Pages

Sunday 19 September 2010

the night before election

9 April 2009

09.00

Aku baru aja selese nyontreng di TPS. Bukan lagi pengen jadi warga negara yang baik dengan ikutan pemilihan legislatif ini. Sebelumnya aku pikir males banget ngasih kerjaan bergaji puluhan juta sama orang orang narsis dengan cara nyontreng mereka. Enak aja tinggal masang poster gambar muka di sembarang tempat (baca: ngerusak mata) terus bisa duduk nikmatin fasilitas tingkat tinggi sebagai anggota parlemen, padahal kerjanya juga minim hasil. Sejak awal, aku udah janji sama diri sendiri buat cuman ikutan pemilihan presiden Juli nanti, yang lebih berguna dan pasti daripada orang orang tukang tidur di rapat dan banyak maunya itu. Tapi nyatanya, aku nyontreng juga. Semua ini tentang beberapa jam yang lalu, the night before election:

8 April 2009

10.30

Aku lagi sendirian di rumah dan terserang insomnia. Lagi gak pengen nutup mata dan cuman bisa tiduran sambil bengong di kamar (milik Fita). Aku bisa aja nyalain TV terus diplototin sampe pagi tapi itu gak kreatip dan membangun. Atau aku bisa aja bikin pesta kebun, bakar satu rumah di komplek Pasadena terus masak jagung bakar di atasnya sambil muter lagunya Skidrow yang 'I remember you', tapi itu juga terlalu mengundang perhatian. Jadi aku putuskan buat ambil jaket kulit, pake jeans belel kebanggan dan pergi ke warnet. Bukan warnet deket rumah, gak ada warnet di Pasadena yang buka 24 jam. Aku sekalian cari yang jauh: ke Jazz net di Pleburan. Ya! Orang bodoh mana lagi yang mau repot repot nyari warnet hampir tengah malem gini dari Ngaliyan sampe Pleburan? Disitu aku cuma on line Facebook sambil buka situs situs berita.

9 April 2009

01.00

Bosen on line di bilik 1x1 meter, aku keluar. Masih tanpa tujuan yang jelas. Aku putuskan buat pulang lewat Pandanaran bukan Simongan, sedikit lebih jauh biar bisa sedikit nikmatin suasana. Baru nyampe di Imam Barjo, aku berhenti dan mikir kenapa aku enggak foto foto aja sekalian? Aku keluarin hapeku terus foto foto sekeliling. Kalian tahu? Semarang lebih indah di malam hari. Dan lebih adem juga.

Aku mikir lagi, kenapa aku gak pake kamera digital baru punya ibu aja sekalian? Inilah kesempatanku nyoba kamera digital pertama yang pernah dimiliki oleh salah satu anggota keluarga kami (kasihan...). Kemudian aku pulang ke rumah buat ngambil tuh kamera. Oke! pertama: dari Ngaliyan ke Pleburan cuman buat ngenet, kedua: dari Pleburan balik ke Ngaliyan lagi cuman buat ngambil kamera, what's next?

01.25

Akhirnya nyampe rumah abis memacu Kabuto 500.000 km/jam hingga mencapai torsi maksimum 250.000 ribujutamiliar tenaga babi. Langsung aku buka buka lemarinya ibu buat nyari tuh kamera baru. Semua yang ada di lemari aku geledah sampe akhirnya aku nemu benda silver itu. Tapi yah, sebelum memulai aksi harus ada ritual sakral super keramat dulu: foto foto narsis. Dan gak lupa ngambil foto TPS pemilu yang ada di depan rumah.

Lanjut! Dari rumah, aku langsung cabut tanpa tujuan ke arah jembatan Kaligarang. Lampu lampu jembatan Kaligarang indah banget, berpendar kuning. Masih ada dua tiga kendaraan lewat nerobos lampu lalu lintas yang lampunya kuningnya kedap kedip terus. Cool! Aku bayangin kalo suatu hari Ultraman dateng melawan monster Buri Buri di tempat itu malem malem dengan setting jembatan yang porak poranda pastilah keren pake banget! Tsaaahhhhhhh...

Dari Kaligarang terus ke Kariadi terus belok kiri ke arah Kalisari. Maunya sih ngambil foto Mapolwiltabes Semarang, tapi gak jadi karena lampu gedungnya masih nyala dan artinya masih banyak orang di sana. Aku gak mau masuk penjara cuman gara gara dikira mata mata Ultraman yang kurang kerjaan foto foto di depan markas kepolisian jam 1 pagi.

Perjalanan masih berlanjut, Aku berhenti di lampu lalu lintas Tugu Muda yang masih menyala. Di situ aku ngambil foto di deket pangkalan becak samping museum Mandala Bhakti. Masih banyak orang dan kendaraan yang lalu lalang di bekas tempat pertempuran 5 hari di Semarang ini. Dan Lawang Sewu? Aku gak sempet ngambil karena aku langsung jalan ke arah Pandanaran. Sumpah, Lawang Sewu gak kelihatan nyeremin malah gagah plus indah banget disinari lampu lampu dari Tugu Muda, kendaraan yang lewat dan gedung gedung di sebelahnya. Lagian juga catnya udah diperbarui dan lumut lumutnya udah disingkirkan. Good job for PT.KAI!

