Pages

Sunday 19 September 2010

ride to the south #1

Tak ada yang namanya pilihan dalam hidup ini

Aku tak pernah merasa memilih untuk dilahirkan

Bahkan aku tak bisa memilih dalam keluarga mana aku akan tumbuh besar

Pagi ini entah kenapa aku pengen keluar rumah, setelah bener bener nggak mood karena peristiwa kemaren sore. Keluar rumah maksudnya disini pergi sejauh jauhnya sampai gak kepikiran rumah lagi. Kebetulan aku juga sebenernya dari dulu pengen banget berkendara sendirian ke Jogjakarta. Yup, cuman berkendara ke arah Jogja dan nggak tahu akan menemui apa nantinya. Kayak di film Wildhogs deh kurang lebihnya.

Nggak sampai jam 10, aku udah siap sama perbekalan: 1 kaos ganti, kamera, dompet & hape. Ya, cuman segitu & semuanya dimasukkan ke dalam tas Insight kesayangan. Hampir aja aku lempar hapeku kayak di Wild Hogs, tapi untung masih sadar kalau belinya pake duit bukan daun. Itu pun hape cuman berisi pulsa yang menipis. Sementara itu Kabuto, mio kesayangan yang bisa terbang kalo dikasih sayap, pun udah aku pasangin spion, 2 buah kanan kiri (biasanya gak pake spion). Tapi tak lupa mampir dulu ke toko bahan bangunannya Bapak buat isi bensin, hehe.. (udah sekitar 5 tahun terakhir aku jarang ke SPBU dan selalu isi bensin dari jatah mobil pick up-nya Bapak buat nganter bahan bangunan)

And the ride's began!

Rutenya adalah rumahku, terus lewat Panjangan, Kaligarang, Jatingaleh, Banyumanik, Ungaran... Dan seterusnya saya tak mau tahu! Muahahaha... That’s the point, bakal lihat hal hal baru.

Di pertigaan Akpol, semua kendaraan distop sebentar sama pakpol buat rombongan SBY lewat. Fore rider rombongan yang pakai moge dengan helm yang ada pengeras suaranya bener bener bikin iri. Hawanya pengen aku jegal biar jatuh, aku bawa tuh moge ke Jogja, misuh misuh sepuasnya di jalan pakai pengeras suara helm dan dikejar ratusan polisi plus paspampres. That will be awesome! Kalau ketangkep, tinggal sungkem sama SBY minta ampun. Abis kendaraan udah boleh jalan, aku tinggalin anganan kosong itu. Aku masih mengendarai mio, matic hitam yang sanggup berlari dengan kecepatan 200.000 kilo jengkal/jam (1 kilometer=10.000 jengkal tangan manusia normal).

Ungaran aku lewati dengan susah payah. Karena hari udah mulai siang, di jalanan udah banyak bis dan kendaraan umum. Jalanan yang sebenernya tinggal lurus doang jadi kerasa lama banget. Tapi masa aku menyerah bahkan sebelum 1/3 perjalanan? Seperti nggak punya pendirian. Karena itu, perjalanan menuju selatan tetap berlanjut...

Sampai di pertigaan Bawen, seperti yang selama ini (hanya) aku tahu: ambil ke kanan untuk ke Jogja. Takut juga sih sebenernya, takut kalau kalau aku salah jalur. Kalau kalau itu jalan satu arah. Kalau kalau itu ternyata jalan tol. Kalau kalau ada kecoa lewat. Itu nggak mungkin. Tapi tetep aja, aku benci kecoa. Tapi semua itu tak terbukti, I passed the way freely like a seagull flying over the ocean (ok, aku juga gak terlalu ngerti maknanya).

Setelah itu yang aku tahu cuman harus ngikutin jalan. Entah berapa panjang, entah berapa lama. Just ride. Di kiri ada rumah rumah berjejer rapi, di kanan ada sawah hijau luas di selingi bukit bukit dan tiang SUTET, di depan ada jalanan untuk dilalui. Satu hal lagi, ada mobil-knalpot-semprotan-nyamuk untuk disalip yihhaaa...

