Pages

Sunday 19 September 2010

pemuda melamar kerja, doggie goes outside

Gak kerasa udah setahun lebih ngajar Bahasa Inggris. Emang sih dulu pengen banget kalo punya pekerjaan ntar kudu yang ada hubungannya sama dunia anak muda dan pendidikan, tapi bener bener gak nyangka bakal secepat ini. 6 Bulan setelah lulus SMA, aku ngelamar pekerjaan jadi tentor. Bimbel pertama yang aku datengin tu Bekicot Racun Course (nama instansi disamarkan agar penulis tidak kena somasi, meskipun penulis sendiri sangat menginginkan somasi tersebut sehingga namanya muncul di infotainment dan dijadikan sebuah sinetron baru berjudul 'Cinta Arif').

Tepatnya Desember 2007, aku masih 17 tahun imut imut manis hoeksorr. Setelah berhari hari nyari lowongan di iklan keciknya Suara Merdeka, aku nemu sebuah bimbel yang kayaknya meyakinkan di daerah Tanah Mas. Oke! Aksi pertama dilancarkan, aku telepon tuh bimbel buat ngeyakinin kalo mereka lagi butuh tentor. Gak ada masalah dalam tahap ini, semuanya lancar meski aku sedikit grogi. Aksi kedua! Aku siapin surat lamaran, fotokopi ijazah SMA, fotokopi KTP dan tak lupa foto pas dengan gaya mbah mbah jaman perjuangan. Note: surat lamarannya aku buat pake Bahasa Inggris. Rasanya bangga banget waktu itu udah bisa buat surat lamaran pekerjaan plus Bahasa Inggris pula, yes! Aku antar dokumen top secret itu ke kantor Buaya Course yang letaknya di belakang Kelenteng. Gak tampak kayak sebuah kantor, tapi lebih kayak rumah yang dijadiin kantor dan aku rasa malah lebih nyaman gini. Dokumen langsung aku serahkan dengan sopan sama customer servicenya (bener gak ya sebutannya customer service?). Dia periksa berkas berkas lamaranku di dalem stofmap.

Customer Service: 'Hmm... Udah semua dimasukin, Mas?'

Aku: 'Udah kok, Mbak, semuanya...'

Customer Service: 'Rekap IPKnya mana?...'

Aku: 'Rekap IPK?...'

Customer Service: 'Lembar IPK...'

Aku: 'Lembar IPK?...' (ho, IPK? makanan apalagi itu?)

Customer Service: 'Masnya semester berapa sih?' (udah mulai jengkel nih pasti, mampus! belom belom udah cari masalah)

Aku: 'Mau ke semester 2, Mbak...'

Customer Service: 'Oowwhhhh...' (yakinlah bahwa itu pertanda dia lega, Rif! pasti dalem hatinya bilang: 'yes! bakal ada berondong di kantor.')

Aku: 'Kenapa, Mbak?' (padahal pengen banget nanya: 'mbak, itu tadi IPK apa sih, Mbak?')

Customer Service: 'Gak papa kok... Ini hasilnya ditunggu aja yah? Ntar ditelepon sama kantor.'

Aku pun pulang, minimal aksi kedua berjalan dengan (agak) lancar tanpa suatu masalah berarti. Dan bagi kamu kamu mahasiswa baru, IPK adalah kesingkatan dari Indeks Prestasi Kumulatif. Lembar yang isinya nilai nilai kuliahmu dan bisa diperoleh minimal setelah ujian semester 1 di TU kampus. Tidak bisa dimakan. Tapi bisa di-sumpah serapah-i terutama jika isinya C semua. Hal yang butuh waktu lama aku ketahui setelah aksi kedua itu.

Beberapa hari setelahnya, aku dapet panggilan wawancara. Seneng banget waktu itu, dapet telepon buat memastikan selangkah lagi aku bakal dapet pekerjaan. Ya! Meski baru wawancara, tapi berapa di antara kalian yang pernah wawancara kerja di umur segitu? Aku sadar, mulai sejak telepon itu, semua proses lamaran pekerjaan kudu ditanggapi dengan lebih serius. Kaki kananku sudah masuk di pintu dunia kerja. Jatidiriku yang sebenarnya akan kuungkap. Aku adalah Cat Woman.

