Pages

Sunday 19 September 2010

di balik jam beker dan kaos kaki itu

Aku udah tahu rumahnya, Jumat sebelumnya udah aku survey. Rumahnya nyelimpet di antara gang gang kecil Pudakpayung. Tapi ini bukan halangan buat si Chariz, motorku, yang udah uzur & apalagi aku dengan semangat membara ‘45. Nyampe rumahnya, aku disambut ibunya yang nongkrong depan rumah. Si ibu ternyata tahu kalo aku mau bawa anaknya ke negeri entah berantah dan dia ngijinin.

Ibunya: 'Mau pergi sama Ira, ya?' (Dan itu bukan nama dia sebenernya, tentu)

Aku: 'Iya, Bu.. Iranya ada?'

Ibunya: 'Masuk dulu sini...'

Sip! Lumayan lancar, ibunya juga baek banget. Aku masuk dan gak lama kemudian si dia keluar. Pake baju item mickey mouse, pas banget sama aku yang juga lagi pake kaos item. Cantik banget deh dia pas itu. Cewek paling manis sekampus dengan rambut berombak dan kulit putih bersih.

Aku langsung cabut aja sama doi abis ijin ibunya. Naik Chariz dari Pudakpayung boncengan berdua, kita persis pemudik. Yup, hari itu adalah beberapa hari setelah Lebaran. Lihat aku yang gak pake sarung tangan padahal semarang lagi panas panasnya, dia minjemin punyanya. Tangannya dimasukin ke saku jaketku. Man! Gak ada yang bisa bayangin betapa deg degan aku saat itu. Kita berhenti dulu di studio foto ngambil beberapa hasil cetak fotonya buat audisi Sivex. Dan perjalanan lanjut sampe Citraland.

Kita langsung ke 21 pesen tiket. Hari ini emang kita udah janjian buat nonton bareng. Dia gak suka nonton film horor & berhubung tiket buat film film jam 1 juga udah pada abis, aku akhirnya pesen 'Get Married' jam setengah 3 sore. Nah... gara gara antriannya penuh banget kayak lempar jumroh, dia keluar nunggu deket game ding dong (Atau apalah namanya). Pas nunggu aku itu, dia digoda temen rese-ku yang emang dari dulu pengen aku tusuk tusuk badannya. Aku gak bisa gitu aja keluar dari antrian & tiba tiba nonjok tuh anak. Untung dia cepet pergi setelah dikacangin sama Ira. Aku pikir, setia juga ni cewek. Anyway, gara gara rencana yang kacau dimana seharusnya kita nonton baru kemudian dia aku ajak makan sedangkan masih ada waktu lama banget sampe jam 3, dia aku ajak ke Charmy. Di sana, kita becanda becandaan sampe berbusa. Dan di sana pula, aku harus melancarkan rencana rahasia itu: penembakan. Yah! Nekat banget aku pas itu mau nembak cewek most wanted di kampus. Tapi nasi udah menjadi lumpur! Aku bahkan udah bawa sesuatu spesial buat dia: jam beker mungil bergambar snow white. Aku emang cariin yang ada gambarnya snow white, julukan sayangku buat dia. Sambil basa basi & sedikit (Bo’ong! Banyak banget deng) grogi, aku mulai sesi inti:

Aku: 'Eh, aku ada sesuatu buat kamu...' (*brr.. brr..* suara lututku gemetaran)

Ira: 'Ha, apa?...'

Aku: 'Nih...' (Sambil ngasih jam beker yang udah aku bungkus rapi di toko pernak pernik Lavender, hehe..)

Ira: 'Makasih ya, tapi buat apa?...'

Aku: 'Emm..' (Bukan, bukan nahan boker)

Gak ada korelasi langsungnya antara ngasih hadiah sama nembak. Tapi minimal itu nunjukin keseriusan & rasa sayangku sama dia.

Ira: 'Iya, dalam rangka apa?...'

Aku: 'Emm.. Emm.. Gak papa..' (Bener bener gak tahu kudu ngomong apa)

Ira: 'Eh, aku juga beliin kamu kaos kaki lho. Nih...'

Buset! Dia bener bener beliin aku kaos kaki, 2 pasang pula. Sebelumnya sih aku emang pernah becanda minta nitip dibeliin kaos kaki gara gara aku gak pernah berangkat kuliah pake kaos kaki. But, that was a joke! Kalo boleh minta mah aku pengen mobil, muahahaha.. Gak lah! Pokoknya malah kebalik, aku surprised banget dibeliin kaos kaki. Meski aku baru nyadar beberapa detik kemudian kalo itu kaos kaki cewek. Oke! Aku sudahi ketidakpastian ini & beraniin diri keluarin kata kata itu: 'Mau gak jadi pacarku?'. Jegeerrr!! Kayak disamber petir rasanya. Darahku kerasa langsung turun semua ke kaki. Keringet dingin keluar. Tangan & kaki gemeter, gak nyangka aku berani ngomong kayak gitu. Tapi..

Ira: 'Kok jadinya gini?...'

Aku: 'Haa?..'

Ira: Kok jadi gini sih?...'

Aku: ‘Jadi gini? Maksudnya?...'

Ira: 'Ya aku kira kita sahabatan aja. Gak nembak kayak gini...'

Aku: '.......'

Ira: 'Kamu tu enak diajak ngomong, makanya aku curhatnya juga ke kamu. Masalah mantanku yang kemaren itu juga. Tapi gak tahu juga kalo gini...'

Aku: 'Emang kenapa sih?'

Ira: '...... Aku gak tahu, Rif. Sebelumnya juga aku gak pernah pacaran sama temen sekelas...'

