (Capek ngerjain soal maksudnya)

Bukan tentor singgat: ‘Owh! Yawdah.. Udah dulu aja!’

Eryn & Anggit: ‘Hah.. Apa???..’

Aku langsung ambil jaket, ambil dompet, taroh hape di jok motor dan langsung tancep ke Don Bosco. Eryn sama Anggit cuman bisa bengong. Lha gimana gak bengong? Biasanya kalo mereka bilang 'Mas, udahan dulu ya.. Capek...', langsung aku bales 'Ntar! Tambah 10 nomer lagi, muahahahahaha...'. Yes! I'm a nightmare teacher, hahahaha... Aku gak sempet pake jas ujan lagi. Udah gak sempet mikir yang laennya, kalut. Isinya pengen cepet cepet nolongin si kancil. Gak tahu kenapa tiba tiba jadi perhatian. Gak lucu banget kalo dia ternyata bener bener kecelakaan dan aku gak dateng.

Dan setelah nglewatin sesak kendaraan di antara hujan, aku nyampe di depan Don Bosco. Dia gak ada di sisi kiri jalan. Aku bingung bentar dan nengok ke sebelah kanan. Si kancil lagi sendirian di depan motornya kayak orang bingung. Sendirian dalam hujan. Inget! Dia cewek yang abis kecelakaan. Thanks God dia kecelakaan beneran dan aku gak sia sia dateng Thanks God aku percaya hati nuraniku dan dateng. Gak tau jadi apa dia kalo tetep sendirian padahal juga udah mau gelap.

Aku samperin dia dengan senyum pepsodent. Maunya sih pengen ngehibur dengan ngasih senyuman..

Aku: ‘Hehe...’

Kancil: ‘Kamu kok malah ketawa sih??...’

Aku: ‘Hehe... Kamu gak apa apa?...’

Sepeda motornya gak apa apa. Tapi setangnya sama pijakan giginya bengkok. Jadi, gak bisa buat pindah gigi. Tapi untung masih bisa dituntun. Entah kenapa kalo ada orang kecelakaan di jalan, yang aku lihat pertama itu kendaraannya. Si Kancil? Dia cuman luka di kakinya sama lecet di tangan. Tapi kumisnya masih ada, puji Tuhan.. Dia sms aku pas sebelom baterei hapenya habis. Di rumahnya juga katanya gak ada siapa siapa selain pembokat. Kasian.. Tapi gak apa, kumisnya masih ada..

Kemudian dengan segala daya upaya yang ada, aku gotong dia sama motornya di pundakku ke rumahnya sambil nyanyi 'Mendaki gunung.. Lewati lembah.. Sungai mengalir indah ke samudra.. Syalalalala..'. Khayal banget! Hahahaha.. Aku coba minta tolong mas mas yang daritadi ternyata ngliatin si kancil di pinggir jalan. Si mas nganterin ke sebuah bengkel di dalem kampung, dari gang depan Don Bosco masih masuk teroossss... Aku ngikut aja. Kabuto dan sii kancil aku tinggal sama temen temennya anak aksel yang udah pada dateng. Si kancil berada di tangan yang tepat, aku nggak perlu ngiket dia di pohon.

Sementara aku dan si mas penolong itu masuk mblusuk kampung ke rumah tetangganya yang sekaligus bengkel.

Aku: ‘Untung ada masnya ya...’

Mas penolong (maspen): ‘Iya tadi aku juga lihat mbaknya kok bingung sendiri pinggir jalan. Kasian...’

Aku: ‘Lha itu, Mas... Udah ujan, cewek pula... Parah...’

Dan sepanjang perjalanan, aku nyumpahin tuh Kancil bego. Masnya cuman mengiyakan. Masih dalam hujan. Gak ada yang lebih romantis daripada dua lelaki yang menuntun sepeda motor dalam hujan sambil dilihatin warga kampung atau digodain anak anak kecil. What a weird evening.. Nyampe bengkel, motornya dibenerin ampe giginya bisa dipindahin lagi. Aku langsung ngucapin terima kasih sama masnya dan si punya bengkel yang ngasih perbaikan gratisan (Kasian sama aku kayaknya..).

Kembali ke TKP, aku lihat mereka pada duduk duduk. Ada 2 anak aksel smansa, 2 fotografer buku katalog dan 1 kancil hujan hujanan. Aku mengharapkan tepuk tangan, sambutan cipika cipiki atau apa kek gitu pas udah dateng berhasil benerin motornya, tapi... Lupakan... Keselamatan si kancil yang terancam punah lebih penting. Gak pernah kan nemu ada kancil yang mantan ketua OSIS SMP 21. Dia adalah masa depan kaum kancil untuk memimpin bangsanya menuju persamaan hak antara kancil dan manusia.

Hal ribet selanjutnya adalah gimana cara ngembaliin si kancil dan motornya sekaligus ke rumah dengan selamat sementara kakinya kancil masih sakit pake banget ampe gak bisa naekin motor. Lalu dengan sisa sisa kecerdikan mantan pradana pramuka, aku titipin dulu motor kancil ke KFC Akpol biar diambil besoknya. Aku kesana naekin motornya kancil sama satu cowok temennya kancil naek Vixion di belakang. Aku bilang sama tukang parkir KFC kalo ada temen yang abis kecelakaan depan Don Bosco dan kendaraannya yang rusak mau aku titipin. Aku kasih si doi duit sepuluh ribu. Terus aku balik ke TKP diboncengin cowok Vixion. Baru abis itu aku bisa boncengin si kancil ke rumahnya. Ribet ya? Lagian kayaknya gak perlu deh ngasih duit 10rb ke tukang parkirnya. Kan tinggal parkir aja, KFC kan 24 jam...