Sepanjang Pandanaran, objek yang paling ingin pake banget aku foto adalah shelter BRT Trans Semarang yang belum digunakan. Tapi masalahnya masih banyak orang yang ada di sekitar shelter dan aku masih gak pengen dianggap mata matanya Ultraman. Satu shelter di depan Galeri Indosat (kalo gak salah) terlalu deket sama lampu lalu lintas arah Tugu Muda, satu lagi depan Hotel Graha Santika masih ada satpamnya yang berkeliaran tengah malem. Saking pengennya, aku muter muter Pandanaran 2 kali buat nyari shelter yang sepi orang di sekitar dan mikir: 'Foto gak ya? Foto gak ya? Foto gak ya?...' 250 ribujutamiliar kali.

Daripada pusing pusing mending aku terusin perjalanan ke Simpang Lima. Yang satu ini gak usah ditanya: masih banyak banget yang beraktivitas di situ. Lupakan ngambil foto Simpang Lima sama Hotel Ciputra.

Aku coba masuk ke jalan Gajah Mada. Aku ngambil foto di sini sambil tetep naek mio di tengah jalan atau pas berhenti di lampu lalu lintas. Lewat jalan yang satu ini aku kudu hati hati, soalnya aku jarang lewat sini. Males banget kalo ditilang polisi-naek-Shogun-bawa-sayur mayur kayak 5 tahun lalu gara gara dituduh salah jalan.

Dari Gajah Mada ke arah Kota Lama lewat jalan Pemuda. Pemuda di malam hari kayak sisi mata uang yang berbeda dari pas siang. Semua toko sepanjang Pemuda tutup berganti orang orang yang menggelar barang dagangannya di depan toko toko itu. Orang orang yang biasanya lalu lalang di trotoar pas siang diganti bapak bapak pemijat. Yup! Banyak bapak bapak pemijat yang buka servis pijat di trotoar dan mijet kliennya tentu saja di pinggir jalan gitu aja. Keren banget! Aku pengen ngambil gambar tapi takut dikejar pake sambit sama preman preman Pemuda. Mungkin suatu hari aku kudu nyoba pijet di situ terus kenalan sama bapak bapak pemijatnya terus akhirnya bisa foto foto bareng, mantabh!

Dan nyampe juga di tempat yang aku tunggu tunggu: Kota Lama. Bekas benteng peninggalan Belanda. Pusat kota Semarang sampe awal kemerdekaan. Dulu kota Semarang adalah Kota Lama itu sendiri. Daerah Pemuda bahkan udah termasuk pinggir kota (apalagi BSB...). Apalagi yang dicari disini selaen bangunan bangunan kunonya sama suasana yang kolonial abis itu? Aku ngambil foto agak banyak di sini. Cuek sama orang orang di sekitar yang mandangin heran, aku gak mau nyesel gak bisa foto foto di Kota Lama tengah malem. Di polder ada banyak orang orang yang lagi nongkrong di pinggirnya nikmatin suasana malem. Di depan stasiun Tawang banyak banget taksi yang parkir nunggu penumpang kereta turun. Warung warung juga masih buka. Dari sepanjang Pemuda tadi sampe Kota Lama, aku pikir kebanyakan orang orangnya keluar malem bener bener buat kerja. Jadi, beda sama jalan jalan laen yang aku lewatin tadi dimana isinya kebanyakan kendaraan atau orang yang lewat doang. Sampe di depan Taman Srigunting, aku sempetin berhenti buat ngambil foto truk truk derek kuno yang sumpah keren abis di bawah lampu kuning jalanan. Di sela sela truk truk derek aku lihat ada waria ukuran badak pake baju item gitu. Gak lupa tentu aja Gereja Blenduk di sebelahnya. Yang satu ini kayaknya emang bagusan kalo siang hari. Tapi kalo kubahnya dikasih lampu hias pasti juga keren di malem hari deh, yes!

Pas lagi foto foto di depan Taman itu, tiba tiba ada yang siul siul di belakang. Pertamanya aku cuekin, tapi kok siulannya kayak mendekat. Aku tengok ke belakang ternyata ada waria mau nyamperin aku, anjrit! Aku langsung cabut kabur keluar dari Kota Lama. Ini pasti gara gara aku pake jaket kulit item, jadi dikira bapak bapak doyan. Mampus.

Saatnya pulang, tapi belum saatnya berhenti foto foto. Aku masih sempetin ngambil foto smaga sama Balai Kota pas lewat Pemuda. Masih aku sempetin pula foto wayang hias di Pahlawan. Sampe akhirnya objek terakhirku: kantor KPU Jawa Tengah.

Di situ aku lihat masih banyak kendaraan yang parkir, lampu gedung masih nyala semua dan pintu utamanya masih kebuka lebar. Ada beberapa orang yang keluar masuk. Aku mikir kok masih banyak yang kerja pagi pagi buta gini di kantor pemerintah, sampe teringat kalo hari ini adalah pemilu. Ntar pagi orang orang saatnya orang orang milih anggota legislatif. Pantes aja masih banyak orang orang yang kerja di sini, tapi aku gak nyangka sampe sepagi ini. Bakal sia sia perjuangan mereka kalo ada orang kayak aku yang berniat golput. Bakal sia sia duit negara yang digunakan buat membiayai pemilu ini dan perjuangan mereka gak adil banget ditukar sama golput, gak ngehargain. Abis foto foto di situ, aku janji sama diri sendiri buat nyontreng ntar jam 9, meski aku gak kenal dan gak suka calon calon legislatif itu.

Oke, sesederhana itu pikiranku berubah dari mulanya apatis menjadi peduli. Sesederhana insomnia dan kekurang kerjaanku pula. Tapi selalu ada nilai yang bisa aku ambil dari apa yang aku lakukan. Dan itu gak ternilai.

jadi, ada yang mau ikut foto foto besok malem sebelum pemilihan presiden?...

No comments:

Post a Comment

thanks for the comment...