Pages

Sunday 19 September 2010

cewek labil is in the air

Ini adalah minggu ajaib. Minggu dimana hari hari ku dipenuhi dengan cewek cewek labil. Ini bukan jenis cewek biasa. Cewek labil adalah cewek yang berkelakuan aneh dan di luar batas nalar manusia. Mereka lahir biasanya karena PMS, tekanan keluarga, salah pergaulan, konflik dengan teman atau terutama masalah cinta.


Yang pertama perlu diperhatikan saat punya urusan dengan cewek labil adalah jangan biarkan dia mengendarai mobil sementara kamu duduk di bangku penumpangnya. Aku pernah mengalami. Kemaren malah. Dan parah abis. Sebut aja cewek itu Joko. Iya, aku tahu itu nama lelaki tapi gak usah protes deh ya. Joko mengendarai mobil di TOL dengan beringas! Itu terjadi saat dia bersama kakaknya cewek, yang juga labil, menculikku layaknya pria bayaran dari rumah untuk menemani mereka jalan jalan muter Semarang hari itu. Keduanya sedang dalam masalah cinta dan keduanya sama sama duduk di depan. Aku yang duduk di belakang dengan parno abis melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana mereka menyek menyek cuek membicarakan masalah masing masing saat mobil ngebut gak terkendali! Dari gerbang TOL Manyaran hingga keluar di Gayamsari hanya ditempuh sepersekian menit. Mengagumkan. Dan ingat! Mereka melakukannya sambil menyek menyek ngobrol masalah cinta.


Aku? Aku di belakang komat kamit baca doa semoga masih diberi kesempatan untuk melewati Ramadhan sekali lagi...


Pengalaman lain dengan cewek labil baru aja terjadi hari ini. Jadi, tadi siang aku lagi nongkrong di smaga sama Inass. Memang dia sedang digolongkan dalam cewek labil, tapi cewek labil yang masih terkendali dan jinak. Lagian bentuknya Inass kan bulet, kalo bikin ulah tinggal di dorong aja pasti udah jatuh berguling guling. Aman. Masalahnya setelah aku nganterin Inass ke warnet, masih ada satu lagi jadwal dengerin curhat cewek labil. Kita sebut saja dia Bunga, bukan nama sebenarnya. Dia adalah cewek smaga yang sempet ketemu aku dan Inass tadi. Tahu aku lagi di sekolahnya, dia sekalian ngajak jalan buat curhat. Jadilah aku jemput dia yang ternyata udah nyampe rumah secara ajaib. Ajaib karena abis ketemu aku tadi, dia langsung cabut pulang sekolah. Benar benar labil.


Singkatnya, aku bawa dia ke Bee's. Kenapa harus Bee's? Aku juga gak tahu. Pokoknya aku lapar dan mau makan. Jadi, dia ngoceh kesana kemari curhat dengan kecepatan 20.000 BCLPS (Bibir Cewek Labil Per Second) sementara aku dengerin sambil ngunyah Chicken Katsu.


Masalah yang dihadapinya sebenernya klasik. Di organisasi, dia yang baru aja diangkat sebagai bendahara, dianggap tidak becus (kata katanya sinetron abis!) mengemban jabatan karena menganggarkan suatu acara yang aslinya berbudget 500 ribu doang menjadi 2 juta. Yang ini aku gak tahu apakah bawaan orok atau sedang labil, dia bisa nganggarin sebesar itu. Yang pasti karena masalah itu, dia jadi tidak dianggap oleh anggota yang lain plus dimarah marahi seniornya. Contohnya dalam acara yang akan diadakan dalam waktu dekat ini, dia yang bendahara organisasi tidak dijadikan sebagai bendahara panitia. Dimana padahal biasanya bendahara organisasi juga dijadikan bendahara acara. Bingung mencerna kata kataku? Minumlah Kalpanax cair 3 sebelum tidur...


Kalo menurutku sih orang salah itu biasa. Terutama terjadi saat baru baru aja dilantik menempati jabatan baru. Apalagi katanya dia gak pernah punya pengalaman sebagai bendahara sebelumnya, plus dia jadi bendahara juga kerena orang yang seharusnya mengisi pos ini mengundurkan diri. Ya seharusnya gak perlu diperbesar masalahnya lah sama temen temen anggota, dibimbing aja dianya. Kalo si senior tetep gak terima, kenapa gak jadi bendaharanya aja lagi?


