Pages

Sunday 19 September 2010

janji dakocan

Selasa kemaren aku ke smaga nongkrong sama seorang temen. Iya, aneh banget ada anak kuliahan kurang kerjaan cari tempat tongkrongan di SMA. Tapi itulah kenyataan dunia yang fana ini. Biasanya sih cuman ngobrol dan makan di kantin melati (asli, nama kantinnya emang gitu.. nama nama kantin di smaga kayak korban perkosaan semua), atau nggak si temen sungkem ke wali kelasnya dulu. Atau sekedar napak tilas bangunan smaga aja.

Untuk memudahkan penulisan dan censorship mari kita sebut teman kita itu Dakocan. Orangnya apa adanya kalo ngomong, tahu unggah ungguh jawa, selalu pegang janji, jujur...

Nah... Pas nongkrong kemaren itu, Dakocan cerita lagi tentang temen cewek sekampus kita yang dia taksir mati matian sejak jaman penjajahan. Aku emang gudangnya curhatan. Entah udah berapa kali dicurhatin hal yang sama, tapi nggak apa apa... Yang penting berguna bagi sahabat. Lanjut, Gan! Dia cerita awal perjuangan dia dulu ngedapetin si Dakocyn (itu si cewek yang dakocan taksir. ok! gak ada nama laen nih..).

Banyak sebenernya pengorbanan yang dia ceritain, tapi yang ini yang paling bikin aku ngerasa takjub..

Ceritanya dulu si Dakocyn pernah gak keluar nilai mata kuliahnya. Terus si doi berusaha ngomong sama dosen pengampu mata kuliah itu. Katanya dia udah nguber nguber tuh dosen selama 2 minggu dan pake nangis pula. Aku tahu betapa jengkelnya ngadepin dosen yang sok penting dan cuek. Dan yah... Dakocyn kan cewek, wajar kalo care banget ama nilainya. Kalo aku mah gampang aja: protes bawa golok, hehe... Padahal alasan nilainya gak keluar juga logis kok. Jadi, Dakocyn gak bisa ikut ujiannya tuh dosen karena ada ujian laen pada waktu yang bersamaan. Dia cuman bisa ikut ujian susulannya. Dan tragedi pun dimulai ketika yang jaga ujian susulan menghilangkan lembar jawabnya Dakocyn. Apa nggak bete tuh? Udah susah susah ujian susulan malah dihilangin lembar jawabannya. Eee.. pake gak diterima pula alesannya sama si dosen.

Dan si Dakocan yang waktu itu dengan semangat cinta membara menjadi pahlawan setelah dicurhatin Dakocyn masalah nilainya itu. Dakocan ngedatengin tuh dosen bicara empat mata... Delapan mata denk! Dakocan dan si dosen dua duanya pake kacamata. Mulanya si dosen tetep pada pendiriannya gak ngasih nilai buat Dakocyn. Dia ngotot meski tahu kesalahan bukan dari Dakocyn. Dakocan pun tetep kekeuh pengen nilai Dakocyn keluar. Si Dakocan kalo udah janji pasti dipenuhi, sumpah.. Belom pernah aku temuin laki laki dengan harga diri tinggi yang selalu berusaha memenuhi janjinya. Pernah aku janjian ama dia buat ketemuan di kampus. Gak taunya ujan deres parah sore itu, maka dengan gampang aku sms si dakocan kalo gak bisa dateng. Besoknya dia bilang kalo dia udah di kampus dari siang, bersalah lah daku.. Kata kata yang selalu aku inget dari dia adalah 'cewek tu yang dijaga penampilannya, cowok tu yang dijaga janjinya'. Dan pas si dosen bilang 'Kok kamu ngatur ngatur saya?..', Dakocan yang sebenernya udah gak bisa bales jawab lagi langsung bilang gini 'Bapak kan dulu pernah muda.. Saya tu sayang sama dia. Saya nggak terima kalau semester besok saya nggak sekelas lagi sama dia..'. Watdepak?? Aku hampir gak percaya ada yang bisa ngomong gitu sama dosen. Sinting dah ni orang! Ckckck... Si dosen cuman nimpalin 'Oh ya.. yaa, Mas..'. Besoknya nilai Dakocyn keluar, dapet A pula! Ajaib, cuy! 2 minggu pake nangis langsung tumbang sehari aja pake gelora cinta tak terbalas.

