Pages

Sunday 19 September 2010

cumot dan tiga pemuda-seret-tenggorokan

Sore ini aku puas banget! Ngelakuin hal yang udah lama pengen aku terapkan, haha...


Jadi gini, sore ini aku, Otis dan Ipung buka bersama di salah satu restoran bilangan jalan Plampitan. Buat tahu aja, Ipung itu nama seorang cewek. Iya, nggak penting. Lanjut, kita pesen makanan sama minuman seperti layaknya pelanggan kebanyakan. Kita nggak pesen dongkrak kok.


Nah, kegelisahan dimulai ketika pramusajinya menghidangkan makanan terlebih dahulu. Ini firasat buruk. Dimana mana kalo makan di tempat makan, minuman bakal yang keluar dulu dong. Dilogika juga lebih gampang bikin minuman daripada makanan. Dan saya benar! Sampe makanan abis pun dua es teh sama satu jus gak disaji sajikan. Untung kita pesen sup buntut selaen gurame bakar, jadi gak seret di tenggorakan. Yah, bayangin aja dua pemuda calon om om dan satu pemudi puber baru patah hati rebutan sup cair untuk melegakan tenggorokan.


Kita udah mulai sebel. Kita panggil beberapa kali pramusajinya minta minuman pesenan. Si pramusaji yang kayaknya dalam masa training itu gak kasih tanggepan bagus. Jadilah, demi leher yang tersumpal gurame, aku mengusulkan ide brilian...


Aku: 'Wah, ini gak bisa dibiarin. Mau cari gara gara nggak?'

Ipung: 'Hah?...'

Aku: 'Kita komplen ke manajernya!'

Otis: 'Ok...'


Aslinya sih aku orangnya nyante. Kalo ada kejadian kayak gini biasanya aku males memperpanjang. Paling juga aku tetep tungguin minumannya sambil sesekali ingetin pramusaji. Tapi hidup perlu sedikit kekacauan biar bisa dinikmati. Hidupku seru! Yihhaaa...


Otis: 'Mbak...' (suara biasa)


Hening.


Otis: 'MBAK... MBAK...' (suara nyolot)

Pramusaji: 'Ya, Mas?'

Otis: 'Minumannya mana ya, Mbak?'

Pramusaji: 'Iya, ini lagi dibuatin. Sebentar ya, Mas...'

Otis: 'Gak bisa sebentar, Mbak!'

Aku: 'Gini lho, Mbak... Meja yang di belakangnya Mbak kan dateng setelah kita, tapi kok udah dapet minuman duluan...' (suara alus)

Pramusaji: 'Hah... Apa, Mas?' (kayaknya kurang denger)

Aku: 'Meja di belakangmu itu dateng setelah kita tapi kok dapet minuman duluan...' (suara emosi)

Pramusaji: 'Oh iya, Mas... Sebentar saya bilangin buat dibuatin...'

Otis: 'Nggak... Nggak usah, Mbak... Panggil manajernya!' (sambil hampir mau narik lengannya si mbak pramusaji yang hampir mau minggat)

Pramusaji: 'Iya, Mas...'


Hening. Seret. Lama.... Eh, si mbaknya masih kelihatan keluyuran nganterin makanan dan si manajer gak kelihatan nongol nongol. Masa ya mau nungguin ampe sahur? 'Langsung ke resepsionis yoooo...', ajakku. Kita pun jalan ke resepsionis di depan. Ini sebenernya kalo kita mau keluar tanpa bayar juga bisa, soalnya kita berdiri pergi aja gak ada satu pun pramusaji yang negur. Di meja resepsionis juga gak kelihatan ada yang jaga. Parah...


Otis: 'Mbak, panggilin manajernya!' (bentak si doi sama salah satu pramusaji deket situ)


Mbaknya gak tahu apa apa: 'Iya, Mas...' (mungkin udah keder duluan lihatin tampangnya si Otis)


Gak beberapa lama kemudian dateng cowok berperawakan culun dengan kacamata tebal yang tingginya gak nyampe bahuku yang kayaknya sedikit lemot.... Kita sebut dia Cumot. Hmm... Kayak nama hamster deh...