Bosan di Bee's, kitai pindah ke bioskop 21. Di lorong menuju toilet cowok, kita duduk buat ngelanjutin curhatannya. Kali ini tentang mantannya. Intinya, Bunga masih gak rela banget putus sama mantannya. Mantan yang ngasih dia cerita cerita dan pengalaman seru yang baru pertama kali dia rasakan. Klasik, contohnya ya pertama kali nonton bareng malem malem atau pertama kali boncengan sepeda motor pake pelukan. Wajar banget kok kayak gitu terjadi sama orang baru pertama kali kehilangan hal hal pertamanya. Dan nasehatku ke dia cuman satu: 'Banyak banyak pacaran gih biar pikiranmu terbuka'. Logikanya dengan pacaran yang banyak, dia bisa belajar tentang laki laki dan hal hal baru yang lebih indah. Pacaranlah hingga berbusa, hingga kamu sadar bahwa pacaran itu hanyalah sekedar sugesti. Bahwa inti sebenarnya bukanlah pacaran, tapi tentang membuka pikiran terhadap dunia yang luas ini.


Dia, kemudian, nangis. Iya, di lorong 21 itu sambil tetep curhat. Entah deh, tapi aku ngerasa seharusnya yang nangis itu aku. Dari Bee's ke 21 tadi dan semua konter konter Citraland yang kita lalui mengingatkanku pada seorang cewek yang udah jauh. Sebenernya aku yang sedang kilas balik hal hal pertama yang pernah aku lakuin bareng seseorang yang jauh itu. Gimana kita becanda becandaan di Bee's dan curhat sampe nangis di lorong yang sama yang aku dan Bunga sedang duduki.


Lanjut dari 21, kita mampir di McDonalds nerusin curhatnya yang tadi cuman buat cabut lagi ke GOR Sahabat. Disini, aku disuruh Bunga nemenin dia nonton mantannya tanding basket. Gak cuman itu, aku dapet tugas tambahan bikin cemburu si mantan. Sekali lagi, aku kayak pria bayaran.


Pertandingan gak semulus yang diharapkan. Selaen smaga kalah mengenaskan, mantan yang dia sayangi banget itu cuman maen 1 menit sebelum pertandingan berakhir. Benar benar mengenaskan. Muka si Bunga langsung bete to the max. Selama di boncengan pulang, dia terus menangis. Sebelumnya aku kira dia jadi flu karena kedinginan angin malam dan sedang nyedot ingus dengan nikmat. Tapi ternyata disini lah bahaya kedua seorang cewek labil: jangan pernah ngeboncengin mereka pake sepeda motor. Selain karena kamu jadi gak konsen berkendara karena suara sedot ingus-nya, juga karena kamu harus beberapa kali nengok ke belakang mastiin dia tidak berbuat sesuatu yang ceroboh kayak loncat dari boncengan. Itu masih mending. Parah lagi kalo saking sedihnya, ingusnya meler ke jaketmu. Sangat tidak necis! Ingus cewek labil terkenal dapat mengeras dengan cepat dan sekeras beton. Konon Monas juga dibangun dari ingusnya mereka. Sedangkan gumpalan emas di atas Monas adalah upil upil cewek labil yang terkristalisasi.


Untuk meredakan suasanan, aku tawarin dia makan. Ya, karena kata orang, cewek ngambek tuh obatnya cuman satu: makan. Benar benar solusi yang labil. Tapi gak apalah daripada Bunga nangis terus di boncengan.


Aku: 'Makan mau nggak?'

Bunga: 'Terserah...' (sambil masih nangis)

Aku: 'Penyetan aja yuk...'

Bunga: 'Aku gak suka pedes...'


Hening...


Aku: 'Cari nasgor dimana ya?'

Bunga: 'Aku gak tahu...'


Hening...


Aku: 'Padang aja yok! Nasi Padang...'

Bunga: Terserah deh...'


Hening lagi...


Bunga: 'Si Boy aja yuk...'


MENURUT LO??? SI BOY ITU NAMA WARUNG PENYETAN JUGA MBAK! GAK PERNAH DIAJARIN DI TAMAN KANAK KANAK YA!!! Bener bener dah ni cewek. Bisa bisa ikutan labil juga nih.


