Pages

Sunday 19 September 2010

dolphino #1: the missing

Salah satu hal di dunia ini yang paling aku sayang adalah dolphino. Itu hape, bukan boneka lumba lumba. Yang biasanya aku taroh dengan hati hati, yang aku lap kalo abis dipinjem temen, yang aku jamas tiap malem 1 suro... Tapi sore itu, dia dirampas dariku!

Aku lagi nongkrong sama Kancil di Starbucks Paragon. Rencananya mau ngasih dopping dia kopi mahal buat lomba karapan kancil (secara biasanya cuman dikasih oplosan jamu temulawak plus kopi tubruk). Semuanya berjalan biasa saja: becanda becandaan, judes judesan, plintir plintiran kumis. Karena meja udah penuh dengan kopi dan tingkah polah kita yang membabi kuda maka si dolphino aku taroh di kursi sebelah kiri. Takut kesenggol jatoh gitu deh, lagian kalo dikantongin juga nggak nyaman. Hingga gak beberapa lama datang seorang cowok duduk di sebelahku. Aku sih nggak ngira dia mau macem macem, kita lanjut ngobrolnya. Abis si cowok pergi, aku toleh ke kiri dan... Dan si dolphino gak ada begitu aja.

Aku masih cool. Aku cari cari mungkin kesangkut di kantong jaket, di tasnnya Kancil, di sakunya Kancil, di sela sela ketekku. Semuanya nggak ada. Aku masih cool. Aku laporin ke satpam Paragon. Mereka nanggapin dengan baik dan bantu nyari hapeku. Aku coba ajak Kancil sekali lagi balik ke Starbucks, ke tempat kita duduk tadi. Tetep gak ada. Mbaknya Starbucks bilang kalo ini bukan tanggung jawab mereka. Memang sih. Aku masih cool. Terus aku dan kancil dimintai keterangan sama satpamnya Paragon di salah satu lorong. Itu kira kira 20 menit sejak dolphino hilang dan aku masih cool.

.

Begitu si satpam pergi nyari hapeku lagi karena belom berhasil daritadi dan Kancil berusaha menghibur dengan banyolannya, ITULAH SAATNYA AKU NGGAK BISA COOL LAGI HAPEKU ILANG DICURI, MONYEETTTT!!! Nggak bisa percaya seorang Arif yang ngerawat banget hapenya bisa kecurian kayak gini. Kancil ngasih semangat (dopping kopi mahal Starbukcsnya manjur), satpam masih nyari, patung Taman KB masih ibu anak tanpa bapak.

Kancil coba telepon hapeku dan masih nyambung, tapi langsung direject gitu deh. Kita coba lagi, direject lagi. Ada kira kira 30 menit lebih telepon-reject kayak gitu. Karena cara itu gak berhasil, aku coba sms hapeku aja. Ini isi smsnya: 'Tolong hape saya dititipin ke mbaknya XXI saja. Saya tidak akan melaporkan kemana mana dan memperpanjang masalah ini', sambil berharap dia mau titipin beneran dan bisa aku ambil kemudian. Singkat jelas padat bukan? Plus tolol... Siapa juga maling yang mau ngikutin instruksi bego kayak gitu?? Tapi yah daripada nggak berbuat apa apa...

Selanjutnya kita inisiatip muter Paragon buat nyari cowok sebelahku tadi yang secara otomatis menjadi tertuduh utama. For your infotainment, Kancil rada hafal wajahnya si cowok karena berhadapan duduknya (iya, hafal mukanya doang. itu juga pake 'agak'. waktu si cowok nyolong, Kancil juga gak tahu kayak aku).

Putaran pertama nyanggongin toilet lantai satu. Gak nemuin apa apa kecuali mampir pipis (iya, masih sempetnya pipis). Gak ada siapa siapa disitu kecuali cleaning service dan seorang arab. Aku lihatin mereka, mungkin ada gerakan gerakan mencurigakan. Karena gak nemu apa apa juga, kita nyebar: Kancil ke XXI tanya sama mbaknya (tetep), aku ke toilet toilet cowok lainnya siapa tahu si maling ngumpet disana. Aku bawa hapenya Kancil yang satu lagi buat misscall hapeku.