Aksi ketiga! Hari wawancara tiba. Aku masuk ke kantor Buaya Course dengan agak basah, habis hujan tadi dan aku naek si Chariz. Aku cari cari orang di dalem kantor yang sepi sambil teriak teriak 'Permisiiii... Spada... Eneng wong'e po rakk???...'. Oke! Gak seekstrim itu, ini mau cari pekerjaan apa cari masalah?

Akhirnya ada bapak bapak yang keluar, aku bilang kalo aku yang mau wawancara sama Bu Indah kayak pesan mereka di telepon kemaren. Tuh bapak bapak nyuruh aku nunggu dulu sambil di ke atas buat nyari Bu Indah. Masalah clear dan tinggal nunggu seseorang bernama Bu Indah. Indah oh Indah... Aku menantimu disini dengan segudang gelisah dan cemas. Bukan, bukan cemas yang celana-masuk-silit. Terus, aku coba nyari tempat duduk. Ada meja bundar dan kursi kursi berukir bagus banget. Aku tahan keinginan buat mantatin tu kursi, aku ngerasa waktu itu gak pantes duduk disitu karena aku cuman seorang pelamar tengil. Sementara kursi kursi mahal di pojokan itu terlalu indah buat didudukin, lagian siapa tahu juga kalo itu cuma hiasan dekorasi doang? Bisa mampus aku. Aku dudukin aja sesuatu mirip meja agak luas tapi lebih pendek dari lututku. Perasaan sih ini emang meja, tapi kok pendek banget dan gak ada hiasan bunga bungaannya kayak meja lain disitu? Akhirnya aku pindah lagi duduk di kursi mahal tadi karena gak yakin ada yang lebih pantes diduduki sambil baca koran yang ada. Plin plan deh.

Dari luar, tiba tiba ada anjing yang masuk. Tu anjing berwarna coklat, yang lebih mirip kucing obesitas, berkeliaran di antara kursi kursi. Aku kira Bekicot Racun Course juga pelihara anjing, jadi aku biarin aja. Tapi dengan banyak karyawan wanita yang berjilbab kok ya juga pelihara anjing? Sungguh kreatip. Sampai akhirnya bapak bapak yang tadi turun dan langsung berusaha nyuruh keluar tu anjing. Aku juga ngebantu, minimal buat cari muka lah. Anjing tersesat itu cuman pindah kesana kesini doang tapi masih di dalem kantor padahal udah aku dorong dorong. Hal yang perlu diperhatikan ketika pengen cari muka sambil ngusir anjing tersesat dalem kantor adalah: kamu kudu ngusir anjingnya pake Bahasa Inggris. Yup! Jadinya aku usir tu anjing dengan kata kata 'Syuhh.. Syuuhhhh.. Doggie, go.. go..' ato 'Hushh.. Doggie, come on... Go outside!'. Aku persis kayak orang tolol yang berharap ada anjing bisa berbahasa asing. Dan karena kepiawaianku mengusir anjing menggunakan Bahasa Inggris, tu bapak dengan santainya berkata 'Mas, itu tolong diusir dulu yaa...' sambil pergi lagi ke atas. Mampus kau tukang cari muka!

Anjing berhasil aku halau hingga keluar kantor. Aku duduk lagi di kursi mahal dan nerusin baca koran. Tapi si anjing masuk lagi. Sumpah! Ini anjing makannya apa sih ampe doyan keluar masuk kantor orang? Aku halau lagi si anjing, kali ini dengan suara yang lebih keras. 'Doggie, go away to the hell!...'. Mungkin gara gara ada berisik berisik di bawah, ada wanita petugas kantor yang turun ngelihat.

wanita: 'Yang mo ngelamar ya, Mas?'

Aku: 'Iya, Bu... Iya...' (udah exciting banget! kayaknya usaha ngebantu ngusir si anjing sialan itu membuahkan hasil, minimal aku punya nilai plus di manner)

wanita: 'Kalo kesini, anjingnya jangan dibawa yaa...'

Krik krik krik...

Mana ada orang ngelamar pekerjaan sambil bawa anjeennnkkkkk??? Itu bukan anjingku, aarrggghhhhh... Mau bantu ngusir malah dikira yang punya anjing, mampus!

Aku: 'Bukan punya saya...'