Dakocan juga cerita kalo Dakocyn yang satu satunya bisa bikin dia taat shalat plus puasa Senin Kamis plus puasa weton, mantabh! Dulu si Dakocyn sering bilang di smsnya ke Dakocan kalo dia mo shalat dulu blublublub.. Dakocan yang ngerasa nggak enak juga ikutan shalat walau Dakocyn tahu juga enggak, kan cuman lewat sms... Dari situ, Dakocan keterusan rajin shalat. Nggak cuman itu, dia juga rajin puasa Senin Kamis karena Dakocyn. Dan meski sekarang si Dakocyn malah memilih pria lain, meninggalkan dakocan mentah mentah... Dakocan tetep aja rajin shalat dan puasa. Ditambah pula, dia yang emang anak primbon, puasa di hari wetonnya dan weton Dakocyn. Maksudnya weton mungkin penanggalan Jawa hari lahirnya Dakocyn kali ya? Pokoknya dia bilang ‘Aku puasa pas wetonnya (Dakocyn) itu rasa terima kasihku buat dia... Dia yang bisa bikin aku berubah kayak gini. Dulu bahkan ibuku tu lho nyuruh beli apa gitu.. Aku diemin beneran.. Sekarang kalo aku nggak shalat rasanya berdosa, Ndes.. Aku kan nggak bisa ngasih sesuatu secara langsung, orang dianya sekarang kayak gitu sama aku.. Ya gitu caraku terima kasih, puasa pas wetonnya..’. Aku cuman melongo... Sampe segitunya pengorbanan. Bagi cowok yang laen, mungkin bisa berubah drastis jadi baik cuman pas kekasihnya ada di sampingnya.. Ketika si cewek pergi, maka pergilah juga sifat sifat baik jadi jadian itu. Tapi Dakocan nggak.. Dia tetep pada pendiriannya. Ini dia yang aku sebut sebagai ‘lelaki’. Pegangannya gak hancur setelah perlakuan Dakocyn yang akhirnya malah menolaknya. Dia ditolak juga karena mungkin rada salah pas minta ketegasan sikap Dakocyn. Dakocan yang mengungkapkan isi hatinya pada dakocyn malah ditolak Ironis... Tapi sekali lagi, aku salut atas usahanya. Mungkin buat cewek mah itu biasa.. Tapi menurut aku itu usaha yang sangat luar biasa.

Semuanya ngingetin aku lagi akan sosok Ira. Gak sehebat cerita Dakocan, tapi punya arti sendiri buatku. Ira inspiratorku buat cari kerja sambilan dulu. Pikirku pas itu ‘Pacarku aja udah punya kerja, masa aku nggak?..’. And I ended up as an English private teacher as what she was. Dan ketika aku udah nggak sama Ira lagi, aku nggak gitu aja mangkir ogah ogahan jadi tentor terus jadi pria lemah syahwat. Life must go on, let she gone and just be my imaginary inspirator.. Yang terpenting bukan orangnya, tapi cinta yang telah dia berikan dan kenangan kenangan indah itu...

Biarkan dia pergi dan bagian bagian dari dirinya selalu menginspirasimu...

1 comment:

  1. Wuuuuuiiih....keren tuh cow!
    10 jempol bt c Dakocan n crtnya...
    Itu pun klo aku pny 10 jempol,syngny cm pny 4 jmpl.
    pokok'e top markotop....hoho

    ReplyDelete

thanks for the comment...