Jalanan bener bener macet banget di tengah hujan. Sumpah, parah banget! Aku juga gak tega ngebiarin si Kancil kedinginan di belakang. Bener bener untung tadi aku niatin dateng. Tangan kanannya pegang pinggangku. Gak tega, aku pegang pake tangan kiriku biar jari jarinya tetep hangat. Ok, gak ada niat apa apa.. Cuman gak tega aja.

Aku: ‘Tadi gimana sih?’

Kancil: ‘Tadi tu aku nabrak taxi...’

Aku: ‘Hah?... Nabrak apa ditabrak?...’

Kancil: ‘Nabrak...’ (Udah aku bilang kan! Ini Kancil langka)

Aku: ‘Astaga... Lha sebelomnya tu kamu darimana?’

Kancil: ‘Tadi dari smansa ngurus katalog...’

Aku: ‘Kamu naeknya pasti ngebut!’

Kancil: ‘Nggak kok...’

Aku: ‘Iya!.. Orang jeda antara sms terakhirmu sama sms pas minta bantuan tu pendek banget! Smansa ke Don Bosco kan jauh...’

Kancil: ‘................ Aku gak pake kacamata sih! Gak bisa liat pas ujan...’

Aku: ‘Kacamata? Ngapain pake kacamata?...’

Kancil: ‘Aku kan gak bisa lihat jelas..’

Aku: ‘Kamu minus?...’

Kancil: ‘Iya...’

Aku: ‘Kalo gitu jangan ngebut pas ujan, begoooo...’

Dia gak bisa bales lagi. Dasar kancil begooo! Yang khawatir gak cuman orang tuamu ya, Cil...

Nyampe rumahnya, ternyata ada bapaknya lagi nulis di komputer. Kita cerita semuanya.. Semuanya memang telah terjadi dan aku siap bertanggungjawab (hasyah!). Aku ajak si bapak buat ngambil motornya aja sekalian di KFC. Tapi sebelumnya aku pipis dulu di WC rumahnya si kancil yang bak kamar mandinya ada banyak ikan warna warni. Hawanya pengen iseng nge-flush satu ikan ke toilet karena gemes! Muehehehehehehehe.. Abis pipis, aku boncengin si bapak naek Kabuto. Jadilah aku bolak balik banyumanik-KFC. Di jalan, sempet juga ngobrol sama si bapak..

Bapak: ‘Temennya Kancil?’ (Dan tentunya si bapak gak bener bener nyebut anaknya sendiri Kancil)

Aku: ‘Nggak kok, Pak.. Seniornya di pramuka. Alumni...’

Bapak: ‘Lha kuliah dimana?’

Aku: ‘Di Sastra Inggris UNDIP, Pak...’

Bapak: ‘Dulu IPA apa IPS?’

Aku: ‘IPS, Pak...’

Bapak: ‘Untung ada kamu ya...’

Aku: ‘Ya tadi pas kebetulan lagi kerja di Banyumanik, Pak...’

Bapak: ‘Kerja apa?’

Aku: ‘Tentor Bahasa Inggris, Pak...’

Kayak wawancara nglamar kerja gak seehhh??..

Bapak: ‘Si Kancil tu udah berapa kali tuh nabrak...’

Aku: Dulu pernah nabrak juga ya, Pak?...’ (padahal udah tahu)

Bapak: ‘Lha dulu itu kan mio dirusakin dia abis 1,5 jt...’

Aku: ‘Tabrakannya di Suratmo ya, Pak?’

Bapak: ‘Bukan... Dia nabrak mobil yang berhenti gitu di Banyumanik...’ (Woasseemmm! Katanya Kancil, mionya jatuh abis trek trekan di Suratmo)

Aku: ‘Wah... Segitu abis 1,5jt ya, Pak?’

Bapak: ‘Iya! Abis itu saya jual... Saya beliin motor yang biasa aja...’ (Kayaknya gak ngaruh deh, Pak!)

Untuk cerita lebih lanjut hubungi bapaknya sendiri... Pokoknya abis nganterin si doi ke KFC, aku langsung tancep balik ke kantor. Disana udah ada Mbak Hasti, customer service di bimbel tempat aku ngajar, yang kebingungan...

Mbak Hasti: ‘Tadi kamu kemana kok tasnya gak dibawa?’

Aku: ‘Ada temen yang kecelakaan depan Don Bosco, Mbak...’

Mbak Hasti: ‘Aku kira kamu pulang... Kasian Eryn sama Anggit tadi kebingungan... Kamu langsung pergi gak ngomong apa apa...’

Aku: ‘Ooo... Hehe...’

Maap ya, Nggit.. Ryn.. Tentormu ini tak bisa membiarkan seorang gadis sendirian dalam hujan. Lain kali kalian lesnya gak pake diikat rantai gak apa apa deh...

No comments:

Post a Comment

thanks for the comment...