Marka jalan itu menuntunku ke arah tak tentu

kadang putus, kadang menyambung lurus

Di kanan kirinya rumah rumah bergantian dengan toko toko

kadang penuh orang, kadang hanya tumpukan barang

bukit bukit hijau di sebelah kanan itu, aku akan merindukannya

Nggak beberapa lama, aku ngelewatin monumen Palagan Ambarawa. Lama banget nggak lihat tempat itu. Terakhir kali pas aku maih kecil sama ortu, itupun cuma lewat aja. Hawanya udah pengen turun buat foto foto, tapi nggak tahu harus parkir dimana. Salah salah bisa kena tilang, parnoku kumat lagi. Aku lanjut aja terus jalannya. Moga moga ketemu tempat eksotis lagi dan punya keberanian buat turun ambil foto. Yang aku heran, si mio nggak rewel minta bensin bahkan sampai di Ambarawa. Biasanya saja 1 liter cuma bisa tahan 1 hari bolak balik rumah-kampus-kerja.

Dan sampailah aku di suatu jalan yang lagi macet. Yang antre bener bener bikin sumpek: truk angkut, bis antar kota, mobil dan motor jadi satu maen ular ularan. Aku coba selip kanan kiri biar cepet sampai ke ujung kemacetan. Jalanannya cukup berbahaya, di kiri ada tebing penuh pepohonan, kanannya ada jurang. Aku coba selip dari kiri, tapi banyak motor menyumbat. Aku langsung ambil salip kanan yang lumayan lengang. Batinku, kenapa tuh motor motor nggak ambil yang kanan aja ya? Malah desak desakan di lajur kiri, lagian dari arah berlawanan kan nggak banyak kendaraan juga. Perasaanku udah nggak enak sebenernya, tapi daripada mikirin itu mending tancap gas aja ngehindarin kemacetan. Satu persatu mobil aku salip dengan sukses gilang gemilang lewat kanan sampai tinggal 1 truk lagi. Di depan ada belokan tajam naik ke kiri. Tangannya si sopir truk ngasih tanda ke aku buat nyalip. Tapi di ujung belokan aku lihat ada pos polisi, jantungku langsung degdegan. Di depan pos ada polisi yang udah mau naik motornya. Pas aku udah ngelewatin belokan dan truk itu, firasat mengatakan bakal dikejar sama pakpol. Dan ANDA BERUNTUNG! Si pakpol memang mengejar dan menyuruhku berhenti nggak lama setelah itu.

pakpol: 'Selamat siang? Boleh lihat SIM dan STNK-nya, Pak?'

Aku: 'Yaa..' (udah lemes, males banget urusan sama polisi jauh jauh dari Semarang)

pakpol: 'Tahu kesalahannya apa, Mas?' (ganti manggil 'Mas' setelah aku buka helm)

Aku: 'Hemm?..' (M-A ma.. L-E-S les.. maaleesss..)

pakpol: 'Nyalip nglewati marka jalan. Itu nggak boleh. Di sana sudah ada rambu rambunya lho ya..'

Aku: 'Baru pertama lewat sini, Pak..'

pakpol: 'Masa..' (sialan, emang baru pertama woy...)

Habis itu, aku di suruh ke pos polisi yang tadi. Bakal panjang nih kayaknya. Dan memang bakalan panjang, aku disuruh menghadap ke polisi yang lebih tua di dalam pos. Dia seperti big boss yang tinggal menunggu pengendara pengendara yang melanggar di dalam markas besarnya. Ok, daripada SIM dan STNK nggak balik mending aku hadapi si big boss yang berkumis lebat itu.

Aku: 'Permisi, Pak..'

big boss: 'Duduk dulu.. Tahu kesalahannya apa aja?..' (suaranya bikin keder. big boss, jangan makan aku)

Aku: 'Nggak, Pak..' (suara udah aku bikin kayak orang mau nangis biar big boss iba, jurusku kalau berurusan sama yang kayak gini nih)

big boss: 'Kamu tu menyalip ngelewati marka penuh blublublub.. Melanggar undang undang lalu lintas pasal blublublub.. Padahal sudah ada rambunya 20 meter sebelum dan sesudah tanjakan ini. Kalau tidak percaya bisa dilihat nanti..'