Aku: 'lha terus kenapa kalo emang sekelas?' (Halo, ini cuman pacaran sekelas bukan incest)

Ira: 'Aku gak yakin aja. Aku masih kepikiran mantanku itu, kamu kan tahu. Lagian aku belum siap pacaran lagi...'

Aku: 'Jadi?..'

Perasaanku campur aduk. Gak nyangka bakal serumit kayak gini prosesnya. Di bawah rasa sombongku karena gak pernah ditolak sebelumnya, aku cuma bisa pasrah. Cinta bisa dipaksa, tapi bukan dengan mengemis mengiba iba.

Ira: '....... Aku gak bisa jawab, Rif.'

Aku: 'Yawdah, aku tunggu..'

Ira: 'Sampe kapan kamu mau tunggu? Aku gak bisa mutusin cepet kayak gini dong...'

Aku: 'Ya gak tahu, pokoknya aku tunggu...'

Aku ngomong ‘tunggu’ kayak itu gampang banget dipraktekin. Tapi nggak ada cinta yang tak layak diperjuangkan. Aku bakal paksain cintaku. Aku bakal lakuin kayak yang aku lakuin di awal dulu: kasih perhatian, sms, dengerin curhatnya... Dan aku bakal tunggu. Hingga suatu saat mungkin aku sadari itu cuman gombalan belaka.

Tapi gara gara aku nembak itu, kita jadi sama sama kaku. Daripada pembicaraan jadi gak enak kayak gini, aku keluarin jurus jurus terjayus. Kita ngobrol ngobrol lagi. Aku yang banyak tanya tentang dia, karena setahuku orang paling suka ngomongin tentang dirinya. Tuker tukeran es krim, becanda becandaan dan obrolan kembali itu bikin aku mikir lagi: apa aku tadi melakukan hal yang benar dengan nembak dia?.. Sampe hampir jam setengah 3, aku masih lihat es krimnya belum habis dan mukanya mengkerut meski lebih mending daripada pas aku tembak tadi. kita akhirnya cabut masuk 21 buat nonton. Pikir ku, judulnya aja yang get married! Tapi gak bisa bawa married atau minimal jadian buatku, huh...

Di dalem bioskop, kita cuma nonton. Gak ada kata kata atau apa gitu nanggepin filmnya kayak 'Ih, filmnya bagus ya, Rif? Itu shootingnya pake kamera hape Nokia apa Samsung ya?' atau 'Eh, tadi aku udah bilang "ya, aku mau" di Charmy belom?' atau 'Rif, kita ikutan get married aja yuk!'. Buset! Ngarep tingkat tinggi dah aku. Tapi di dalem nonton filmnya yang kocak bikin aku rileks lagi, no matter what. Tangannya senderan nyentuh tanganku, makin aku tambah adem. Lanjut film selesai, aku jadi lupa sendiri tadi abis nembak dia. Tapi si doi malah belum sembuh kakunya, masih mikirin penembakan tadi kayaknya. Aku sih udah masa bodoh lah kalo emang gak diterima, yang penting masih bisa ada buat dia.

Abis nonton, kita langsung cabut pulang mengingat petuah sang bunda yang wanti wanti jangan pulang kesorean. Kita melangkah menuju masjid Baiturrahman. Bukan buat ijab kabul. Si Chariz emang parkirnya disono, kebiasaan lama sejak masih di smansa kalo mau jalan di Citraland. Aku masuk ke parkiran. Aku nemuin Chariz dan udah mau pasang helm. Dan..

Ira: 'Rif..'

Aku: 'Hmm?..'

Ira: 'Aku mo ngomongin yang tadi..'

Aku: 'Yang maannaaa yaa?...' (Pura pura gak tahu! Jantung deg degan dan gak mau ngungkit ngungkit yang tadi lagi)

Ira: 'Yang tadi! Kayaknya aku kudu bisa mulai belajar lagi deh...'

Aku: '.....' (Berharap ada keajaiban, tapi tolong kalo ngomong jangan pake bahasa ilmiah kayak gitu)

Ira: 'Kejadian... Pacaran yang lalu lalu itu gak perlu dipikirin lagi. Aku kudu bisa maju lagi deh kayaknya, tadi di dalem aku dah mikir...'

Aku: 'Haa?...' (Ayo katakan apa! katakan! Uuuooohhhhh...)

Ira: 'Ya... Kita pacaran...'

Gila bener dah aku jadinya. Gak nyangka! Bener bener gak nyangka! Aku yang udah pasrah ini akhirnya diterima! Perjuanganku gak sia sia. Semuanya yang aku kira bakal berakhir ancur, ternyata endingnya manis.

Aku gak bisa ngungkapin betapa senengnya aku saat itu. Pas kita pulang ngelewatin Simpang Lima, dia tanya ke aku.

Ira: Tapi kamu serius kan? Gak maen maen?...'

Aku: 'Iya dong serius!..' (Duh! Aku serius, sayang...)

Ira: 'Tapi aku orangnya cemburuan lho... Kamu bisa terima aku apa adanya gak?'

Hening, aku mikir tapi mulutku kayak gak bisa dibuka. Aku langsung pegang tangannya yang ngerangkul badanku dari boncengan sambil bilang 'Iyaa...'. Sebenernya bukan itu yang pengen aku katakan. Aku pikir 'Bukan cinta namanya kalo gak cemburu juga sih...'. But that's fine, let the love find it's way.

'Ihh, pake pegang tangan segala jawabnya. Weidyaannn, kayak sinetron aja. Haha..', candanya sambil tertawa memelukku erat.

It was October, 17 2007 and so beautiful...

No comments:

Post a Comment

thanks for the comment...