Cumot: 'Iya, Mas... Ada apa?'

Otis: 'Anda manajernya?'

Cumot: 'Bukan, saya kapten waitrees disini...'

Otis: 'Gini, Mas! Saya udah pesen makanan dari tadi tapi minumannya gak dateng dateng!' (suaranya udah naik banget sambil gayanya ngacung ngacungin tangan, tinggal dikasih golok aja...)

Cumot: 'Kami minta maaf, Mas...'

Otis: 'Jangan pikir Saya cuman bawa motor terus bisa diperlakukan kayak gini ya!!! Kalo perlu saya bisa beli restoran ini!!!'

Cumot: 'Iya, Mas...' (suara pasrah)

Aku: 'Gini lho, Maasss... Kan kita udah pesen makanan dari tadi. Tapi kok ada pengunjung laen setelah kami yang dapet minuman. Padahal kami makanan udah abis, tapi minumannya belom dateng juga...' (aku kalem aja, ngimbangin Otis yang marah marahnya udah kesetanan)

Cumot: 'Iya, Mas... Kami minta maaf...'

Otis: 'Maaf maaf gimana??? Mana pertanggung jawabannya? Saya bisa beli restoran ini kalo perlu tahu nggak!!!'


Sumpah... Aslinya aku yang mau marah marah luapin semuanya. Dari dulu aku pengen banget komplen kayak gini ke suatu restoran. Akibat dari kecil suka baca surat pembaca dan perhatiin yang isinya komplen sama suatu restoran. Kayaknya keren aja. Aku pengen banget. Lagian masa aku doang yang dikomplen dalam organisasi, kerja atau kuliah tanpa boleh mengkomplen? Sesekali bolehlah... Tapi malah si Otis yang aktingnya meluap luap. Ya udah deh, daripada ntar kacau sendiri restonya kan kasian. Mending aku kalem tapi nylekit aja. Tapi sumpah aku pengen yang marah marah komplen! Aarrgghhhh...


Otis: 'Kami bisa tulis ini di media lho, Mas!'

Cumot: 'Jangan... Jangan masukin media, Mas...'

Otis: 'Ya kami udah kecewa, Mas!'

Cumot: 'Gini aja, Mas... Bayar makanannya aja, minumannya gak usah...'

Aku: 'Dimana mana emang itu logikanya! Kami cuman makan makanan, kami belom dapat minumannya!!!' (udah mulai keolot, abis masnya bego sih...)

Otis: 'Kami tu gak dapet minumannya, kami cuman makan. Ya pastilah cuman bayar makanannya!!!'


Terus si kapten waitrees tiba tiba ngeloyor pergi. Entah deh. Di belakang kita ada ibu ibu dan keluarganya. Dia ngedumel 'Ini mana yang jaga? Bayarnya dimana???...'. Aku kira dia marah sama kita yang bikin keributan sampe pramusajinya gak bisa ngelayanin. Eh ternyata kasusnya juga sama karena pesenannya gak komplet dan si ibu mau langsung bayar aja buat pergi. Yang jaga kasir akhirnya datang, gak tahu deh darimana. Dia dimarah marahin si ibu tadi. Kompak deh kita rombongan pemuda pemudi berbahaya dan keluarga labil emosi di depan resepsionis sambil dilihatin orang orang. Peduli amat, yang malu ya tuh restoran deh. Lagian mbaknya kasir juga dimarahin malah senyum senyum nyante aja, bikin jengkel. Alesannya pelayanan lama dia bilang gara gara karyawan karyawannya pada sakit cacar. Si Otis nyeletuk 'Sakit cacarnya janjian ya, Mbak?'. Kita nahan ketawa aja, jaim.


Si ibu nunjuk nunjuk pramusaji tadi yang ternyata orang yang sama ngelayanin kita. Emang masalah bener deh tuh orang. Gitu juga tuh cewek pramusaji gak ada muka bersalah atau minta maaf. Mbaknya kasir manggil si pramusaji 'Mbak...', sekali gak denger. 'Mbak.. Mbak..', dua kali gak nengok. 'Heh, Dip!!...', ketiga kali dia baru sadar kalo dipanggil tapi ada pelanggan juga yang ikutan noleh. Kita ketawa kayak nahan kentut! Sumpah, konyol banget.... Si mbak pramusaji yang kayaknya punya masalah saraf dan kecepatan menanggapi rangsang dengar itu jadi bulan bulanan tuh ibu ibu.