Aku: 'Hoooo..'

Ini orang bener bener lancar banget nyebutin keslahan kesalahanku dan pasal pasal yang dilanggar. Kayak udah kebiasa ngadepin pelanggar. Pasti udah banyak banget sebelumku yang disemprit di sini, apalagi orang luar yang baru pertama kali lewat.

big boss: 'Sekarang, tolong tanda tangan di sini dulu..' (mampus! itu surat tilang)

Aku: 'Waduh.. Damai aja, Pak..'

big boss: 'Damai gimana maksudnya?'

Aku: 'Yaa.. Nitip aja uangnya..'

big boss: 'Nitip gimana maksudnya??' (si big boss pengen maen maen nih.. susah buat diajak kompromi)

Aku: ''Mmm.. Memangnya nanti ngurus surat suratnya.. SIM sama STNK dimana, Pak?'

big boss: 'Ya di Kejaksaan Negeri Salatiga!'

Aku: 'Kejaksaan Negeri Salatiga tu dimana, Pak?..'

big boss: 'Di daerah blublublub.. Sebelum pertigaan Bawen, kamu ambil kiri, terus lurus aja blublublub..'

Aku: 'Waduh.. Dimana itu, Pak? Dari kampus universitas apa itu eemmm.. Deket nggak, Pak?'

big boss: 'Kampus apa??'

Aku: 'USW.. Mmm, UNS.. Aduh, itu lho..'

Sumpah, ini dialognya sebenernya lebih panjang dan nggak mutu. Aku bener bener nggak tahu daerah situ, jadi pertanyaannya melebar melebar nggak jelas.

big boss: 'UKSW??..' (udah mulai jengkel kayaknya. Sori, Bos..)

Aku: 'Ya! Dari UKSW.. Mananya ya, Pak?)

big boss: 'Kamu belok kanan blublublub..' (nggak ngerti aku, mampus)

Aku: 'Aduh, Pak. Nggak tahu saya daerah situ. Saya dari Semarang..' (tetep dengan suara orang mau nangis.. bener bener cemen ya?)

big boss: 'Asalnya darimana? Semarang mana?'

Aku: 'Ngaliyan, Pak.. Pasadena..'

big boss: 'Owwhhh, Ngaliyan.. Memangnya mau kemana jauh jauh begitu?' (anda juga orang Ngaliyan, Pak? Kalau begitu biarkan saya keluar dari pos ini dengan SIM dan STNK, yeaahhh..)

Aku: 'Mau Ke UGM ngambil tugas dari temen di sana..' (ngasal, euy.. ke UGM aja belom pernah!)

big boss: 'Kamu kuliah dimana?'

Aku: 'UNDIP, Pak..'

Diem dieman bentar..

Aku: 'Tolong jangan ditilang, Pak. Saya nggak tahu ngurusnya kemana aja..' (sambil mewek, teteup..)

big boos: 'Lha kan tadi sudah saya bilang, ke kejaksaan Salatiga. Sidang di sana..'

Aku: 'Aduh, saya cuma sehari ke Jogja. Ini berangkat, sore udah pulang. Saya nggak tahu kejaksaan dimana juga, Pak.. Kalau bisa nitip aja sama Bapak..'

big boss: 'Nitip gimana? Ini surat suratmu bisa saya bawa dulu, ntar ngambilnya hari Selasa di Polres Salatiga.)

Aku: 'Aduuhhh.. Polres Salatiga tu dimana, Pak?..' (aku bener bener nggak tahu, aarrgghhh..)

big boss: 'Kamu baru pertama kali ke sini?' (nada suaranya berubah, mulai iba)

Aku: 'Iyaa, Pakk..'

big boss: 'Lha udah tahu UGM tu dimana?'

Aku: 'Nggak tahu, Pak.. Ya, ntar pokoknya nyampe ke Jogja dulu lah. Abis itu telepon temen saya. Ini masalahnya tugasnya penting banget, mau masuk semesteran juga..' (ini bukannya aku pinter bohong, tapi lebih karena ke-dodol-an nggak tahu apa apa)

big boss: 'Hmm.. Kamu abis masuk Jogja yang ring road itu blublublub..'