Wanita: 'Owhh...' (Owh-mu gede! makanya tanya tanya dulu dong kalo mau ngomong)

Wanita itu masuk ke atas lagi. Tiba tiba pintu terbuka dari sebuah dinding di belakang meja luas lebih rendah dari lutut (yang tadi aku duduki). Ada seorang wanita lagi keluar, kemudian ngepindahin tas dan jaketku ke kursi yang mahal. Itu tadi bener bener meja? Kok aku duduki? Kok pas banget ada ruangan di belakangnya yang banyak jendela kacanya? Jadi, selama ini ada yang tahu gerak gerikku dari dalem situ? Mampus! Si wanita tadi ngeloyor juga ke atas gak bilang apa apa, fiuuhhh!

Finally, Bu Indah nemuin aku yang bokongnya udah berakar nancap di kursi. Kita sempet ngobrol sebentar dengan Bahasa Indonesia. Ternyata dia alumni kampusku, sekali lagi nilai plus buatku. Dia bilang suka sama aku yang udah berani ngelamar kerja kayak gini. Sedikit bangga sih, tapi tetep aja grogi. Pas itu, aku tetep ngerasa kecil banget di hadapannya. Setelah tes tertulis dan wawancara yang pastinya pake Bahasa Inggris, dia bilang kalo semuanya tinggal nunggu keputusan atasannya. Oke! Aksi ketiga berjalan lumayan lancar, minimal aku punya alumni yang udah suka perjuanganku.

Hari hari setelah itu, aku disuruh nunggu ditelepon sama Bekicot Racun Course lagi kalo seandainya diterima. Lama sekali sejak aksi ketiga, lama pake banget. Sampai pertengahan Januari 2008, aku dapet telepon dari mereka yang bilang kalo aku bisa langsung ngajar dan disuruh tanda tangan kontrak di kantor. Dan tak lupa, satu pesen dari mbak mbaknya yang nelpon aku dulu 'Itu sama rambutnya tolong dirapikan yaa...'. Asem, kok perhatiin rambutku sampe segitunya sih? Rambutku kan gak kacau kacau amat, cuman gak pernah disisir ajah.

Aksi keempat dijalankan! Aku datengin (lagi) kantornya dan kali ini dalem kondisi super basah. Di rumah hujan deres banget dan hampir bikin aku telepon Bekicot Racun Course buat nunda, tapi ternyata di Tanah Mas kering pake banget gak ada tanda tanda abis ujan. Asem! Untung tetep direlain dateng meski dengan kondisi sepatu yang kemasukan air dan celana yang ngebekas rembesan air hujan pas di bokong Kalo nggak, bisa ilfil mereka sama konsistensiku. Aku langsung diterima sama mbak mbak yang beda lagi, tapi masih dengan seragam dan jilbab yang sama: hijau muda polos dari atas ampe bawah. Dia ngejelasin kontrak yang panjangnya setengah mampus kayak mau ngajuin kredit sepeda motor. Oke! Gak papa kalo kontraknya kayak gini, tapi gajinya kudu tinggi. Aku beraniin tanya langsung berapa duit yang bakal aku dapat per pertemuan. Halo, berapa dari kalian yang berani ngelakuin kayak gitu pas ngelamar kerja? Hahahahaha... Aku nekat, tapi ini juga biar aku ibaratnya gak beli bekicot dalem karung. Si mbak mbaknya dengan ramah langsung kasih lihat daftar gaji tiap tentor mata pelajaran. Ternyata tentor Bahasa Inggris bukan penerima gaji dengan nominal terbesar. Aku gak mau nyebutin berapa. Pas itu sebenernya aku udah dapet kerja di bimbel yang lain dan gajinya gak beda jauh sama Bekicot Racun. Pikirku, daripada dibebani dengan kontrak mengikat kayak gini dengan gaji yang gak beda jauh, mending tetep di bimbel sebelumnya. Lagian aku masih punya satu lagi bimbel yang mau aku masukin setelah ini dengan gaji yang lebih besar, bimbel yang sama dengan Ira. Kontrak dari Bekicot Racun gak pernah aku tanda tangani, aku pulang. Meski udah susah susah bikin lamaran, kehujanan, ngusir anjing... Semua pengalamanku dengannya gak bakal sia sia, minimal aku tahu gimana menghadapi suatu proses wawancara formal dan bagaimana berjuang mendapatkan suatu pekerjaan.

Nggak ada yang perlu disesalin di dunia ini, semuanya adalah proses belajar.

1 comment:

thanks for the comment...