Pages

Sunday 19 September 2010

rahasia mudik

Barusan aku lewat jalan Perintis Kemerdekaan. Jalan keramat yang udah makan banyak nyawa itu. Jalan utama buat masuk Semarang dari arah Selatan. Ada yang beda tadi...


Sepanjang jalan dari klenteng Watugong sampe depan ADA rame parah, penuh sama kendaraan. Mungkin mereka para pemudik yang pengen balik ke kota. Balik lagi nyari nafkah buat balik lagi ke kampung halaman menyapa keluarga. Ini yang dari dulu selalu bikin aku terharu: buat apa mereka mudik?


Buat apa jauh jauh dari Jakarta ke Semarang, dari Semarang ke Madiun, dari Surabaya ke Pangkalan Bun, dari Pangkalan Bun ke antah berantah Kalimantan sana cuman buat beberapa hari ketemu macet, ketemu tiket abis, ketemu capek, ketemu kecelakaan... yang pada akhirnya cuman ketemu sodara beberapa hari? Padahal abis itu juga kudu muter siklus balik lagi ngelewatin tahapan tahapan tadi. Bukannya udah ada sms, telepon, facebook, video call gitu ya? Semangat buat ketemu keluarga itu yang bikin aku gak abis pikir...


Aku cuman tahu nama sodara sodara keturunan kakek nenek dari ibu. Maksudnya bapak, ibu, adik adiknya ibuku sama anak anaknya. Di luar itu, cuman tahu muka doang. Yah, aku gak kenal semua. Masa kecilku juga gak terlalu menyenangkan sama mereka. Pas Idul Fitri juga, aku jarang ikut keluarga ke sodara sodaranya bapak di Demak dan Jepara. Masa kecilku sama bapak juga sama gak menyenangkan. Lebih sering tinggal di rumah atau maen sama temen aja.


Dari situ, kalo papasan sama orang mudik di jalan hawanya pasti seneng seneng sendiri. Jadi kebawa semangatnya gitu deh. Apalagi yang sekeluarga bapak, ibu & anak anaknya pake motor. Yang barang bawaannya sampe harus disangga pake tongkat kayu di belakang. Bener bener bikin hati heran, seneng, semangat, haru jadi satu. Sering aku sebelahin motor mereka kalo pas di lampu merah sambil perhatiin detail. Aku lihatin tingkah lakunya, apa aja barang bawaannya... Kadang kadang malah aku buntutin dari belakang kemana arah perginya. Entah deh, mungkin aku dikira jambret kali! Hahaha... Dan kayak yang biasa orang tanyain tentang mereka, terutama pemudik bermotor, pertanyaan sama juga dariku: apa mereka gak perhatiin nyawanya? apa tuh orang tua gak peduliin keselamatan anak anaknya? Apa gak takut dijambret, digendam, jatoh kecelakaan?


Tapi mereka tetep aja masih ada tiap tahun, masih pengen ketemu keluarganya. Mereka itu keren!


Laen lagi sama pedagang asongan, pak polisi, sopir sopir bis, masinis, penjaga perlintasan rel dan semua orang yang gak mau ninggalin pekerjaannya pas Lebaran. Lho, katanya ini Lebaran, hari hari buat ketemu sama keluarga? Kok mereka tetep aja mau kerja? Apa mereka gak bisa ambil cuti beberapa hari aja ya? Apa institusinya yang gak ngebolehin mereka libur? Gak adil dong kalo gitu. Sangat kebalikan dari pemudik pemudik yang gak peduliin apa yang penting bisa ketemu sama sanak keluarga pas Lebaran datang. Ini rahasia mudik...


Ambil contoh yang paling kentara tetep kerja aja deh: pak polisi. AKu yakin mereka aslinya pengen banget abisin waktu sama anak istri tersayang pas hari penting itu. Tapi kalo mereka juga ikutan libur, siapa yang bakal ngatur jalanan? Jalanan yang selalu penuh macet parah pake banget pas arus mudik...


Mereka yang gak ketemu keluarga pas Lebaran buat ngurus kepentingan orang banyak, mereka juga keren!


Gak perlu ngelarang orang buat mudik. Mudik pake mobil, pesawat, kereta atau motor yang kayak aku bilang tadi. Lagian juga ngapain ngelarang orang buat ketemu sama keluarganya? Cuman setahun sekali ada kayak gini di Indonesia. Mudik kan juga jadi ladang nafkah yang gede buat pemerintah dan sebagian orang laennya. Hargain juga orang yang gak ketemu keluarganya pas hari itu. Misal kalo ketemu pedagang asongan di SPBU bisalah beli satu atau dua barang dagangannya. Kalo pun gak mau beli, tolak dengan santun gak pake muka ditekuk. Kalo ketemu polisi lagi ngatur jalur mudik, gak perlu diomelin. Gak perlu ngeklakson klakson juga kalo masih macet sampe berjam jam. Percuma, kendaraan di depan juga sama gak bisa jalannya kan... Saling ngehargai deh ya. Pak polisinya udah ngorbanin waktu biar kita kita semua lancar melampiaskan kangen sama yang disayang disana...


Mudik itu keren! Apalagi yang pake motor sekeluarga... Pertanyaanya: Besok pas aku udah punya istri, udah punya anak... Apa aku bakal mudik juga ke rumah orang tuaku?




No comments:

Post a Comment

thanks for the comment...