Singkat cerita, kita nyampe di Si Boy. Dia aku tinggal sebentar buat buang urine yang menumpuk di kandung kemih. Nah, malapetaka terjadi sekembalinya aku ke Si Boy: Dia nangis lagi. Mending sih kalo tadi di boncengan, ini mah di warung penyetan! Hal ketiga yang harus kamu hindari dari cewek labil adalah membawanya ke tempat makan. Bener bener diuji deh kesabaranku disitu. Orang orang pada ngelihatin gitu, mungkin mereka ngira aku abis ngapa ngapain Bunga. Aduh sumpah, gak enak banget: Berdua sama cewek labil yang nangis di warung penyet. Plus, aku harus dengerin tiap isakan ingusnya pas nelen nasi. Seketika itu juga sambal pedas telur penyet kerasa kayak ingus. Cewek emang paling jelek kalo nangis, paling gak banget. Kampret...


Aku coba stay cool. Aku coba ajak bicara Bunga sambil sesekali ngelempar lembing... ralat: joke. Tapi itu semua gak mempan! Dia tetep nangis. Dan bagian yang paling bikin dongkol adalah...


Aku: 'Kamu tu ngapain nangis? Buat apa?'

Bunga: 'Gak tahu...'

Aku: 'Yawdah, gak perlu nangis kan?... ' (senyum)


Hening...


Bunga: 'Sebenernya aku nangis soalnya aku ngerasa bersalah banget...'

Aku: 'Maksudnya?'

Bunga: 'Tadi aku udah jahat sama mantanku. Aku bikin dia cemburu pake ngajak kamu segala nonton basket...'

Aku: 'CAPEK DEH, MBAK... Tadi juga kita kan duduknya jauh banget. Lagian dia juga apa bisa perhatiin kita di antara sebegitu banyaknya supporter smaga?? Zzzz...'


Hening...


Bunga: 'Tadi juga.. Hiks.. Aku ngebayangin kamu itu dia yang nemenin aku nonton.. Hiks..'

Aku: 'YA KALO DIA YANG NEMENIN KAMU NONTON, DIA GAK BISA TANDING DONG AARRRGGGGHHHHH...'


Sumpah deh ya! Ini bener bener seharusnya aku yang nangis. Kayaknya Dia bener bener gak mikirin aku si pria bayaran ini yang udah berkorban nurutin apa maunya dan pake disalahin pula. Benar benar hari selasa yang labil abis!


Perjalanan pulang menjadi hal keempat paling krusial tentang cewek labil: Jangan pernah pulangkan cewek mereka di depan rumah dalam kondisi mata sembab abis nangis jika bapaknya adalah polisi. Itu sungguh sangat sangat tidak disarankan karena urusan bisa panjang. Jangan lakukan itu meski kamu sebenernya malah orang yang ngebantu dia buat wake-up dari kesedihannya. Hal ini dapat lebih parah lagi kalo memang orang tuanya belum pernah mengenalmu sebelumnya, terutama jika kamu ternyata baru bertemu dua kali sebelumnya dengan tipe tipe cewek kayak si Bunga ini. Ya, anda benar: lagi lagi kenalan nemu di Facebook.


Hal terakhir yang perlu diketahui menyangkut cewek labil tentu adalah tanda tandanya. Sesuatu yang membedakan mereka dengan cewek normal. Gampang kok, lihat aja apa mereka nulis status Facebook atau Twitter dengan bahasa menyek menyek dalam rentang waktu sekian menit. Itu pasti cewek labil. Percayalah, anak muda...


Mungkin penjelasanku perihal cewek labil terlalu melebih lebihkan. Mungkin cewek labil adalah suatu anomali psikologis akibat konflik konflik dalam hidup. Mungkin cewek labil adalah alien yang sedang menyamar dan menyesuaikan diri dengan lingkungan Bumi nan penuh tekanan. Mungkin cewek labil adalah cewek biasa yang sedang butuh waktu untuk sendiri...

3 comments:

  1. hahahaha...
    gua suka yang ini riff...
    ckakakakakakakakak...
    :thumbup

    ReplyDelete
  2. ngakak...bnr2 mengena bgt..
    Smg aq gk ky' gt...amit2

    ReplyDelete

thanks for the comment...