Pages

Sunday 19 September 2010

hiragana bukan fatamorgana

Siapa di antara kalian mahasiswa Indonesia yang pernah terbangun abis tidur siang dan bertanya dalam hati ‘aku masih mahasiswa nggak ya...’? Aku sering...

kemaren senen pagi aku lagi leha leha di depan tv as always dengan jempol kaki yang mencet tombol ganti ganti channel dengan liar, belom mandi, belom sikat gigi, plus mata masih merem melek nahan tidur siang dan tentu aja hape di tangan on line facebook. tiba tiba masuk sms dari wiwid di hapeku, intinya nanyain aku lagi dimana. pikirku: tumben si dia genit pake sms nanya nanya lagi dimana. KUA seems to be even closer for both of us to make a new life, muahahaha...

tapi gak aku bales, selain belaga jual mahal juga gara gara gak punya pulsa. Bego dah...

lanjut kira kira sejam kemudian, masuk lagi sebiji sms. yang ini dari soraya. kalo dari dia mah gak terlalu aku perhatiin. tapi setelah aku baca dengan teliti isinya: Rif, kamu dimana? tadi kok gak ikut ujian shokyu? Dicariin sensei yuli lho...

Ha? ujian shokyu? Bukannya hari Rebo? Ini pasti ada yang salah!

Tapi tunggu! Wiwid kan juga ambil mata kuliah bahasa jepang. dia sms tadi pasti nyariin aku yang gak ikut ujian, MAMPOS!!!

Langsung aku ambil langkah sejuta girang ambil celdam di kamarnya fita (sumpah, jangan tanya!), mandi, gosok gigi, telepon Soraya buat mastiin tadi emang ujian. dan tadi emang ujian. mampus!

Segera aku cabut ke kampus setelah mampir ke POM bensin pribadi a.k.a tokonya bokap. Aku libas jalanan dengan birahi tak tertahankan, gak peduli ketangkep polisi meski spion cuma satu. Sempet kepikiran buat kasih alesan bohong sih. tapi itu gak aku banget. Aku selalu ngomong apa adanya meskipun salah, males ngibul. Aku gak takut, aku emang tahunya ada ujian shokyu tu hari Rebo kayak yang ditulis TU. Aku tetep melaju dan berusaha mantepin diri.

nyampe kampus, langsung masuk kantor DIII jepang. Sensei masih ada tamu 3 biji mahasiswa, aku nungguin dengan sabar tepat di depannya. Sampe dia bilang 'Arif mau ketemu saya? Tungguin di sana ya, ini masih lama. Gak ada ujian lagi kan hari ini?...'. Aku nurut aja, untung sensei orangnya sabar. setelah si doi selese sama mahasiswa mahasiswa tadi, dia nemuin aku di ruang tamu kantor.

sensei: 'Arif tadi kok gak ada, kemana?'

Aku: 'Iya, Bu... Sebelumnya saya minta maaf tadi gak ikut ujian. saya kira ujiannya hari Rabu, Bu, kayak yang di TU. Maaf, Bu...' (thanks God aku pernah jadi anak pramuka dan belajar caranya ngadepin orang)

sensei: 'Lha terus ini mo gimana?...' (sumpah, pertanyaan yang sulit. aku nggak enak sama bu yuli. lagian juga aku gak mungkin jawab: 'mau iPhone 4, Bu. yang baru itu lohh...')

Aku: 'Ya, saya mohon kompensasinya aja, Bu. Mohon pengertian dan kebijaksanaan ibu...'

sensei: 'Yaudah... Ini soal masih saya bawa. Kalo Arif mau ujian hari ini silahkan. Soalnya gak tau juga ada keadaan kayak gini, gak ada susulan...' (sumpah, sabar banget ni sensei)

Aku: 'Iya, Bu...' (pengen bilang: 'itu yang saya maksud, bu!' sambil koprol 3 kali kegirangan)

sensei: 'Udah dihapalin belum?'

Aku: 'Hooo...' (aslinya pengen ngomong: 'gak papa, bu, diijinin ujian aja udah untung)

sensei: 'Dicoba aja dulu. Pokoknya ada absennya buat ujian semester. Gitu ya?' (ituuu yang saya maksud, buuuuu!!! muuaahh...)

Abis itu, aku diambilin soal ujian & dicariin tempat buat ngerjain di kantor. Hampir aja si dia ngambilin kursi juga buat aku, yang tentunya aku tolak. Buset! Sensei Yuli sabar banget pake sekali. Itu yang akhirnya nahan niatku buat ngebakar kampus sastra, ternyata masih ada orang baik di kampus ini.

Tapi gak bertahan lama rasa thank you sama sensei, SOAL SOALNYA PAKE HURUF HIRAGANA ASLI, BO! ANJRIITTT... gak ada yang aku mudheng sedikitpun!

Pernah liat episodenya spongebob yang huruf huruf panel di kapalnya berubah jadi kanji cina pas dia ujian SIM? Mirip banget sama aku. TAPI INI ASLINYA EMANG HIRAGANA BUKAN FATAMORGANA!! MAMPOOSSS KAU, RIF!!

Namun begitu bukan Arif namanya kalo gak bisa ngakalin. Jadi, soalnya kan berupa percakapan dalam bahasa Jepang menggunakan Hiragana yang beberapa bagian cuman berupa titik titik. Titik titik itu yang kudu aku isi dengan percakapan yang nyambung. Tentu dalam Hiragana juga. Aku isi aja titik titiknya dengan bagian Hiragana yang udah ada, yang aslinya sebagai soalnya. Jadilah jawabanku cuma muter muter doang. Tapi itu juga pake mikir, gak bisa sembarangan. Aku cari yang sekiranya sama dan nyambung. Tapi gak tau juga lah jadinya kebaca kayak gimana, gak pengen ngebayangin mukanya Bu Yuli pas ngoreksi jawabanku. Aku cuman berharap apapun huruf hiragana yang aku tulis dan sambung ini gak berbunyi: ARIGATOU TAIKUDA UDAH NGASI KESEMPATAN GUE UJIAN I LOVE SORA AOI. semoga gak kayak gitu...

selama ngerjain (baca: nyambung nyambungin) soal itu, aku gak mau clingak clinguk. Itu buat jaga reputasi, meski ngaco tapi aku kudu tetep cool. Mantabh!

Dan ketika akhirnya selese ngerjain (dengan kacau), aku cuman bisa ngasih tuh lembar jawaban ke Bu Yuli sambil thank you. Guru yang sabar.

Besoknya pas aku jalan sama wiwid, baru tahu kalo kemaren temen temen pada nyariin. As you know, temenku banyak di kampus tapi aku bukan orang yang perhatian sama mereka. Rada terharu. Sip, tunda niat ngebakar kampus lebih lama, Rif... Wiwid juga bilang kalo kemaren ada temen kita yang ngata ngatain Bu Yuli dengan kata kata kasar yang gak pantes banget ditujuin buat sebiji guru. Bu Yuli cuma bilang 'Saya tahu kok kamu tadi bilang apa...'. gitu doang katanya. Dan ajaibnya, peristiwa yang terjadi sebelum aku telat ujian itu terbukti gak mempengaruhi Bu Yuli buat tetep sabar sama akyuuu...

Semoga Tuhan tetap memberkati kampus itu beserta isi isinya...

No comments:

Post a Comment

thanks for the comment...