Aku: 'Ya.. Ya, Pak..' (padahal nggak mudeng)

big boss: 'Sekarang tanda tangan dulu di sini..' (woanjriittt! ujung ujungnya tetep disuruh tanda tangan)

Aku: 'Jangan, Pak.. Nanti saya nglanjutin ke Jogja gimana?'

big boss: 'Saya kasih surat jalan..'

Aku: 'Masalahnya nanti kalau orang tua saya tahu tu lho, Pak.. Saya nggak enak, nggak pengen ngrepotin.. Buat masalah..' (baru nyadar, yang pinter ngeles itu aku)

Diem bentar..

big boss: 'Ini kamu bisa ngomong kayak gini, tapi ntar di luar ngomong macem macem kayak yang laen..' (langsung inget dulu di surat pembaca Suara Merdeka ada yang ngirim komplain ke polisi yang menjaga pos di sekitar Salatiga. Kasusnya sama, ngelanggar marka kayak aku tapi tu orang nggak terima ditilang karena ngerasa baru pertama kali lewat)

Aku: 'Nggak, Pak.. Sumpah..'

big boss: 'Kamu kan mahasiswa. Kritis kan biasanya..' (untung nih bacot belum keblablasan bicara kalau aku anak BEM juga, thanks God..)

Aku: 'Ng.. Nggak, Pak.. Saya cuman pengen ke Jogja aja..'

Diem bentar. Bentar doang..

big boss: 'Yawdah, ini boleh nitip. Tapi jangan berpikiran yang macem macem ya..'

Aku: 'Iyaa, Pak.. Ini juga keinginan saya. Yang penting sampai ke Jogja..'

big boss: 'Ok, jadi jangan berpikiran macam macam blublublub..'

Aku: 'Iyaaa, Paakkk.. Jadi saya harus bayar berapa, Pak?'

big boss: '2 pelanggaran, satunya 35 ribu. Jadi, semuanya 70 ribu..'

aku keluarin uang di dompet, aku kasih ke big boss. Gak tahu cuman perasaanku atau apa, tapi dompetku jadi kerasa tipis banget habis itu. Jadwal belanja belanja di Jogja sepertinya harus dibatalkan. Dan pulsa 5 ribu di hape (kamu ke Jogja naik sepeda motor sendirian cuman bawa pulsa 5 ribu pula, Rif?? NGGAK WARAS!!) nggak akan bertambah, terus berkurang. Akhirnya SIM dan STNK kembali, aku pun siap siap berkendara kembali.

big boss: 'Hati hati di jalan.. Jogja masih sekitar 2 jam lagi..'

Aku: 'Woohhh.. (2 jam lagi dan aku sempet sempetnya terjebak di pos polisi) Mmm, ini namanya daerahnya apa ya, Pak?..'

big boss: 'Ini namanya Pringsurat. Yang kamu lewatin tadi Pring blublublub..' (langsung inget, surat pembaca tadi memang ditujukan buat pos polisi Pringsurat)

Aku coba ambil sisi positifnya aja, kalau nggak kena semprit pakpol mungkin aku akan berkendara semakin brutal dan membahayakan diri sendiri. Tanjakan Pringsurat kalau dilihat pake logika juga bahaya banget. Minimal aku nggak mau kayak orang yang ngirim surat pembaca itu, yang nggak terima ditilang dengan alasan baru pertama kali lewat situ. Nggak bersyukur banget sih udah diperingatkan sama Tuhan lewat pakpol, masih untung cuma diminta 70 ribu. Coba kalau dari arah berlawanan di tanjakan ada truk nyambar. Mau ngasih nyawa?..

Thanks God for pakpol...

Dan aku tinggalin pos polisi itu sambil terus mikirin Jogja yang masih 2 jam lagi dan tujuanku bela belain naik motor sendirian kayak gini ke Jogja. Buat apa aku kurang kerjaan kayak gini ya?

Tapi aku nggak mau putar balik! Ini semua aku lakuin karena aku pengen. Kalau aku nggak yakin sama pilihanku sendiri, lalu aku harus yakin sama apa?

Perjalanan ini harus diselesaikan!

No comments:

Post a Comment

thanks for the comment...