Sementara itu kita nungguin lama si Kapten. Malesin banget tiba tiba ditinggal di tengah komplen gak pake disuruh duduk pula. Payah... Hingga akhirnya si dia nemuin kita lagi sambil tergopoh gopoh.


Aku: 'Kamu darimana sih?'

Cumot: 'Saya abis melayani orderan...'

Aku: 'Orang disini aja belom selese! Minuman gak dateng, komplen ditinggal, kita disuruh berdiri kayak gini!!! Masa restoran sekelas ini yang ada cuman kaptennya...'

Cumot: 'Saya sudah berusaha maksimal, Mas...'

Aku: 'Berusaha maksimal gimana?? Aku gak lihat kamu jalan ngelayani kita tadi. Gini, Mas... Kami disini buat buka, niatnya bukan buat marah marah kayak gini. Tahu kan? Sekarang tolong Mas kasih solusi...'

Otis: 'Kami bisa tulis ini di media lho, Mas!' (Otis ngulangin lagi ancemannya)

Cumot: 'Ya udah, Mas... Itu kan hak pelanggan...'


Sialan nggak? Tadi dia bilang jangan ditulis di media sambil takut takut gitu, sekarang malah ngancem balik. Aku udah mulai jengkel. Mrah sih enggak, tapi heran aja ada orang kayak gini diangkat jadi kapten restoran ternama. Hening. Dia nunduk diem aja. Masih pake kacamata sama muka culunnya...


Aku: 'Heh, kasih solusi!'

Otis: 'Mana solusinya? Kalo disuruh bayar makanan, minumannya enggak gitu mah emang udah logikanya. Maksudnya kita minta ganti kekecewaan...'


Masih hening. Si Kapten gak bisa omong apa apa. Gila, orang kayak gini bisa jadi kapten waitrees. Pantesan aja manajemennya ancur. Padahal aku lihat karyawannya juga disana banyak dan cukup buat melayani pesenan deh. Tapi dengan dipimpin sama orang yang gak bisa kasih solusi dalam tekanan, mending buka warteg di tengah laut aja ya...


Aku: 'Udah! Kita bayar makanannya... Mana billnya???' (hawanya males ngomong sama radio ringsek lebih lanjut, gak bakal nyambung)


Si Kapten waitrees dan mbaknya kasir pun cepet cepet ngambilin bill. Itu juga pake ribet lama. Abis dibayar, aku tatap mata si Kapten sambil tanya 'Maaf, Mas... Namanya siapa?' dengan teges. Yup! Kalo pinter kan seharusnya tuh orang yang katanya kapten pelayan disana tahu manner nanggepin komplen pelanggan dengan memperkenalkan diri dulu. Tapi kenyataannya enggak. Dan akhirnya harus aku yang ngajarin. Semoga dia sadar...


Dia sebutin namanya. Bukan, bukan cumot. Tapi cumot is fine. Aku perkenalkan namaku balik. Abis itu ya balikin badan, pulang. Dengan perasaan dongkol tapi puas, kita ketawa ketawa sendiri di jalan. Hidup nggak akan pernah seseru ini tanpa temen temen yang gokil, sedikit improvisasi dan imajinasi. Mungkin aku sama temen temen kelihatan kejem banget. Tapi itu udah biasa di dunia kerja. Komplen akan datang jika kualitas tidak seperti yang dijanjikan. Dan kita berhak menuntut itu. Mana mau tahu pelanggan sama urusan karyawan yang sakit cacar janjian kayak tadi? Kita bayar, kita dapat barang. Itu aja...


Mungkin abis lebaran beli boneka hamster terus aku namain cumot ah buat dianiaya... opsi yang bagus! Muahahahahaha...

No comments:

Post a Comment

thanks for the comment...