Di toilet lantai dua, aku papasan sama si arab tadi. Batinku 'Ni orang besernya tiap lantai apa ya?’. Aku acuhin, cabut keluar toilet. Tiba tiba ada yang manggil dari belakang. Si arab nyampirin aku. Sekilas mikir kalo dia penadahnya si cowok tadi yang mau balikin hapeku.

'Hai, se.. dang jalan jalan?', sapanya dengan Bahasa Indonesia patah patah. Kayaknya dia makhluk asing, bukan warga negara Indonesia.

'Ya...', jawabku sekenanya dengan penuh rasa curiga.

'De.. ngan teman, pa.. car?...', tanyanya tanpa basa basi. Ok, sampai disini sebenernya udah mulai tambah mengkhawatirkan. Ada orang asing, baru kenal, tanya sama pacar atau teman. Menurut lo?

'Mmm... Pacar.', jawabku ngasal. Masih sungkan nyebut Kancil sebagai binatang peliharaan lucu imut imut, ntar si Kancil ge’er.

'Nama saya Paul. Saya kerja di pe.. labu.. han...'

'My name's Arif.', aku jawab pake bahasa Inggris aja yang gak pake patah patah.

'Oh, Arif?... I'm a Canada citizen, a marine engineering in Tanjong Mass (Tanjung Mas kale). I live in Gardenia. You know that?'

'Yeah...'

Kayak aku mau tahu alamat rumahnya aja. Hening kodok ngorek di pinggir kali...

'Ok, you know what, Paul? I've just lost my cell phone. Someone stole it in Starbucks. I'm looking for it...', aku langsung inisiatip pengen cabut. Kalo gak ngomong duluan mungkin dia bakal ngajak petak umpet di dalem toilet.

'Oh? Is it a valuable phone?'

'Not really but I have some important data on it...'

'Ok, my I know your phone number?'

Aku kasih nomer hapenya Kancil secara hapeku baru aja dicuri. Dan aku pergi ninggalin Paul. Ok, siapa yang sampai sini berpikir kalo Paul adalah ekspatriat yang doyan cowok muda? Sialan, apa mukaku gay banget ya?... Aku samperin si Kancil yang abis nanyain hapeku ke mbaknya XXI (yang tentu aja gak ada) dan ceritain semuanya.

'Terus... Kamu mau sama dia gitu?', Kancil bertanya dengan muka cemas. Hidungnya udah kembang kempis ngirain aku ada apa apa sama Paul.

'Ogahlah! Kalo tante tante sih masih mending. Ada yang bisa dimasukin. Lah ini??...',

'Alhamdulillah...', dia lega. Entah kenapa dia nggak ngerasa aneh dengan kata kata ‘kalo tante tante sih masih mending’.

Beberapa saat kemudian menuju parkiran...

'Eh, kalo aku sama Paul aja gimana? Yang penting hapeku balik.'

'ASTAGFIRULLAH...', kata Kancil. Hidungnya kembang kempis. Matanya bulet gede. Ingusnya meler. Dia lari ke rerumputan trotoar jalan Pemuda. Dia memamah biak.

Kita cabut ke TBRS buat nenangin diri. Kancil boncengin aku yang rada shock kehilangan hape. Nyampe disana pun aku masih gak bisa tenang, omonganku meracau misuh misuh sendiri. Aku yang udah buntu akal, pinjem hapenya Kancil buat telepon Paul. Kita janjian ketemuan di KFC Citraland.

'Kamu beneran mau nglayanin dia, Mas?', tanyanya lagi masih dengan penuh rasa curiga.

'Nggak lah! Haha.. Tapi siapa tahu bisa diporotin.', jawabku nyante.

Otak otak jahat telah merasuk ke dalam relung jiwaku. Kancil nemenin aku ke ke Citraland, dia takut aku maen gila sama Paul.

Bersambung syalalala...



No comments:

Post a Comment

thanks for the comment...